Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

No More Drama Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes


Saya mulai pakai kacamata sejak kelas 1 SMP. Meski berkacamata, hingga sekitar umur 30an sebenarnya tidak terlalu sering timbul keluhan, tapi sejak benar-benar intens menggeluti dunia konten kreator terutama blogging ada satu hal yang kerap bikin ga nyaman yaitu mata kering.

Bila dihitung, dalam sehari mungkin durasi saya online di depan gawai ada deh sekitar 7 jam lebih, baik itu smartphone ataupun laptop. Selain harus mengetik untuk membuat postingan pada blog, saya juga kadang butuh memproduksi konten bagi sosial media yang saya kelola. Ya karuan saja minus mata makin besar dan mata juga cenderung mudah kering.

Di era teknologi seperti sekarang ini, apalagi saat orang cenderung banyak beraktivitas di depan layar komputer atau layar handphone saya yakin sih banyak yang mengalami mata kering. Biasanya, mata kering dapat terjadi dengan perasaan gatal atau tidak nyaman di mata setelah menatap layar komputer untuk waktu yang lama tanpa berkedip.

Mengenal Masalah Mata Kering

Lapisan pada tear film atay film air mata

Dalam istilah medis, mata kering disebut dengan dry eye syndrome. Istilah ini adalah kondisi dimana tear film atau film air mata tidak stabil dari segi jumlah dan kualitas sehingga kehilangan kemampuan untuk melindungi permukaan mata. Ketika mata mulai terasa kering artinya produksi air mata mengalami penurunan atau mudah menguap kemudian menyebabkan kurangnya jumlah air mata.

Gejala Mata Kering

Mata kering bisa timbul dengan gejala dan ciri-ciri tertentu seperti 

  • sensasi panas, gatal, dan menyengat dalam mata,
  • mata memerah,
  • mata terasa perih, 
  • mata terasa sepet, 
  • mata berair dan lelah, 
  • lendir di dalam ataupun sekitar mata,
  • terasa ada yang mengganjal di dalam mata,
  • penglihatan buram,
  • sensasi kesat atau berpasir dalam mata, dan masih banyak lagi.

Apabila tidak diatasi, bukan ga mungkin kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih serius lagi, duh!

menatap layar laptop terlalu lama dapat menyebabkan mata kering

Bahaya Mata Kering

Sebagai blogger, mau ga mau saya harus banyak berada di depan laptop. Kebetulan meja laptop saya ada di tempat yang terkena *sentoran AC, jadi ya tambahlah itu mata cepet kering. Pernah nih lagi asyik ngetik malam-malam dan saking konsentrasinya saya jarang banget kedip dan setelah draft postingan rampung, mata jadi perih, gatel dan bener-bener ga nyaman. Bahkan sampai dibawa tidur juga rasanya ngganjel gitu loh.

Emang ya, ternyata mata kering ga boleh disepelekan. Kalau dibiarkan berlarut-larut bisa aja timbul masalah seperti infeksi mata. Nah infeksi mata umumnya terjadi saat mata dalam keadaan kering kemudian mata kemasukan benda atau hal dari luar tubuh seperti debu, bakteri atau polusi. Seharusnya hal ini bisa sih dihindari bila kelembaban mata terus terjaga karena mata yang baik kelembabannya ibarat rumah yang ada satpamnya, hehehe. 

Untung aja waktu itu rasa mengganjal di mata ga saya rasakan terlalu berlarut-larut. Jujur saja saya takut kalau ada apa-apa sama mata yang indah ini 😁. 

Konon mata adalah jendela hati. Kan ga mau kalau gara-gara mata kering sampai kehilangan penglihatan, duh amit-amit.

Eh lha kok bisa mata kering bikin kehilangan penglihatan? Iya memang kasus seperti itu jarang terjadi, namun bisa aja loh kalau terus-terusan mengabaikan masalah mata kering lama kelamaan masalahnya meningkat menjadi pengaburan dalam penglihatan.

Penyebab Mata Kering

Nah selain karena hembusan AC, ternyata ada beberapa kondisi dan kebiasaan yang jadi penyebab mata menjadi kering. Misalnya penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu panjang. 

Penyebab mata kering lainnya bisa karena proses penuaan. Hal ini mengakibatkan penurunan produksi air mata seiring pertambahan usia.

Lalu bisa juga disebabkan oleh konsumsi obat-obatan seperti antidepresan atau dekongestan. 

Penyebab lainnya adalah perubahan hormon seperti yang dialami wanita hamil, melahirkan dan menyusui. Oh pantesan, selain karena AC, mata ini makin terasa cepat kering ternyata karena sekarang saya sedang menyusui. 

mata kering bikin ga nyaman

Insto dry eyes sebagai solusi mata kering

Insto Dry Eyes redakan mata kering

Untuk mengatasi mata yang sudah merasa lelah dan kering, biasanya saya berhenti sejenak dari menatap layar laptop. Kemudian cukup satu sampai dua tetes INSTO DRY EYES #InstoDryEyes ke mata, matapun jadi sejuk dan mata kering jadi lembab kembali. Insto Dry Eyes memang solusi mata kering #SolusiMataKering paling pas buat konten kreator yang harus kejar setoran ngetik malam-malam lalu didera drama mata kering 😄. 

Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes ini mungil tapi harus selalu ada di kotak obat di rumah. Alasannya ya karena ampuh buat mengatasi mata kering saya dan keluarga. Soal belinya pun mudah, di apotek pasti ada bahkan saya juga beli Insto Dry Eyes di minimarket dekat rumah. Oiya, kemasannya agak serupa dengan Insto Reguler, namun yang membedakan secara kemasan adalah Insto Dry Eyes ada warna birunya di bagian bawah kardus.

Nah, sesuai namanya, Into Dry Eyes digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata. Selain mengatasi gejala kekeringan pada mata. Insto Dry Eyes juga dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderi rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmial), juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu. 

Alhamdulillah, semenjak sedia Insto Dry Eyes, no more drama mata kering 👁👁. 

Glossary

sentoran = hembusan

54 comments for "No More Drama Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes"

  1. Aku terkena mata kering karena terlalu lama nonton film dan drama Korea nih, Mbak. Untungnya sekarang sudah ada obat tetes mata Insto Dry Eyes untuk mata kering ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti gara2 nonton drakor 16 episode langsung dihabisin dalam waktu semalam nih

      Delete
  2. Naudzubilah ya kak mata kita kenapa-kenapa efek mata kering... untung ada insto dry eyes yang selalu membantu melembapkan mata kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada kebablasan walaupun awalnya sepele mba mending diatasi pake insto

      Delete
  3. Mata kering emang sakit banget ya Kak. Syukurlah sekarang udh ada Insto Dry Eyes. Di minimarkrt jg ada jd sewaktu2 butuh tinggal beli aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan ga usah ke apotik soalnya lbh deket minimarket kalau di tempat saya

      Delete
  4. Sejauh ini, insto emang produk paling ramah buat aku kalau untuk mengatasi mata kering atau merah karena iritasi akibat debu jalanan

    ReplyDelete
  5. Kalau semasa aku kecil dulu, orang-orang baru akan teringat pada insto jika sakit mata. BTW berarti insto ini hadirnya sudah selama ituuu yaaa. Produk yg baik berarti, dong.

    ReplyDelete
  6. Saya juga salah satu pengguna setia Insto. Semenjak lulus kuliah dan bekerja di dunia jurnalistik, membuat saya harus stand by di depan gawai dan berangkat ke berbagai lokasi untuk mencari berita. Mau tidak mau, kesehatan mata harus dijaga agar tidak kering, lelah dan merah. Insto ini adalah pilihan setia untuk menjaga kesehatan mata di tengah kesibukan pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sibuk banget kalau jurnalis. Harus bawa insto terus ya kak

      Delete
  7. Kalo untuk mata berair dan perih saat mengendarai motor, apakah juga bisa pakai insto dry eyes ini, ataukah ada jenis varian lainnya yg cocok dengan keluhan saya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insto punya varian lain kak, ada yang reguler ada yang cool. bisa pake yang reguler untuk meredakan perih karena asap kendaraan

      Delete
  8. No mata kering ya setelah ada Insto Dry Eyes kak. Untuk itu aku selalu sedia di tas, jaga-jaga kalau mata kering. Kan gak enak kalau saat beraktivitas mata tiba-tiba perih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa juga insto reguler atau cool kak supaya komplit

      Delete
  9. Mata udah kering dan lelah, baru deh kita sadar udah kelamaan depan laptop. Memang segitunya ya kita suka lupa waktu kalau udah depan laptop ini. Waktunya pakai Insto Dry Eyes dan rehat sejenak biar mata segar kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau ada deadline kak jadi lupa mantengin laptop terlalu lama

      Delete
  10. Saya juga sering mengalami mata kering. Dan ini sangat menganggu sekali apalagi saat pekerjaan kita sering bersentuhan dengan Monitor. Nemu postingan ini jadi banyak belakar rekomendasi obat Insto khusus untuk matah kering.

    Terima kasih atas ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak sedia insto dry eyes supaya mata tetap terjaga saat menatap layar monitor

      Delete
  11. Sama kak, saya juga pakai kacamata sejak SMP, jadi sudah 24 tahun menyandang gelar mata empat @_@
    Dan saya cukup sering merasakan gejala mata kering. Kalau varian dry lagi habis, pakai varian tetas mata yang lain bisa ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di apotek habis bisa beli di minimarket kak pasti ada yang dry eyes

      Delete
  12. Mata kering emang meresahkan, ya... Saya juga sering ngalamin karena setiap hari pasti di depan layar komputer. Apalagi kalau sudah lebih dari 6 jam, pasti mata udah gak tertolong :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kering karena jarang kedip, makanya perlu istirahat mba supaya ga kering dan insto dry eyes juga

