Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor


Punya sepeda motor pastinya ngga hanya bisa kita pakai saja terus-terusan. Supaya performa motor tetap baik dan senantiasa prima mau ga mau ya harus dibawa ke bengkel motor secara berkala. Motor juga butuh dirawat lho biar dia ga ngambek, wkwkwk.

Namun yah ga dipungkiri, yang namanya membawa motor ke bengkel motor tuh agak menjadi momok menyebalkan. Alasannya, ga jarang ada oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan mencurangi ataupun berbohong kepada konsumen. Belum lagi mekanik di Bengkel nge-charge harga lebih besar dibanding harga pasaran demi memperoleh untung besar. Terutama nih bila konsumen yang datang adalah perempuan ataupun emak- emak sepertiku, seperti kita yang ngga begitu paham harga suku cadang motor. Ya udah tuh bisa jadi sasaran empuk oknum bengkel bandel. Ih kesel. Pernah punya pengalaman serupa ga sih?

Siapa nih yang pernah kena scam semacam ini, misalnya ada oknum bengkel bilang kepada kita ada suku cadang yang butuh diganti, padahal kenyatannya suku cadang tersebut masih dalam keadaan layak guna. Tapi namanya juga ga ngerti ya konsumen nurut aja disuruh ganti suku cadang berdasarkan saran dari si oknum mekanik. Nah itu tuh saya pernah lho. Nyesel rasanya pas tahu belakangan. Kayak gitu masuk pemborosan kan karena harus mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya belum perlu.
Makanya supaya ngga salah pilih bengkel kita perlu punya panduan memilah bengkel motor terbaik, tanpa khawatir dicurangi.

Cara Pilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

1. Pilih yang Kasih Harga Jujur serta Transparan

Ya, kita tahu memanglah ngga banyak bengkel yang pajang harga secara terang- terangan kepada calon konsumen. Makanya sebaiknya konsumen wajib aktif bertanya secara langsung kepada staf ataupun mekanik bengkel. Biarlah dikata cerewet yang penting kita ga nyolot, hehehe. Dan selama yang dipertanyakan seputar harga produk dan layanan yang mau dibelanjakan, ya sah-sah aja toh.

Baiknya pula sebelum ke bengkel kita himpun informasi dulu bisa dengan cara tanya ke teman-teman atau browsing mengenai harga suku cadang sesuai kendaraan bermotor yang kita punya dan juga harga layanan servis yang mau dicoba.

Dengan tindakan mencari tahu mengenai harga ini kita bisa menolak jika saat di bengkel ternyata oknum bengkel menjawabnya dan memberikan harga di luar nurul *nalar.

2. Temukan Mekanik Profesional nan Handal

Panduan berikutnya yang kita butuhkan adalah kita perlu mekanik yang paham seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh. Jadi catat ya bukan yang good looking yang harus kita cari tapi yang profesional dan handal agar kita dapat jawaban yang memuaskan atas permasalahan motor kita.

Cara mengetes mekanik yang punya kriteria seperti itu gampang kok. Siapkan saja pertanyaan atau kendala tentang motor yang sebenarnya sudah kita ketahui jawabannya. Jika jawabannya sesuai dengan pengetahuan yang kita miliki ya berarti dialah orangnya tapi kalau bukan, mending cari mekanik lain atau bengkel lain deh.

3. Bengkel yang Punya Perlengkapan Modern

Selanjutnya supaya mendapat bengkel terbaik untuk sepeda motor yang kita miliki, lihatlah peralatan yang ada di bengkel. Bengkel dengan perlengkapan modern setidaknya lebih menjamin kalau pekerjaan perbaikan sepeda motor dilakukan secara efektif serta efisien dan menghindari kejadian tidak diinginkan saat pergantian suku cadang.

Supaya lebih mudah dipahami, saya kasih contoh ya. Contohnya bila kita perlu mengganti ban motor. Bengkel yang menggunakan Tyre Changer (alat untuk melepas serta memasang ban) akan membuat kondisi velg motor lebih aman dan menghindari lecet atau baret yang disebabkan alat alat congkel untuk melepas ban. Ban yang dilepas dengan alat congkel bukannya Tyre Changer bisa saja membuat velg jadi cacat. Nah velg yang cacat bisa merembet pada permasalahan lain yaitu selalu bocor pada ban setelah dipasang.

