Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Menjadi Konten Kreator Bagi Anak-Anak

Manfaat Menjadi Konten Kreator Bagi Anak-Anak

Salah satu keuntungan menjadi konten kreator adalah bisa menghasilkan uang, entah itu sebagai penghasilan utama atau penghasilan tambahan.

Ya, pernyataan tersebut memang berlaku secara umum. Terlebih apabila si pembuat konten memiliki pengikut atau penayang dalam jumlah besar. 

Tapiii, saat saya mengajak si sulung bersama membuat konten Youtube sebenarnya bukan itu tujuannya. 

Oke, perkenalkan ini anak sulung di keluarga kami. Namanya Aristo atau kami memanggilnya Aito. 
si sulung, Aito

Kini usianya sudah menginjak 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD.

Pada umur 4 tahun, ia suka sekali menonton channel YouTube Ryan Toys Review (kini berganti menjadi Ryan's World). 

Sedikit banyak channel ini mempengaruhi si sulung dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruhnya sih ada yang positif dan negatif. 

Pengaruh baiknya yaitu, Ryan Toys Review berhasil membuat Aito cepat menguasai bahasa Inggris baik kosakata maupun pelafalannya. 

Nah sisi buruknya, karena Ryan Toys Review banyak menampilkan unboxing dan mengulas mainan, maka Aito pun sering merengek minta dibelikan mainan yang sama, huhuhu. 

Pemilik channel Ryan Toys Review, Ryan Kaji, adalah Youtuber anak-anak dari Amerika dengan penghasilan fantastis. Selain Ryan tentu masih banyak nama-nama Youtuber cilik lainnya. 

Di Indonesia sendiri, profesi Youtuber anak juga tidak sedikit. Inilah 5 Youtuber cilik lokal dengan pendapatan terbanyak (sumber: Orami)

Daftar Youtuber dengan (perkiraan) Penghasilan Terbanyak di Indonesia


1. Zara Cute
Bernama asli Zara Nugroho, Zara mulai aktif mengunggah video sejak Maret 2015.

Hingga 2023, Zara telah berhasil mengumpulkan 3,3 juta subscriber dan mendapatkan viewer minimal puluhan ribu pada tiap videonya.

2. Naisa Alifia
Meski Naisa sudah tergolong remaja namun ia masih bisa disebut Youtuber cilik Indonesia. Jumlah pengikut channel yang dibangun oleh Naisa Alifia Yuriza cukup fantastis yaitu telah mencapai angka 18,2 juta. Naisa mulai aktif mengunggah video sejak tahun 2017.
 
3. Aqilla's Diary
Berisikan konten kehidupannya sehari-hari, Aqilla's Diary berhasil menghimpun 3, 85 juta subscriber. Melihat laman channel-nya, Aqilla cukup sering lho meng-update video.

4. Little Princess Shinta
Telah eksis sejak 2015, channel Little Princess Shinta menampilkan konten seputar belajar dan bermain serta unboxing mainan anak-anak. Kini, ia telah memiliki 2,56 juta susbscriber. 

5. Hana Callista
Hana Callista masuk ke dalam jajaran Youtuber anak dengan penghasilan yang besar, karena jumlah subscribernya sudah menyentuh angka 4,27 juta per Mei 2023. Seperti Youtuber cilik lainnya, Hana Callista menayangkan konten kesehariannya, drama dan mode challenge.

Manfaat Menjadi Konten Kreator Bagi Anak-Anak

manfaat menjadi Youtuber Cilik
berani tampil menjadi petugas upacara - manfaat menjadi konten kreator cilik

Menurut perkiraan, berdasarkan jumlah subscriber pada channel milik para Youtuber cilik di atas, setidaknya mereka memperoleh puluhan juta dalam sebulan. Wow, jumlah yang besar ya. Apalagi mereka masih bocah. 

Nah, kembali ke Aito nih. Saat saya membuat kanal YouTube untuknya,  awal tujuannya hanya untuk menyimpan dokumentasi dan supaya bisa membagikannya ke keluarga. Itulah mengapa dahulu konten yang diunggah hanya ala kadarnya.

Hingga akhirnya setelah melihat anak-anak yang menjadi Youtuber kok sepertinya mereka tidak pemalu dan lancar bicaranya, sejak itulah saya menjadikan YouTube sebagai media terapi wicara.

Jadi gini, sedikit bercerita, anak sulung saya ini memang dulunya sempat mengalami speech delay. Hingga usia 3 tahun, belum banyak kalimat yang bisa ia rangkai dengan baik dibandingkan anak seusianya. 

Saya pun kemudian berusaha melatih Aito untuk "ngomong" di depan kamera handphone seperti Youtuber cilik yang biasa ia tonton.

Akhirnya sekarang setelah cukup lama sering membuat konten video Youtube, Aito banyak mengalami kemajuan, dan juga ia jadi belajar banyak hal lain seperti:

- Belajar memahami dan membuat konten yang baik

Baik di sini bukan hanya dalam arti teknis, namun lebih ke nilai moralitas dan tanggung jawab sebagai pembuat konten. Di internet, seperti kita tahu ada banyak konten yang kurang baik, misalnya konten prank yang membahayakan jiwa atau konten yang mengandung umpatan, nah saya mengajarkan Aito untuk tidak membuat konten semacam itu.

- Belajar kreatif dan ekspresif

Menjadi Youtuber cilik sangat mengasah daya kreativitas Aito sehingga tak jarang ia menyumbang ide dan inspirasi konten-konten yang akan kami bikin. Aito juga menjadi anak yang lebih ekspresif dan tidak sungkan menyatakan perasaan atau pikirannya.

- Belajar mengasah keberanian

Aito memang bukan anak yang introvert namun dengan menjadi Youtuber cilik, ia menjadi terbiasa tampil, baik itu untuk keperluan konten maupun tidak. Kebiasaan berani tampil ini sangat mendukung kegiatan sekolahnya lho. Contohnya saja saat Aito diberi amanat menjadi petugas upacara, ia tidak menolak, justru sangat gembira dan bersemangat. 

Memberi Manfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain Bersama IndiHome


Memberi Manfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain Dengan IndiHome

Untuk bisa menjadi konten kreator cilik, tentu dibutuhkan yang namanya jaringan internet. Nah, thanks to internetnya Indonesia yaitu IndiHome, produk dari Telkom Indonesia, yang telah membantu kami mewujudkannya.

IndiHome memiliki kecepatan koneksi yang baik dan stabil dalam cuaca apapun. Jaringan fiber optic yang dipunyai IndiHome juga memiliki kecepatan hingga 100 Mbps sehingga kami bisa mengunggah konten di channel tanpa khawatir ukuran file yang besar.

Menyoal layanan, internet provider IndiHome juga mampu cepat tanggap dengan menangani berbagai keluhan dari pelanggan.

Terima kasih IndiHome! 

Post a Comment for "Manfaat Menjadi Konten Kreator Bagi Anak-Anak"