      Delete
  13. Di rumah juga ada nih dan menjadi obat yang harus ada karena mata sakit g bs nunggu lama, apalagi mereka yang kerja terlalu lama di depan komputer, bisa jadi mata kering tak terhindarkan dan harus ada solusi segera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, kalau matanya uda kerasa ga beres segera diatasi

      Delete
  14. Insto best banget ya. Legend aja gitu dari jaman dulu sudah sedia Insto di rumah untuk keperluan mata perih kering gatal

    ReplyDelete
  15. Insto ini memang produknya bagus banget. Saya dulu pernah sakit mata kemerah-merahan, trus pakai Insto, alhamdulillah cepet sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya banyak orang pernah mengalami hal yang sama mba. Maka dr itu perlu stok insto

      Delete
  16. Insto dry eyes ni pas banget untuk kebanyakan dari kita yang sering kerja ngadep laptop atau hp ya. Er... apalagi kalau yang sering ngegame dan sampai kedip dikit aja ogah. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi yang kerja depan komputer diselingi main game di hape. Aduuh itu mata kering bgt mak hehe

      Delete
  17. Pantas saja setelah melahirkan orang tua aku menyuruhku untuk menggunakan insto dry eyes ini, ternyata emang gara-gara melahirkan juga ya mata jadi kering. Alhamdulillah saat itu aku disarankan untuk menggunakan insto, mata jadi nyaman kembali dan tidak kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu faktor si kak tp didukung kebiasaan juga jarang kedip

      Delete
  18. sama aku juga selalu sedia instro dry eyes, apalagi aku pake kaca mata sering naik motor jauh huhuhuhu sering banget mata sepet sampe kering

    ReplyDelete
  19. Kalo aku keknya karena suka mantengin laptop deh, jadi mata suka kering plus gatel gitu. Untungnya aku juga selalu sedia Insto nih, bikin mata lebih adem.

    ReplyDelete
  20. Insto sepertinya ada banyak macamnya ya mbak? Aman ka kalau sering dipakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian wajar pasti aman mba. Kalau keluhannya ga teratasi segera ke dokter aja mba

      Delete
  21. Insto ini memang andalan yaaa buat menyembuhkan mata kering soalnya kalau dibiarkan tu mengganggu. Apalagi kalau terasa gatal kadang kita gak sadar suka menggaruk pakai tangan kotor trus malah jd iritasi.
    Makanya kudu sedia obat tetes mata ini di rumah atau di tas pas bepargian yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatel sambil dikucek. Cucian kali ah hehe. Makanya harus ditetesin insto biar ga berlarut2

      Delete
  22. benar banget kalau mata sudah kering asli sakit dan bikin pusing, jadinya stok insto emang solusi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedia selalu insto biar mata ga kering lagi ya mbak

      Delete
  23. Mata kering ini bener-bener terasa perih dan nggak nyaman. Cuma yaaa...karena faktor U dan setiap hari kerja berjam-jam di depan laptop, jadi sering mengalami. Nggak bisa nggak, harus selalu sedia Insto.

    ReplyDelete
  24. Kadang kalau udah ngadep laptop, apalagi nulis novel, nonton drama, baca komik, sudah bakalan lupa waktu. Thu tahu mata gatel dan perih karena kering, harus sedia insto sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah yang sering aku lakukan mba mataku kering

      Delete
  25. Kesehatan mata ini nomer satu ya harus dijaga sebab penting banget untuk membantu berkegiatan terutama buat yang sering mantengin layar laptop dan hape hehehe

    ReplyDelete
  26. cocok banget buat mata saya yang hampir seharian depan laptop niy kak, karena depan laptop terlalu lama bikin mata saya perih dan kering, wajib banget pakai insto dry eyes ini, apalagi travel size banget ya bisa dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukurannya imut kan mba bisa dikantongin aja pergi kemanapun bisa dibawa

      Delete
  27. Produk ini sering saya gunakan saat terjadi iritasi pada mata, karena terlalu sering didepan layar laptop. Serta ketika memakai Insto mata terasa adem dan ringan sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem banget langsung terasa lembab matanya ya kak. jangan lupa istirahatkan mata sebentar supaya mata tidak terlalu lelah juga

      Delete
  28. Obat mata yg aku kenal & pake dari dulu ya cuma Insto. Ga tau knp, ga ganti2 gitu merknya. Pas tau ada utk dry eyes, aku juga udah pake hehe krn content creator memang butuh nih akibat tlalu lama pegang gadget.

    ReplyDelete
  29. sangat tersampaikan pesannya

    ReplyDelete
  30. Wah sama dong kita untuk mata kering, sepet pakai intro dry eyes

    ReplyDelete
  31. Insto adalah pilhan utama untuk masalah kesehatan mata. Bentuknya praktis, mudah dibawa kemana-mana. Harganya juga cukup terjangkau dan tentu, manfaatnya luar biasa.

    ReplyDelete