Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Kegiatan Ngabuburit Ramadan Bersama si Kecil


Kegiatan yang menyenangkan setiap jelang berbuka bagi banyak orang adalah ngabuburit. Konon katanya ngabuburit mulai ada sejak tahun 90'an. Kala itu yang melakukan ngabuburit hanyalah anak muda, namun kini siapa saja tentunya boleh dong ngabuburit.

Bagi keluarga yang memiliki anak kecil di rumah ada 5 ide kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit.

1. Bermain Bersama

Bermain dengan si kecil bisa membunuh waktu selama menunggu waktu berbuka. Ajaklah anak bermain yang bisa mengembangkan dan melatih kecerdasannya seperti bermain peran misalnya menjadi penjual dan pembeli di pasar, menjadi petugas kebersihan, menjadi dokter ataupun menjadi waiter di restoran.

Jika memiliki anggota keluarga lebih dari 3 atau lebih banyak, anak-anak juga bisa diajak bermain monopoli, ular tangga atau halma.


2. Menonton Film tema Keluarga

Bila di televisi sedang menayangkan film atau tontonan bertema keluarga saat beberapa jam sebelum berbuka, orang tua juga bisa mengajak anak-anak nonton bersama. Kalau tidak ada, orang tua dapat memilihkan dari aplikasi streaming tentunya sesuaikan dengan usia. Supaya anak-anak tidak menonton tayangan yang salah, ada baiknya filter dulu film yang hendak ditonton dengan menontonnya lebih dahulu atau membaca reviewnya di internet.

Tayangan dan film bertema islami seperti Nusa dan Rara the movie, Luca, Finding Nemo, atau bahkan film lawas seperti Sherina juga boleh banget lho jadi referensi.


3. Berbelanja

Bila bosan di rumah, ajaklah anak-anak berbelanja. Entah itu ke warung terdekat atau ke supermarket, libatkanlah anak-anak dengan memberi mereka tugas mengambil barang belanjaan yang dibutuhkan. Jika si kecil sudah bisa membaca bisa memberi mereka daftar belanjaan tertulis, namun jika belum, orang tua bisa memberi kertas bergambar. Tapi tetap dampingi anak-anak dalam prosesnya ya jangan dilepas sendiri.


4. Menyiapkan Buka Puasa

Ajak si kecil menyiapkan buka puasa sekaligus mengajarinya menu-menu yang akan menjadi makanan berbuka. Menyiapkan artinya bisa mulai dari memasak atau bisa juga hanya mengajak anak-anak menata alat makan dan hidangan yang sudah matang.


5. Berburu Takjil

Kegiatan berburu takjil sangatlah menyenangkan karena anak-anak bisa belajar mengenal berbagai jenis makanan baik itu berupa cemilan maupun makanan berat. Berikan kesempatan juga untuk anak-anak memilih apa yang menarik bagi mereka meski belum pernah mencoba makanan yang dimau. Momen membeli takjil juga akan mengasah dan mengeksplorasi berbagai jenis makanan secara penampilan dan rasa bagi mereka. Siapa tahu mereka akan suka jajanan pasar ketimbang snack kekinian seperti minuman boba yang mengandung banyak gula.

Post a Comment for "Ide Kegiatan Ngabuburit Ramadan Bersama si Kecil"