Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Bagi Muka dengan Kulit Berminyak dan Berjerawat

tips perawatan muka kulit berminyak

Pernah ga dengar mitos bahwa orang yang memiliki wajah dengan tipe kulit berminyak itu katanya bakalan lebih awet muda dibanding tipe kulit lainnya. Kok bisa sih?

Minyak pada wajah adalah hal yang normal dan memiliki manfaat yaitu mampu membantu menjaga kulit. Sehingga, secara fakta memang orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki kulit yang lebih kuat serta kerutan yang lebih sedikit. Makanya bila kamu memiliki muka bertipe berminyak jangan sebel dulu ya karena muka jadi tidak mudah timbul kerutan, hehehe.

Tips Perawatan Bagi Muka dengan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Namun bagaimana bila kulit muka tidak hanya berminyak tapi juga berjerawat. Kondisi kulit muka seperti ini sering membuat pemiliknya senewen karena kulit muka mudah menjadi kusam apalagi jika tidak paham cara merawatnya. Maka dari itu, simaklah postingan berikut karena akan memberi beberapa tips perawatan bagi kamu yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat.
1. Rajin gunakan toner

Minyak pada kulit muka yang terlalu berlebihan akan memicu timbulnya jerawat. Supaya minyak berlebih di wajah berkurang, rajin gunakan toner setelah membersihkan muka atau sebelum menggunakan pelembab.

Khusus untuk kulit muka berminyak dan berjerawat, pilihlah toner yang ringan dan lembut serta disarankan untuk tidak menggunakan toner yang mengandung alkohol. Jika tidak suka pakai atau tidak ada toner, kamu bisa ganti dengan air mawar yang bebas alkohol.

2. Pakai pelembab

Pelembab adalah skincare yang berguna untuk menghidrasi kulit. Jangan kamu pikir bahwa kulit berminyak tidak akan mengalami dehidrasi. Nyatanya kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi dan kondisi inilah yang akan membuat produksi minyak wajah makin banyak.

Supaya pori-pori tidak tersumbat, penting memilih pelembab yang telah terbukti non-comedogenic, memiliki formula yang ringan dan tidak meninggalkan sensasi berminyak setelah pemakaian.

3. Face Scrub 2x seminggu

Siapa bilang muka dengan kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh scrub! Tentu saja boleh namun pakai produk yang tepat dengan komposisi yang tepat pula. Face scrub bermanfaat untuk mengelupas kulit mati yang ada di lapisan kulit teratas agar kulit menjadi lembut dan halus. Bagi muka berminyak dan berjerawat gunakan face scrub dengan kandungan aloe vera atau charcoal dan memiliki butiran yang lembut. Dan satu lagi, ketika menggosok muka jangan terlalu kencang ya.

4. Pakai masker wajah 1-2x dalam seminggu

Tips merawat kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah pakai masker wajah. Nah ini sekalian saja satu rangkaian setelah membersihkan muka dengan face scrub langsung lanjut aplikasikan masker.

Bisa menggunakan masker buatan sendiri dari bahan madu, lemon, lidah buaya dan tea tree. Atau bisa juga membeli masker siap pakai dengan kandungan tanah liat Kaolin dan Bentonit, Sandalwood, Fuller's Earth (Multani mitti). Pilihan ini akan sangat baik untuk kulit berminyak karena bisa menyerap minyak berlebih secara lembut.

5. Bersihkan wajah dengan benar

Bagi muka dengan kulit berminyak dan berjerawat wajib hukumnya mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur, terutama setelah banyak berkeringat.

Lakukan cuci muka maksimal 3 kali sehari jika kegiatan sangat intensif di outdoor. Namun tidak lebih dari 3 kali sehari karena jika terlalu banyak justru akan membuat produksi minyak semakin meningkat.

Untuk cuci muka gunakan pembersih wajah yang berbentuk gel atau busa. Hindari pembersih abrasif yang menghilangkan kelembapan alami kulit yang menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak.

Bicara soal pembersih wajah buat muka dengan kulit berminyak dan berjerawat yang ngga menghilangkan kelembapan alami kulit, saya merekomendasikan sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat Kahf Oil and Acne Face Care Wash.

Varian sabun muka Kahf ini direkomendasikan khusus untuk pemilik kulit berjerawat karena memiliki kandungan formula mild. Formula mild yang ada pada sabun wajah ini memiliki fungsi utama untuk menekan produksi minyak berlebihan di wajah. Bukan hanya itu saja namun sabun cuci muka ini juga hadir dengan kombinasi bahan berupa formula pure cleanse dan HydroBalance TM. Kahf oil and acne face care wash mengandung ekstrak Mediterranean Sage dan French Cypressnya yang berfungsi mengangkat minyak berlebih selama 12 jam serta merawat kulit berjerawat.

Post a Comment for "Tips Perawatan Bagi Muka dengan Kulit Berminyak dan Berjerawat"