Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Siapkan Budget Membuat Kitchen Set dan Mini Bar di Rumah

Tips Siapkan Budget Membuat Kitchen Set dan Mini Bar di Rumah
Edukasi keuangan yang gencar dikenalkan mulai dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi menarik minat kaum muda; para milenial hingga Gen Z untuk berinvestasi. Berbagai jenis investasi ditawarkan lembaga keuangan, salah satunya adalah reksadana pasar uang yang dianggap cocok untuk pemula.

Anda bisa memilih jenis investasi ini karena tidak memerlukan waktu yang panjang, misalnya untuk persiapan dana membuat kitchen set dan mini bar di rumah impian.

Tips Siapkan Budget Membuat Kitchen Set dan Minibar

Sudah bukan zamannya area dapur dianaktirikan. Kini area dapur sudah “naik kelas” dan dianggap penting dan mendapat perhatian seperti ruang lainnya.

Dapur yang bersih, tertata rapi, lemari kabinet berderet cantik menyimpan berbagai macam peralatan dapur, apalagi jika ditambah dengan mini bar, memberi warna dan semangat yang berbeda di rumah Anda.

Impian memiliki kitchen set dan mini bar akan segera terwujud dengan melakukan persiapan dana yang terencana. Berikut tips menyiapkan dana untuk membuat kitchen set dan mini bar di rumah:

1. Rencanakan Anggaran Pembuatan Kitchen Set dan Mini Bar


Untuk mendapatkan perhitungan besaran dana pembuatan kitchen set dan mini bar, Anda bisa membuat rencana anggaran biaya (RAB) lebih dulu.


Dalam daftar RAB, cantumkan ukuran dapur yang hendak dipasang kitchen set dan mini bar, tentukan jenis desain yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jenis desain meliputi pemilihan material yang digunakan untuk rangka, top table, dan backsplash, serta pilihan finishing rangka kabinet.


2. Membuat Tabungan Terpisah


Pisahkan pendapatan Anda untuk beberapa pos kebutuhan, termasuk dana tabungan untuk membuat kitchen set dan mini bar. Cara ini bertujuan agar cashflow kebutuhan harian dan tabungan utama tidak terganggu.


Manfaatkan THR dan bonus akhir tahun untuk menambah tabungan. Investasi reksadana pasar uang bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mempercepat terkumpulnya dana dan mewujudkan impian membuat kitchen set dan mini bar di rumah.


3. Mengurangi Pengeluaran Konsumtif


Agar impian Anda segera terwujud, kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif dan impulsif. Gaya hidup yang berlebih-lebihan, hedonisme, mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan, bertentangan dengan tujuan menabung atau berinvestasi dan menjauhkan Anda dari impian membuat kitchen set dan mini bar di rumah.


4. Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan


Inilah pentingnya membuat RAB agar Anda dapat menyesuaikan keinginan dengan kemampuan. Pendapatan yang Anda sisihkan dikalikan dengan waktu berapa lama Anda harus menabung untuk mendapatkan kitchen set dan mini bar dengan desain dan material yang Anda inginkan.


Sesuaikan juga dengan tipe rumah idaman Anda. Jika rumah Anda bergaya minimalis dengan ukuran dapur yang sempit, tentu kurang pas kalua membuat kitchen set bergaya klasik dengan kabinet dan meja island besar yang memenuhi ruangan.


5. Simpan Uang dalam Bentuk Investasi Reksadana Pasar Uang


Anda bisa mengalihkan pos tabungan membuat kitchen set dan mini bar dan menyimpannya di instrumen investasi jenis reksadana pasar uang. Instrumen investasi ini sangat cocok untuk pemula karena mudah, jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun, dan beragam keuntungan lainnya.

Sebenarnya, Apa Sih Pengertian Reksadana Pasar Uang itu?


Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang keseluruhan dananya diinvestasikan di pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SPBU), Deposito Berjangka, dan Obligasi. Jenis investasi ini memiliki tenggat jatuh tempo di bawah 1 tahun.

