Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Procurement Management Serta Cara Meningkatkannya

Pengertian Procurement Management Serta Cara Meningkatkannya

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas workflow dalam sebuah tim. Salah satu caranya adalah melalui procure management. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk melakukan tindakan yang bersifat strategis demi mendapatkan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan.


Pengertian dari procurement management

Procurement management merupakan suatu proses atau prosedur dari kegiatan pengadaan barang dan jasa. Prosedur ini terkait dengan upaya perusahaan dalam mendapatkan suplai suatu barang atau layanan untuk kegiatan operasional bisnis.

 

Hal tersebut dikarenakan tidak semua jenis bisnis dapat menghasilkan bahan baku atau layanan yang digunakan dalam supply chain.

 

Ada beberapa tujuan dari penggunaan procurement management di perusahaan yaitu:

● Mendapatkan suatu bahan baku atau layanan yang berkualitas

● Memenuhi permintaan customer

● Memenuhi objective dari bisnis yang dijalankan


Ketika perusahaan membutuhkan outsourcing dalam kegiatan bisnis, maka procurement management dapat digunakan untuk memastikan pencapaian efisiensi dalam suatu pekerjaan.

 

Pentingnya procurement management bagi perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, procurement management berperan penting bagi pengelolaan manajemen bisnis perusahaan. Selain itu, procurement management juga penting dalam mengotomatisasikan aktivitas permintaan dan pembelian suatu perusahaan.

 

Dengan procurement management, perusahaan dapat memastikan aktivitas pengadaan barang dari awal sampai akhir. Laporan yang akan diterima juga akan akurat, sesuai dengan pemesanan perusahaan. Selain itu, hal ini dapat memeriksa kualitas barang atau layanan secara otomatis.

 

Cara meningkatkan efisiensi procurement management di perusahaan

Kegiatan pengadaan membutuhkan proses kinerja secara optimal. Sementara itu, Kegiatan pengadaan barang atau layanan membutuhkan beberapa cara agar meningkatkan efisiensi dari penerapan procurement management di perusahaan. Ada beberapa cara, antara lain:

 

Menggunakan sistem purchasing terbaru

Menggunakan sistem purchasing adalah cara terbaik untuk mengotomatiskan aktivitas manajemen persediaan barang yang ada di perusahaan untuk meningkatkan efisiensi bisnis.

 

Melakukan improvisasi vendor management

Perusahaan akan dengan mudah mendapatkan barang atau layanan jika memiliki pemasok yang tetap. Improvisasi vendor management bisa memberikan kemudahan dalam mengelola vendor atau pemasok agar mendapatkan laporan yang akurat terkait kinerja supplier bisnis.

 

Melakukan kontrol pengeluaran

Melakukan kontrol dalam pengeluaran perusahaan akan memberikan informasi yang akurat terkait anggaran dana yang dibutuhkan untuk membeli barang kepada supplier. Hal tersebut dapat memudahkan perusahaan dalam mengelola anggaran pengeluaran agar anggaran dana digunakan secara efisien.

 

Manfaat dari procurement management

Setelah mengetahui pengertian, pentingnya dan cara meningkatkan efisiensi dari procurement management, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang manfaat dari penggunaannya, berikut diantaranya:

● Divisi internal perusahaan semakin bisa untuk diandalkan

● Menjaga konsistensi tim internal

● Keuangan perusahaan tidak membengkak

● Manajemen waktu menjadi semakin efektif

● Memastikan perusahaan mengikuti peraturan yang berlaku sesuai dengan jenis industrinya

● Meningkatkan produktivitas perusahaan

● Menjalin jaringan bisnis yang semakin luas

● Menciptakan hubungan bisnis yang baik dengan pihak luar

● Membantu perusahaan dalam mengidentifikasi semua hal yang tidak efektif, seperti pembelian barang yang kurang berguna dan lain sebagainya

 

Jenis-jenis procurement

Procurement dibagi menjadi beberapa kategori. Pembagian kategori tersebut tergantung pada bagaimana perusahaan akan menggunakan bahan baku yang dibeli. Berikut adalah jenis-jenisnya, antara lain:

● Direct procurement, adalah suatu pengadaan langsung (direct) yang mengacu pada barang atau jasa untuk menghasilkan produk akhir dari suatu kegiatan bisnis.

● Indirect procurement, adalah suatu pengadaan tidak langsung (indirect) yang mengacu pada pengadaan barang atau jasa yang tidak digunakan dalam pembuatan produk akhir.

● Goods procurement, adalah suatu sistem pengadaan barang fisik dengan menggunakan perangkat lunak dalam keperluan operasional perusahaan.

● Service procurement, adalah suatu sistem pengadaan berupa jasa atau layanan yang berbasis sumber daya manusia.

 

Penjelasan mengenai procurement management memberikan insight baru bagi perusahaan untuk mengelola pengadaan barang. Oleh karena itu, penggunaan software seperti dari RedERP dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola barang atau layanan di perusahaan.

 

Seperti modul Manufacturing & Production dari RedERP yang dapat digunakan untuk mengelola proses produksi dengan lebih efektif dan efisien.

 

Demikianlah penjelasan artikel tentang procurement management. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda dan ilmu pengetahuan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

 

Referensi:

https://rederp.co.id/blog/procurement/ 

Post a Comment for "Pengertian Procurement Management Serta Cara Meningkatkannya"