Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Coin Vs Token: Apa Bedanya?

Coin Vs Token Apa Bedanya

Sebagian dari kamu mungkin masih mengira bahwa coin dan token di kripto itu sama saja padahal berbeda lho!

Meskipun keduanya memiliki fundamental yang sama, tapi dari segi kegunaan coin dan token memiliki perbedaan yang signifikan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan token, namun tidak dengan coin.

Lalu, apa itu coin dan token? Apa saja perbedaannya? Kamu bisa belajar crypto melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Coin?

Coin sediri beroperasi diatas blockchain coin tersebut, nantinya blockchain ini akan memantau semua transaksi yang melibatkan koin kripto aslinya. 


Misalnya saja, saat kamu membayar dengan menggunakan Ethereum, tanda terimanya akan masuk ke blockchain Ethereum. 


Jika penjual tadi ingin mengirimkan kembalian dengan Bitcoin, maka tanda terimanya akan masuk ke blockchain Bitcoin.


Selain itu, coin ini juga bertindak sebagai uang. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tujuan utama pembuatan Bitcoin adalah untuk menggantikan mata uang tradisional. 


Kamu bisa membeli merchandise, mobil, dan jasa dari perusahaan besar yang menerima pembayaran melalui kripto. Bahkan, El Salvador telah mengakui Bitcoin sebagai mata uang resmi lho!


Selanjutnya, coin kripto bisa didapatkan dengan cara ditambang. Sebenarnya untuk mendapatkan uang digital ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan metode Proof of Work dan Proof of Stake


Oh ya, sebenarnya jika membahas coin kripto kita tidak bisa lepas dari Binance, nah apa itu Binance? Binance adalah bursa penukaran kripto terbesar, tempat terjadinya transaksi jual beli kripto.

Apa Itu Token?

Sementara itu, token kripto adalah sebuah representasi dari aset atau bunga yang telah diberi token pada blockchain kripto yang sudah ada. 


Tidak seperti coin, token tidak memiliki blockchain sendiri. Mereka beroperasi pada blockchain dari kripto lain, seperti Ethereum atau Bitcoin.


Token sering digunakan untuk mengumpulkan dana untuk project dan biasanya dibuat, distribusikan, dijual, dan diedarkan melalui proses Initial Coin Offering (ICO). ICO merupakan proses yang meilbatkan perputaran dari crowdfunding. 


Perbedaan Antara Coin dan Token

Setelah memahami definisi coin dan token. Nah, selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan dari keduanya. 

Tujuan Pembuatan

Perbedaan yang pertama adalah tujuan pembuatan dari coin dan token itu sendiri. 


Koin kripto dibuat untuk digunakan sebagai mata uang, sedangkan token kripto diciptakan untuk merepresentasikan bunga pada  aset dan memfasilitasi transaksi pada sebuah blockchain.

Cara Kerja

Token kripto seringnya berfungsi sebagai unit transaksional pada blockchain yang dibuat menggunakan template standard, contohnya jaringan Ethereum, yang memungkinkan pengguna untuk membuat token. 


Sedangkan coin kripto, dibuat melalui proses penambangan yang melibatkan pengunaan komputer untuk memecahkan masalah matematika rumit yang menghasilkan koin. 


Pengguna juga bisa membeli koin digital tersebut dari brokers yang kemudian disimpan dan menghabiskannya menggunakan kripto wallet.

Fungsionalitas

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi fungsionalitas. Koin hanya memiliki fungsi sebagai alat pembayaran saja dan tidak ada kategorisasi yang membedakan antara satu tipe koin dengan tipe lainnya, sedangkan token memiliki 4 tipe.

Security token

Mayoritas token yang ada di ICO termasuk dalam kategori security token. Jenis token ini bertindak sebagai keamanan tradisional dan bahkan diperlakukan sama oleh banyak lembaga pemerintahan. 


Equity token

Token jenis ini merujuk pada sebuah token yang mewakili sejumlah saham atau ekuitas di perusahaan tertentu.

Utility token

Utility token atau juga bisa disebut dengan token aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses produk atau layanan.

Payment token

Jenis token terakhir adalah payment token yang bisa digunakan untuk membayar barang dan jasa. 


Nah, itulah penjelasan singkat dari coin dan token serta perbedaannya. Untuk Kamu, yang ingin mengetahui lebih banyak tentang berita crypto atau ingin mulai belajar investasi bisa mendownload aplikasi Pintu


Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!


Post a Comment for "Coin Vs Token: Apa Bedanya?"