4. Bengkel yang Suku Cadangnya Lengkap

Faktor selanjutnya memilih bengkel sepeda motor yakni pilih bengkel yang punya suku cadang yang lengkap. Kelengkapan suku cadang akan membuat kita sebagai konsumen nyaman dan tidak kerepotan harus mencari bengkel lain jika butuh suku cadang motor yang perlu diganti saat perbaikan motor.

5. Berani Kasih Jaminan Garansi

Yang ini mungkin agak sulit tapi ada kok bengkel yang berani kasih jaminan garansi layanan ataupun suku cadang- nya. Dengan terdapatnya garansi, jika setelah servis motor mengalami kendala dan keluhan maka kita bisa kembali untuk klaim garansi dan menyelesaikan keluhan hingga tuntas.

6. Punya Jam Operasional Panjang

Pada umumnya, bengkel hanya buka di jam yang terbatas alias ngga sampai malam hari padahal kita kan ga tahu kapan motor bakalan bermasalah. Atau kita memang bisanya bawa motor di saat malam karena pagi hingga sore harus kerja. Oleh sebab itu, kriteria mencari bengkel dengan jam operasional panjang perlu ditambahkan dalam panduan memillih bengkel terbaik untuk sepeda motor.

7. Terima Bermacam Cara Pembayaran

Di zaman serba digital, kayaknya sih kebanyakan orang lebih suka bawa handphone daripada dompet ya. Atau bawa dompet tapi uang cash-nya terbatas belum sempat ambil di ATM. Makanya memilih bengkel yang mau menerima pembayaran non tunai seperti e-wallet dan debit tuh sangat amat membantu.

Membetulkan Motor Di Planet Ban

Dari tujuh cara atau tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor, kayaknya susah ya semua kriteria diterapkan ke sebuah bengkel. Eits tapi ada loh. Berdasarkan rekomendasi teman-teman dan keponakan saya yang sudah merasakan sendiri, 7 panduan di atas ada di Bengkel Planet Ban.

Dulu kalau dengar nama Planet Ban saya kira hanya jual ban motor saja ternyata di sana ada bengkel juga bahkan bengkelnya punya tagline “Servis Motor Rasa Mesin Baru”. Pantes aja keponakan ngerekomendasi berat kalau motor perlu servis nyuruh saya ke Planet Ban. Terakhir dia kesana untuk ganti ban dan dapat harga yang paling bersaing dengan kualitas ban yang bagus. Wah waktu dia cerita tuh sampai semangat banget, hahaha. Nah tuh kan kriteria harga transparan jelas ada di Planet Ban.

Trus soal servis, Bengkel Planet Ban bisa melakukan servis berikut:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT/ Rantai
  • Servis Injeksi
Planet Ban memang pelopor ritel otomotif awal di Indonesia yang sediakan bermacam suku cadang bermutu serta lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, serta bermacam suku cadang yang lain ada lengkap di Planet Ban. Selain soal harga yang transparan, kalau butuh informasi lengkap lain bisa cek di planetban.com.

Dan oh ya, buat yang servis sepeda motor atau ganti ban di Planet Ban bakalan dapat beragam keuntungan ini nih
💖 Gratis biaya pemasangan ban
💖 Gratis jasa servis dan ganti oli
💖 Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
💖 Bisa juga dapat gratis pengisian nitrogen selama- nya

Kya...kyaaa kalau ini sih ga bakalan rugi menyerahkan kebutuhan sepeda motor ke Planet Ban. Makanya mending langsung kunjungi Planet Ban terdekat, mumpung ada kesempatan bisa dapat voucher dengan potongan harga hingga Rp 150. 000 dari Planet Ban. Let's Go!

21 comments for "Cara Pilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor"

  1. seneng banget.. planet ban banyak cabangnya apalagi kalo ban kempes bisa isi dicabang yang mana aja boleh dan gratis

    ReplyDelete
  2. Asik nih ada promo voucher potongan harga sampai 150 ribu Rupiah di Planet Ban. Store Planet Ban juga banyak ya di setiap daerah atau kota.

    ReplyDelete
  3. Kadang sebagai cewe, emang suka abai perkara "perbengkelan" ini. Kadang suka dikibulin juga kalau ke bengkel yang ngga resmi. Tapi semenjak kejadian ditipu bengkel, dan motor sempat gim, aku lebih aware sama kesehatan motor. :v

    ReplyDelete
  4. planet ban senantiasa menjadi pilihan terbaik untuk servis rutin dan juara untuk urusan ban motor

    ReplyDelete
  5. Untuk orang yang biasanya masuk bengkel motor, Teddy cukup terkait dengan isi artikel ini. Bagaimana pun bengkel adalah salah satu hal krusial untuk mengatasi permasalahan alat transportasi kita.

    Alhamdulillah nggak sering nemu kasus seperti ini sampai saat ini, bahkan keluarga sudah ada bengkel langganan tidak jauh dari rumah. Teddy juga baru dengar nama Planet Ban dan kagum pada apa yang ditawarkan dalam pelayanannya. Apa ada cabangnya di Kalimantan Barat ya Bu? Teddy domisili situ.

    Terima Kasih untuk informasinya ya Bu.

    ReplyDelete
  6. Kayaknya baru planet ban ya yang berani kasih garansi service. Makin kepingin coba

    ReplyDelete
  7. Ya gitu deh kadang klo ada oknum bengkel ga bener, emak2 atau ciwi2 yang ga paham bisa kena scam huhuu. Untung aku pilih Planet Ban langganan buat servis dan terpercaya. Aman juga dengan harga ramah di kantong.

    ReplyDelete
  8. planet ban tuh bengkel servis motor terbaik dan terpercaya kalo menurutku. apalagi cewek males ribet dan gak mau diboongin planet ban solusinya heheh

    ReplyDelete
  9. Duh, mana aku ga bs naik motor pulak, baca nih artikel serasa plonga plongo ga mudeng mesin. Aku operin ke bojoku aja biar dia tau info penting nih.

    ReplyDelete
  10. Ternyata planet ban bisa untuk servis motor ya, aku baru tau akhir-akhir ini. Lumayan juga nih vouchernya buat di pakai servis motor

    ReplyDelete
  11. Planet ban sih emang andalan banget buat service kendaraan, apalagi produk dan kualitasnya emang sudah teruji banget

    ReplyDelete
  12. Aku pernah lupa service motor trus mogok deh dijalan sejak itu kapok wkwk harus rajin service emang karena kan bergerak ya mesin mesin motornya setiap hari

    ReplyDelete
  13. Baru bulan lalu saya ke planet ban buat ganti oli x-ten yang katanya bisa tahan sampai 5000 km atau sampai 3 bulan, penting banget nih buat menghemat budget, secara gak perlu bolak-balik lagi buat ganti oli per bulan. Udah gitu banyak voucher diskonnya dari aplikasi gojek saya.

    ReplyDelete
  14. Saya dan suami sudah mempercayakan pemeliharaan sepeda motor di Planet Ban. Harga onderdilnya transparan banget menurut saya dan data motor kita sudah terekam

    ReplyDelete
  15. Kalau milih bengkel emang kudu pilih-pilih ya kak. Servis motor di Planet Ban ini menurutku udah worth it banget.

    ReplyDelete
  16. Di deket rumah aku juga ada nih mbaa planet ban. Kapan-kapan mau coba ah.

    ReplyDelete
  17. Planet Ban sih udah terpercaya banget dengan servicenya yang excellent. Harga-harganya juga sangat terjangkau dan yang pasti memberi solusi yang tepat pada permasalahan motor kita.

    ReplyDelete
  18. Nah iya, kalau mau service motor harus cari bengkel terbaik. Supaya motor kita tetap terawat dan nyaman saat digunakan

    ReplyDelete
  19. Wah ada promo nihh, lumayan banget buat dimanfaatkan servis dan cek kendaraan jelang mau ramadan atau lebaran ini ya. Emang kalau bengkel motor sebaiknya pilih yang udah terpercaya dan udah ada namanya bertahun2 biar gak malah boncos ya.

    ReplyDelete
  20. Pilah pilih bengkel terbaik untuk sepeda motor memang enggak gampang. Kalau Plane Ban memang dah langganan. Cus ah ke Planet Ban terdekat, mumpung ada kesempatan voucher dengan potongan harga hingga Rp 150. 000

    ReplyDelete
  21. Senang banget Planet Ban dapat ditemui di mana saja Jadi kalau motor perlu diservis sangat mudah ditemukan tempat yang bagus dan bermotor

    ReplyDelete