Jenis investasi ini dikelola oleh tenaga ahli yang dikenal dengan sebutan Manajer Investasi (MI). Portofolio investasi disusun dan dipelihara sesuai tujuan investasi yang tercantum dalam prospectus. Dengan kata lain, pengertian reksadana pasar uang merupakan wadah menghimpun dana investor atau pemodal untuk dialokasikan dalam portofolio efek pasar uang.

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Keunggulan dan Risiko Reksadana Pasar Uang


Setiap instrumen investasi memiliki keunggulan dan resikonya masing-masing. Reksadana pasar uang dianggap lebih menarik karena memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Potensi keuntungan lebih tinggi daripada persentase bunga yang ditawarkan deposito bank pada umumnya.
  • Tidak membutuhkan modal besar sehingga terjangkau untuk investor pemula dengan modal kecil.
  • Tingkat likuiditas tinggi yang memberi kemudahan pencairan dapat dicairkan kapan saja.
  • Jangka waktu investasi kurang dari 1 tahun membuat investasi jenis ini menjadi fleksibel untuk berbagai kebutuhan cepat.
  • Risiko terbilang rendah dan terjadi apabila ada kasus gagal bayar atau wanprestasi dari penerbit utang. Resiko lainnya adalah kemungkinan penarikan besar-besaran dan mengakibatkan Manajer Investasi tidak bisa mengembalikan dana.

Aplikasi digibank by DBS untuk Investasi Reksadana Pasar Uang


Jika kemudahan mewujudkan impian membuat kitchen set dan mini bar di rumah menjadi prioritas, Anda bisa memilih investasi reksadana pasar uang yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS.

Beragam layanan perbankan dan investasi disediakan oleh platform bank digital yang dapat dinikmati melalui ponsel Anda. Beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan digibank by DBS seperti berikut ini:
  • Investasi terjangkau hanya 100 ribu saja.
Layanan Aplikasi digibank by DBS memahami investor pemula yang masih belajar. Dengan modal 100 ribu rupiah saja, Anda bisa mulai berinvestasi. Biaya yang rendah membuat menjangkau banyak lapisan masyarakat untuk memulai investasi tanpa khawatir kehilangan modal yang besar.
  • Pembelian berkala yang fleksibel
Aplikasi digibank by DBS memberi kemudahan bertransaksi dengan melengkapi fitur pembelian berkala yang fleksibel. Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lagi ketika akan membeli reksadana lanjutan dan bisa mengatur pembelian berkala setiap bulan dengan cara pendebetan otomatis.
  • Pilihan kategori reksadana
Anda dapat memilih kategori investasi reksadana sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi digibank by DBS menawarkan reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham berdasarkan 3 kategori investasi yaitu kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.
  • Pilihan lebih dari 50 produk
Aplikasi digibank by DBS menawarkan 50 lebih produk reksadana yang bisa Anda pilih sesuai kriteria Anda tanpa merasa khawatir.
  • Daftar SID, jual, beli, switch dalam 1 aplikasi
Investor pemula yang belum memiliki Single Investor Identification (SID) bisa mengurus pendaftaran melalui Aplikasi digibank by DBS.

Anda bisa langsung klik di aplikasi dan tunggu konfirmasi melalui email maksimal 2x24 jam. Selanjutnya pengajuan SID segera diproses dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika proses sudah selesai.

Investasi semakin terasa mudah karena bisa dilakukan dari satu aplikasi saja seperti digibank by DBS yang menyediakan berbagai layanan perbankan dan produk investasi yang beragam.

Saat menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda dengan mudah bertransaksi hanya dengan satu aplikasi saja. Jangan tunda lagi rencana investasi untuk mewujudkan kitchen set dan mini bar impian dengan memulai investasi di Aplikasi digibank by DBS.

Post a Comment for "Tips Siapkan Budget Membuat Kitchen Set dan Mini Bar di Rumah"