Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pernah Coba Sop Mutiara? 7 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lekat di Hati

7 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lekat di Hati

Jika kamu tengah merencanakan liburan bersama para sahabat, pastikan kota Banjarmasin masuk ke dalam daftar destinasi kamu berikutnya, ya. Kota satu ini memiliki nama kota seribu sungai, menggambarkan banyaknya aliran sungai yang bercabang, membagi wilayah Banjarmasin menjadi gabungan dari pulau-pulau kecil.

Saat ini, cukup banyak jasa penerbangan yang membuka rute menuju Banjarmasin. Selain itu, hadirnya beragam aplikasi layanan online booking juga membuat kamu bisa membeli tiket Garuda Indonesia, Batik Air, maupun Citilink dengan cepat dan praktis dari manapun kamu berada. Cukup bermodal gadget dan internet, kamu bisa booking beragam kebutuhan perjalanan hanya dengan sentuhan jari.

Agar semakin yakin untuk menjadikan Banjarmasin sebagai destinasi liburan kamu selanjutnya, coba lihat dulu beberapa kuliner khas Banjarmasin yang cita rasanya akan segera melekat di hati kamu setelah mencicipinya.

 

1. Sop Mutiara

sop mutiara banjarmasin
Sop Mutiara Banjarmasin (sumber Cookpad @lisa_2487)

Meskipun bernama sop mutiara, namun bahan pembuatan sop ini bukanlah mutiara, guys. Isian dari sop mutiara ini adalah olahan daging ayam yang telah digiling halus dan dibentuk bulat bulat serupa bakso yang berukuran kecil.

Namun tak seperti bakso, kuah dari sop mutiara ini cukup unik dengan racikan bahan pala, bawang merah, bawang putih, dan susu. Rasa kuahnya sangatlah gurih, disajikan hangat, sangat sedap dimakan sebagai menu makan siang maupun makan malam.

 

2. Nasi Itik Gambut

Untuk kamu pencinta bebek, wajib banget nyobain Nasi Itik Gambut ini, ya. Sajian nasi dan itik ini jadi berbeda berkat bumbu khas Banjar dengan cita rasa pedas dan manis. Selama masa pengolahan, bumbu khas Banjar tersebut didiamkan agar menyerap hingga ke dalam daging. Nasi Itik Gambut biasa dimasak dan disajikan terbungkus dalam daun pisang, membuat aromanya semakin kuat terkunci dalam setiap porsinya.

 

3. Patin Baubar

Menjadi kota dengan sebutan seribu sungai, tak aneh jika sajian yang banyak ditemukan di Banjarmasin adalah sajian berbahan dasar ikan. Di antara banyaknya sajian ikan tersebut, ada Patin Baubar yang merupakan pepes ikan patin dengan racikan bumbu rempah khas Banjarmasin. Rasanya yang lezat membuatnya jadi salah satu menu favorit para turis yang berkunjung ke Banjarmasin. Namun kamu tak perlu khawatir, karena restoran dan tempat makan sajian khas satu ini sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Banjarmasin

 

4. Cacapan Asam

cacapan asam kuliner banjarmasin
Cacapan Asam Kamal Iwak Karing (sumber Cookpad @citrarisaseptiani)

Salah satu ciri khas sajian khas suku Banjar adalah cita rasanya yang pedas, manis, gurih, dan asam. Cacapan asam atau cocolan asam ini adalah makanan pendamping dari beragam sajian utama lainnya. Kamu bisa memilih menu utama Banjar favoritmu dan tinggal dicocol ke dalam cacapan asam untuk membangkitkan cita rasa khas suku Banjar dalam setiap suapannya.

 

5. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah ketupat dengan isian potongan Ikan Haruan Asap. Isian Ikan Haruan atau yang juga dikenal dengan Ikan Gabus ini membuat Ketupat Kandangan memiliki citarasa yang unik, lezat, dan berbeda dari ketupat lainnya.

Tak hanya Ikan Haruan, Ketupat Kandangan ini juga semakin lengkap dengan lauk Ikan Patin dan Ikan Gurame yang juga diolah dengan cara pengasapan. Membuat cita rasa Ketupat Kandangan jadi semakin kaya, apalagi ketika dicampur dengan kuah kentalnya yang terbuat dari paduan santan dan beragam rempah lainnya.

 

6. Soto Banjar

Salah satu ciri khas Soto Banjar adalah penggunaan daging ayam yang telah disuir kecil-kecil. Lengkap dengan perkedel dan telur setengah matang yang telah dibagi dua. Semakin unik, alih-alih Kunyit, Soto Banjar ini menggunakan kayu manis sebagai salah satu rempah dalam racikannya. Membuat kuah Soto Banjar ini jadi terlihat lebih bening dengan kesan yang lebih ringan dan segar.

 

7. Lontong Orari

Lontong satu ini memiliki bentuk yang unik, membuatnya berbeda dengan sajian lontong lain yang biasa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Meski rasanya tak terlalu berbeda, lontong ini semakin unik dengan paduan topping irisan labu, buncis, ikan gabus, hingga telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan. Cita rasa Lontong Orari juga semakin kaya saat disiram dengan kuah santan yang gurih. Nyam! Nggak sabar ingin nyobain sendiri seperti apa kekayaan paduan cita rasanya, kan?

 

Membayangkannya saja sudah menggugah selera, apalagi jika mencobanya langsung di kota asalnya, kan? Yuk, segera buat rencana perjalanan Anda berikutnya menuju Banjarmasin! Jangan lupa ajak seluruh keluarga, supaya liburan kali ini bisa jadi momen mempererat hubungan dan beristirahat bersama orang tercinta.

Oh, iya. Supaya bujet kulineran kamu bisa semakin banyak, kamu bisa menekan bujet di beberapa aspek lain, misalnya dengan memanfaatkan beragam promo tiket pesawat dar berbagai jasa penerbangan yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum menuju bandara, seperti di antaranya ada Kereta Bandara yang nyaman dan pastinya, bebas macet!

Post a Comment for "Pernah Coba Sop Mutiara? 7 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lekat di Hati"