Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Sederet Manfaat Jinten Hitam yang Jarang Diketahui

Jinten hitam atau yang biasa kita kenal dengan sebutan habbatussauda merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk obat-obatan herbal dan rempah makanan.

Jinten hitam berasal dari biji-bjian yang bernama Nigella sativa. Sesuai dengan namanya, jinten hitam memiliki ciri-ciri berupa biji-bijian yang berwarna hitam. Di Indonesia, manfaat jinten hitam yang utama adalah sebagai obat-obatan herbal. Namun di beberapa negara, banyak yang memanfaatkan biji-bijian ini sebagai perasa untuk kari, roti, hingga acar.

Manfaat Jinten Hitam

Jika biji jinten hitam dimakan secara langsung, biasanya rasanya lebih pahit dibandingkan dengan oregano. Namun jika sudah diolah menjadi minyak, maka akan memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan maupun iritasi pada tubuh dan kulit. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin juga dipercaya sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun manfaat jinten hitam tidak hanya terbatas disitu saja. Karena sebenarnya masih ada sederet manfaat lainnya yang jarang diketahui dari bahan alami yang satu ini, yaitu:

1. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Dari sebuah penelitian, menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak biji jinten hitam akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Sehingga bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan demikian bisa memanfaatkan jinten hitam. Mengingat bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi, maka bagi mereka yang bertekanan darah tinggi harus menghindari biji-bijian yang satu ini.

2. Mengurangi resiko kolesterol tinggi.

Untuk mengatur kadar kolesterol, maka pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Biji jinten hitam bisa menjadi salah satu contohnya. Hal ini lantaran di dalam jinten hitam memiliki kandungan asam lemak yang menyehatkan berupa linoleat dan asam oleat. Cara mengonsumsi jinten hitam bisa dalam bentuk rempah untuk makanan atau bisa juga berbentuk suplemen.

3. Mengatasi penyakit asma.

Dengan mengonsumsi jinten hitam juga dipercaya mampu mengendalikan asma dengan baik, dibandingkan harus melakukan terapi inhaler plasebo.

4. Mengurangi resiko terkena obesitas.

Untuk menghindari obesitas, biasanya para pria maupun wanita menjalankan diet. Agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan aman, Anda bisa memanfaatkan jinten hitam. Namun pastikan, selain mengandalkan jinten hitam juga disertai dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

5. Membantu tubuh dalam melawan infeksi.

Biji jinten hitam memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam tubuh. Selain itu, juga bisa membantu melawan virus penyebab penyakit tertentu, seperti flu, hepatitis C, dll.

6. Mencegah dari penyakit kanker.

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang patut untuk diwaspadai. Hal ini lantaran untuk jenis penyakit kanker tertentu ada yang cukup sulit untuk disembuhkan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, lakukan pencegahan untuk penyakit kanker dengan memanfaatkan biji jinten hitam. Karena di dalam bahan alami yang satu ini mengandung senyawa aktif berbama thymoquuinone yang bersifat anti kanker. Bahkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif.


Itu tadi sederet manfaat jinten hitam yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai manfaatnya tadi, maka Anda bisa beralih menggunakannya ketika sakit atau sebagai pencegahan penyakit. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk biji-bijian, atau bisa juga dengan mencari suplemen atau produk olahan herbal jinten hitam. Untuk Anda yang lebih memilih menggunakan produk olahan jinten hitam yang siap pakai, maka bisa mengunjungi toko online Herbana. Produk herbal dari Herbana sudah diproses dengan menggunakan teknologi modern Quadra Extraction System yang membuat produk tetap higienis dan bebas dari kontaminan. Selain itu khasiat dan keutuhan senyawanya masih bisa dinikmati setelah menjadi produk jadi.

1 comment for "Inilah Sederet Manfaat Jinten Hitam yang Jarang Diketahui"