Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari


Bagi anak SMA atau tingkatan sederajat yang sebentar lagi lulus dan berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi pasti merasakan juga masa-masa pusing dan bingung saat harus memilih jurusan kuliah.

Tak jarang menimbulkan dilema dan terkadang dapat pula menimbulkan perselisihan dengan orang tua, memilih jurusan kuliah harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak berujung penyesalan di kemudian hari.

Lalu bagaimana supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari? Tentunya calon mahasiswa perlu memperhitungkan beberapa hal misalnya jangan memilih jurusan kuliah hanya karena mengikuti teman ((atau gebetan 😁)). Trus faktor lainnya apa saja ya....

Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

1. Analisis Minat dan Kemampuan

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah analisis minat dan kemampuan yang kamu punya.

Selama bersekolah/ sebelum berkuliah pastinya ada mata pelajaran yang kamu suka dan kamu kuasai dengan baik, bahkan mungkin saja tidak hanya di satu mata pelajaran saja. Dari sinilah awal mula pertimbangkan memilih jurusan kuliah yang tidak akan memberatkan kamu ketika perkuliahan sudah berjalan.

Dunia kuliah meski sama-sama menimba ilmu namun ada perbedaan dengan dunia SMA, tak jarang juga mahasiswa yang kemudian bosan atau lelah lalu tidak sanggup menjalani kuliah karena semakin lama semakin terasa berat. Nah dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat harapannya kamu akan tetap bersemangat hingga lulus.

2. Proyeksi Karier Ke Depannya
Setelah analisis dengan minat, jangan lupa untuk memikirkan prospek jurusan yang kamu inginkan. Ini bukan berarti kamu harus mengedepankan jurusan yang paling menghasilkan uang, bukan yah bukan itu. Maksudnya gini sih, seandainya kamu berminat di dunia kesehatan maka pilihannya bukan hanya masuk jurusan kedokteran saja.

Kalau zaman dahulu mungkin orang memandang dokter adalah profesi yang prestise namun jangan lupa urusan biaya dan persaingan dunia kedokteran juga makin berat. Ada banyak pilihan pekerjaan di bidang kesehatan yang layak dijadikan pilihan dan tak kalah mendatangkan penghasilan yang oke lho, misalnya perawat, radiografer, ahli gizi, bidan, analis kesehatan, apoteker, atau terapis.

3. Konsultasi dan Diskusi dengan Orang yang Lebih Berpengalaman
Agar tidak menyesal di kemudian hari, perlu juga untuk konsultasi dan ajak diskusi orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru di sekolah atau kerabat yang sudah menjalani kuliah/ karier yang kamu tuju sesuai jurusan yang akan kamu pilih.

Dengan berdiskusi tersebut kamu akan mendapatkan wawasan, masukan dan sudut pandang yang lebih luas sehingga menambah pertimbangan agar pengetahuan mengenai jurusan kuliah yang diincar semakin banyak. 

Nah itulah cara memilih jurusan kuliah bagi kamu yang sedang bingung menentukan jurusan apa yang harus kamu ambil. Yang terpenting apapun pilihanmu adalah kamu harus bertanggung jawab pada keputusanmu. Karena berkuliah akan memakan biaya yang tidak sedikit, sikap tanggung jawab pada pilihan hingga kuliah selesai adalah sikap yang harus dikedepankan.

Post a Comment for "Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari"