Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah


7 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah

Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan kesayangan, kamu harus tahu cara merawat hewan peliharaan yang tepat. Jangan sampai hewan peliharaan kamu malah jadi stres karena kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat.

Apalagi, setiap hewan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Cara merawat anjing tentunya akan berbeda dengan cara merawat kucing.

Selain itu, perlu diperhatikan juga soal finansialmu, nih. Mengingat dalam memelihara hewan dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Kamu harus menyiapkan makanan yang bagus, obat, hingga fasilitas kesehatan untuknya.

Agar finansialmu tetap aman, sebaiknya segera miliki asuransi hewan dari https://simasinsurtech.com/.

Jadi, ketika hewan kesayanganmu sakit, kamu bisa langsung membawanya ke klinik tanpa khawatir akan mengeluarkan biaya besar.

Tanpa berlama-lama, ini dia 7 cara merawat hewan peliharaan di rumah yang wajib diketahui animal lovers.

Cara Merawat Binatang di Rumah

Perhatikan beberapa tips merawat hewan berikut ini agar hewan kesayanganmu tetap sehat, ya.

1. Menyiapkan Kandang yang Ideal

Sebagai pecinta hewan, kamu pasti ingin memberikan perawatan terbaik untuk hewan kesayangan.

Memberikan kandang yang nyaman menjadi bentuk perhatian paling dasar agar hewan peliharaan bisa tinggal aman dan nyaman untuk tidur dan berteduh.

Lalu, apa saja sih sebenarnya syarat kandang ideal untuk hewan peliharaan?

Pertama, tentu saja kamu harus memperhatikan kebersihannya. Jangan biarkan kandang dipenuhi dengan kotoran hewan hingga membuatnya berbau tidak sedap. Jadwalkan secara rutin kapan harus membersihkan kandang.

Kedua, kamu juga tidak boleh luput mengecek kondisi pencahayaan dan sirkulasi udara kandang. Pastikan tempat tinggal hewan peliharaanmu tidak lembab, karena bisa mempengaruhi kesehatan hewan peliharaan.

Terakhir, kamu juga harus memperhatikan lokasi penyimpanan kandang. Pastikan hewan peliharaan tidak terkena sengatan panas matahari yang berlebihan dan terhindar dari percikan api serta genangan air hujan.

2. Memberikan Makanan dan Minuman Sehat

Sama halnya dengan manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan asupan makanan dan minuman yang sehat.

Kamu perlu memperhatikan kandungan gizi makanan yang diberikan jangan sampai komposisi makanannya tidak cocok untuk hewan peliharaan kamu.

Misalnya, saat kamu memelihara kucing ada jenis makanan dry food dan wet food, dua-duanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kucing.

Seorang cat lovers harus tahu betul bahwa keduanya bisa diberikan kepada kucing secara selang-seling dan tidak berlebihan.

3. Memperhatikan Kondisi Kesehatan Hewan Peliharaan

Saat memutuskan untuk memelihara hewan, kamu memiliki tanggung jawab tambahan untuk memperhatikan kondisi kesehatannya. Pengecekan kondisi hewan peliharaan bisa dilakukan setiap hari saat kamu bercengkrama dengan hewan kesayangan.

Kamu pasti sudah hafal dengan tingkah polah hewan peliharaan. Apabila mereka berperilaku aneh, sering murung, atau tidak aktif seperti biasanya, bisa jadi mereka sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Segera lakukan pengecekan kesehatan, berikan pertolongan pertama, atau jika dirasa kondisinya semakin para segera larikan ke dokter hewan.

4. Ajak Hewan Peliharaan Bermain

Kedekatan hewan peliharaan dengan pemiliknya tidak didapatkan secara instan. Biasanya hubungan hewan peliharaan dan pemiliknya dibangun secara perlahan melalui pendekatan intensif.

Misalnya, dengan sering mengajak hewan peliharaan untuk mengobrol, mengajaknya bermain setiap ada kesempatan, dan memberikan kasih sayang berupa sentuhan dari pemiliknya sehingga timbul rasa saling memiliki.

5. Perhatikan Kebersihan Rumah

Saat memelihara hewan, kamu juga tidak boleh meninggalkan fokus pada kebersihan dan kenyamanan rumah.

Rumah yang bersih tidak hanya memberikan kenyamanan untuk manusia tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan hewan peliharaan.

Apabila rumah kamu tidak terurus, banyak sampah yang menggunung maka akan menjadi ekosistem kesukaan hewan-hewan seperti tikus, kecoa, nyamuk dan lainnya. Keberadaan hewan-hewan tersebut akan mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan peliharaan yang tinggal di lingkungan rumah.

6. Lakukan Vaksinasi

Satu hal yang sering luput dari perhatian pemilik hewan peliharaan, yaitu melindungi hewan peliharaan dan keluarga besar pemiliknya dari berbagai penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan.

Pemberian vaksin ini bisa dilakukan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter yang menangani hewan peliharaanmu.

Selain membuat kondisi hewan peliharaan lebih sehat, pemberian vaksin juga bertujuan untuk menghindari kematian hewan peliharaan yang disebabkan oleh virus dan ancaman bakteri jahat.

7. Berikan Perawatan Khusus

Setiap hewan peliharaan, apapun jenisnya baik kucing, anjing, dan lainnya membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Misalnya, saat kamu memelihara kucing, maka kamu harus siap memandikannya secara rutin agar tubuhnya selalu bersih.

Kucing yang kamu miliki juga perlu diperhatikan kesehatan kukunya, bulu-bulunya harus dirapikan secara berkala.

Berikan vitamin untuk menjaga kesehatannya, dan apabila sakit parah segera bawa hewan peliharaan kamu ke dokter hewan terdekat.

Kamu mungkin berpikir, untuk mengurus satu hewan hewan peliharaan, butuh tanggung jawab yang tidak sedikit. Dari mulai memikirkan makanannya, memperhatikan tempat tinggalnya, hingga memantau kondisi kesehatannya secara berkala.

Belum lagi adanya risiko-risiko hewan peliharaan hilang, mengalami kecelakaan dan meninggal, hingga kerugian pihak ketiga karena luka yang disebabkan oleh hewan peliharaaan.

Sebagai jaminan perlindungan ganti rugi, sudah saatnya kamu memiliki asuransi hewan peliharaan dari Simas Insurtech yang memiliki banyak sekali manfaat jaminan kerugian.

Dengan adanya asuransi hewan, kamu pun akan jadi lebih merasa aman dan tenang.

Nah itu dia 8 cara merawat hewan peliharaan di rumah yang wajib diketahui oleh kamu para animal lovers.

Besarnya tanggung jawab untuk merawat hewan kesayangan tidak akan pernah membebani, karena hewan peliharaan adalah sahabat yang paling setia pada pemiliknya.

Post a Comment for "7 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah "