Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Penginapan Agar Tidak Zonk


Siapa sih yang ga suka kalau bisa menginap di penginapan atau hotel yang bagus?

Dulu, waktu anak kami masih satu orang saja, sebagai keluarga kecil kami cukup sering melepas penat dengan berlibur dan memesan penginapan baik di luar kota maupun dalam kota. Mungkin setahun ada 2 hingga 3 kali. Eh segitu sedikit apa banyak sih. Hahaha kalau buat kami si banyak ya.

Namun meski cukup sering, kenyataannya kami tidak selalu mendapat penginapan yang sesuai dengan ekspektasi.

Pengalaman Zonk 1: Penginapan terasa horor

Kalau tidak salah ketika menginap di Jogja suami asal saja booking sebuah hotel bintang 3 yang ia pikir tidak perlu bagus-bagus karena hanya untuk tidur (tapi wakgtu itu menurut saya tarifnya kemahalan 😭).

Hotel ini kami pesan di tempat tidak melalui aplikasi pesan hotel apapun. Nah sesampainya di sana anak kami senang sekali karena ada kolam renang meski ala kadarnya tapi bagi dia yang penting bisa main air.

Kami pun diantar ke kamar setelah membayar dan meski saat itu hotel tampak sepi tapi kamar yang kami dapatkan ada di paling pojok.

Saat masuk kamar, saya merasa tidak nyaman. Karena selain kurang bersih, entah kenapa hawa di dalam kamar terasa pengap dan panas. Perasaan tidak nyaman pun meningkat setelah lewat maghrib. Rasanya seperti ada yang mengawasi di kamar kami. Ac yang sudah dihidupkan juga ga bikin nuansa adem tapi tetap sumuk. Meski demikian kami sukses bertahan hingga waktu checkout. Sepertinya rasa eman-eman sudah bayar mengalahkan ketakutan kami, hahaha.

Pengalaman Zonk 2: Penginapan kotor

Kalau ini kami alami di Solo, Suami pula yang memesan secara dadakan meski melalui aplikasi. Sampai di sana bentuknya seperti kos-kosan mahasiswa. Tapi bukan itu yang kami keluhkan, Meski tidak horor, kamar yang kami sewa saat itu lantainya lengket sekali seperti lama tidak dipel. Tapi karena malas komplain ke pengelola akhirnya malah saya pel ala kadarnya, haduh.

Nah, dua kisah kejadian di atas mungkin sering teman-teman alami kan. Karena itu juga kami sekarang lebih berhati-hati supaya tidak kecelik dalam memilih penginapan. Dan setelah sekian kali booking, saya memiliki beberapa tips.

Tips memilih penginapan agar tidak zonk.

1. Tentukan anggaran

Pertama tetapkan batas bawah dan batas atas anggaran dalam memilih hotel atau penginapan incaran. Ini akan membantu menyaring pilihan dan mencegah memilih penginapan di luar budget atau di bawah budget,

Saya percaya penginapan yang baik tidak selalu mahal tapi ga yang murah kebangetan juga. Poin sebenarnya adalah pilih yang sepadan, artinya dengan membayar sejumlah uang tertentu fasilitas yang didapatkan sesuai dengan nilai uang tersebut.

2. Baca ulasan dari tamu sebelumnya

Luangkan waktu sejenak membaca ulasan dari tamu sebelumnya agar mengetahui wawasan tentang pengalaman mereka. Perhatikan ulasan tentang kebersihan, fasilitas, layanan, dan lokasi. Ulasan ini bisa kita temukan di mana saja, terutama di Google Map, media sosial, blog maupun youtube. Jangan lupa di Google Map sempatkan cek ulasan dengan urutan rating terendah dan terbaru.

3. Lokasi yang strategis

Memilih penginapan atau hotel dengan lokasi strategis memang bisa menghemat biaya transportasi baik itu menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Namun soal lokasi bukan hanya itu karena perlu  juga mempertimbangkan masalah keamaan di sekitar hotel. Gunakan peta online untuk membantu meninjau keadaan wilayah di sekitarnya.

4. Cek fasilitas yang ditawarkan

gym sebagai fasilitas hotel (koleksi foto pribadi)

Setiap penginapan pasti menawarkan berbagai macam fasilitas, seperti kolam renang, sarapan, bahkan spa dan gym. Fokus dan pertimbangkan pada fasilitas yang memang benar-benar akan digunakan sehingga tidak mubazir. 

5. Manfaatkan promo dan penawaran

Di musim liburan biasanya ada banyak promo dan diskon tapi bagaimana jika ingin memesan penginapan di luar musim liburan? Gampang, carilah promo pada aplikasi atau situs web pemesanan hotel, situs web resmi hotel, atau melalui agen perjalanan. Pastikan pahami syarat dan ketentuan promo sebelum memesan.

Misalnya mau mencari Rekomendasi Hotel Murah di Subang dan rekomendasi hotel budget di Semarang, teman-teman bisa unduh aplikasi pemesanan hotel atau buka situs web seperti Red Doorz, pasti ketemu banyak pilihan dan beragam promo serta diskon.

6. Gunakan insting

Manusia dibekali insting untuk mengantisipasi hal-hal buruk maka dari itu ga ada salahnya percaya pada insting saat memilih hotel. Terutama jika foto hotel terlihat mencurigakan, tidak menarik atau reviewnya buruk, sebaiknya beralih ke hotel lain.

7. Manfaatkan internet untuk perluas informasi

Bukan hanya melihat ulasan sebelumnya di peta online seperti Google Map. Manfaatkan internet dengan cari keyword penginapan incaran di kolom pencarian. Biasanya jika pernah ada kejadian penting seperti kejadian kriminal atau kasus tertentu maka beritanya akan muncul di hasil pencarian. Ga mau kan kalau teman-teman menginap di sebuah kamar hotel yang 2 bulan lalu baru saja ada kasus pembunuhan, hiiy serem ya.

Nah, dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, semoga teman-teman bisa membuat keputusan yang lebih terinformasi dan memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi teman-teman ya.

Post a Comment for "Tips Memilih Penginapan Agar Tidak Zonk"