Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Bahan Kinder Joy Berbahaya dan Dapat Menyebabkan Kanker?

Suatu isu yang sebenarnya udah lama diperbincangkan, sempat viral di media sosial, lalu reda tapi mungkin suatu saat akan muncul lagi karena memang isu seperti ini biasa timbul tenggelam.

Yaitu isu tentang Kinder Joy, sebuah cokelat berisi mainan yang sampai sekarang masih banyak diminati konsumen, tentunya mayoritas anak-anak kecil, eh tapi orang dewasa juga banyak loh yang beli biasanya untuk koleksi mainannya aja.


Credits www.chocholate-brands.com

Berawal dari sebuah kasus tentang Kinder Surprise (populer juga dengan nama Kinder Egg), salah satu 'saudara' Kinder Joy, yang terjadi di Saint-Elix-le Ch√Ęteau, Prancis. Seorang anak perempuan berumur tiga tahun dikabarkan meninggal dunia setelah mengunyah mainan yang ada dalam kemasan Kinder Egg. (Sumber http://www.lci.fr/faits-divers/une-fillette-de-3-ans-meurt-etouffee-par-un-jouet-kinder-surprise-1502119.html)

Hasil otopsi menyebutkan bahwa penyebab kematian anak tersebut karena adanya halangan pada saluran pernapasan. Menurut saksi, mainan yang masuk kemulutnya itu memiliki roda, entah mungkin berbentuk sepeda atau mobil, lalu mainan tersebut terjebak di dalam saluran pernapasannya sehingga ia tidak dapat bernapas. Meski pemadam kebakaran sudah dipanggil ke lokasi tapi sayangnya gadis kecil itu tak tertolong dan meregang nyawa karena otaknya kehabisan oksigen.

credits buzzfeed.com
Kinder Surprise sebenarnya telah dilarang beredar di Amerika Serikat sejak 1938. Badan regulasi makanan, obat dan kosmetik, semacam BPOMnya Amerika yaitu FDA membuat aturan tidak diperbolehkannya objek tidak bernutrisi di dalam makanan, seperti mainan dalam Kinder Egg.

Jadi saat Ferrero memproduksi Kinder Egg tahun 70an di Itali, coklat berbentuk telur ini adalah barang ilegal di USA. Apalagi mainannya kecil banget beresiko membuat anak-anak tersedak karena bisa saja menelan mainan yang ada di dalam cokelat.

Meski kejadian tersebut benar adanya, rupanya beberapa pihak memanfaatkan untuk membuat hoax liar terkait dengan makanan cokelat Kinder Joy. Seperti pada gambar di bawah ini:


Dikatakan pada pesan viral tersebut bahwa:
Kinder Joy mengandung lilin dimana hal tersebut hampir sama seperti bahan yang digunakan pada sterofoam. Itulah sebabnya kenapa Kinder Joy tidak berdekatan satu dengan yang lainnya saat cokelat tersebut dimakan. Tubuh kita memerlukan paling lama sampai dua hari untuk membersihkan zat lilin tersebut. Jadi, pastikanlah anda berhenti memakan Kinder Joy. Lapisan lilin ini dapat menyebabkan Kanker. Bagikan pesan ini jika anda peduli. BAGIKAN
Pernyataan tersebut pun dibantah keras oleh Kinder Joy Indonesia. Semua orang bisa menanyakan kebenaran pesan viral ini ke halaman resmi www.facebook.com/KinderJoyIDN. Pihak Kinder Joy Indonesia menegaskan bahwa Ferrero selalu membuat produk dengan bahan terbaik yang tidak membahayakan siapapun termasuk anak-anak.

Lalu apakah benar terdapat zat lilin dalam bahan pembuatan Kinder Joy?

Menurut sumber yang diambil dari website resmi Kinder yaitu http://www.kinder.me/en. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan Kinder Joy, yaitu sebagai berikut:

Bahan: Gula, Lemak sayur (Palm, SAL), Bubuk susu (19,5%), Bubuk biji cokelat rendah lemak (4%),Tepung terigu, Kuman dari gandum yang telah dipanggang, Pati gandum, Ekstrak gandum yang terendam air, Lesitin (SOY) (0,37%) (INS 322), Minyak sayur (Bunga matahari), Protein air dadih, Perasa (buatan) 0,13%, Amonium Bikarbonat (0,07%) (INS 503ii), Natrium Bikarbonat (0,01%) (INS 500ii), Garam.


Lebih lanjut lagi tidak ada bukti yang dipercaya untuk mendukung korelasi antara mengkonsumsi lilin dengan penyakit kanker. Lalu sifat lilin tidaklah menumpuk dalam tubuh seperti yang tertera di dalam pesan tersebut, lilin adalah zat yang tidak berinteraksi dengan sistem pencernaan manusia.

Mungkin beberapa orang mengalami reaksi alergi terhadap lilin. Serta jika menelan sebagian besar dari beberapa jenis lilin akan menyebabkan obstruksi pada usus. Lilin memang terkadang digunakan sebagai bahan tambahan pada suatu makanan tertentu, bahkan selama bertahun-tahun, dan sifat lilin tersebut ialah tidak beracun, serta tidak ada hubungannya dengan penyakit kanker (masih perlu sumber kredibel).

Setelah membaca artikel ini, semoga postingan ini memberi informasi bahwa cokelat Kinder Joy tidaklah berbahayanamun yang berbahaya adalah mainan yang terdapat dalam kemasan Kinder Joy atau Kinder Egg Surprise.

Hmm, mungkin Kinder Joy lebih berbahaya bagi dompet emak-emak ya, hehehe

Post a Comment for "Benarkah Bahan Kinder Joy Berbahaya dan Dapat Menyebabkan Kanker?"