Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

13 Juli 2016

Tips Bepergian Dengan Balita

Traveling atau bepergian pada dasarnya bisa dilakukan siapa saja, entah itu sendirian, dengan teman atau bersama keluarga. Tak perlu menunggu anak melewati usia balita untuk berani keluar dari 'zona nyaman' di dalam rumah. Meski akan terasa sedikit repot bagi orang tua, tapi bepergian akan mengajarkan banyak hal untuk si kecil mengenal dunia.

Sama halnya orang dewasa, balita bisa saja mudah bosan di perjalanan, apalagi kalau kendaraan yang dipakai adalah mobil/bus. Ruangnya yang sempit dan mengharuskan duduk dalam waktu lama akan sangat ga nyaman buat mereka.

Kebetulan anakku juga bukan balita yang betah berlama-lama diam saja, di rumah yang luas pun tidak bisa disuruh duduk saja, jadi kalau pergi harus siap amunisi segudang supaya tidak rewel dan merusak moodnya.

Apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk si kecil di perjalanan?

1. Makanan dan minuman

Anak-anak yang sedang masa pertumbuhan harus selalu terpenuhi gizinya, jadi usahakan masak atau beli makanan sebelum bepergian lama. Makanan yang biasa kubawa untuk anakku harus makanan berat dan cemilan/snack.

roti bakar atau buah pilihan bekal yang mudah disiapkan (dok.pribadi)
Paling mudah ya nasi dengan lauk telur dadar/telur ceplok kecap, roti bakar atau nugget juga bisa. Hindari yang berkuah karena akan merepotkan dan rawan tumpah. Untuk cemilan bisa potongkan buah-buahan supaya si kecil tinggal makan. Masukkan ke wadah makan kesukaannya/ tupperware dan letakkan di tas/ car organizer supaya gampang diambil ketika lapar.

2. Mainan/ DVD kartun favorit
gambar diambil dari bukalapak.com
Ambil beberapa boneka atau mainan yang sedang disukai/ sering dimainkan di rumah. Atau kalau ada budget ya belikan mainan baru. Bisa juga setelkan video kartun kalau membawa mobil pribadi yang dilengkapi player video.

3. Bantal dan selimut kesayangan

gambar diambil dari thecrochetcrowd.com
Tiap anak biasanya punya bantal/guling/selimut yang paling disukainya. Meski sudah kumal tetap saja barang itu tidak boleh ketinggalan dibawa. Dan saat mengantuk di kendaraan sudah pasti lebih cepat terlelap sambil memeluk benda ini.

4. Tisu basah, tisu wajah, hand sanitizer

Yang ini wajib banget ada di kantong mobil, karena balita pasti belepotan waktu makan, atau perlu menyeka bagian sensitif setelah buang air. Tempatkan di car organizer atau di tas yang mudah dijangkau tangan setiap saat.

5. Baju ganti

Selain baju yang ada di tas travelling, kudu banget punya 1-2 setel baju ganti di tas tangan. Jadi waktu si kecil terpaksa ganti baju sudah tinggal comot saja tanpa ngadul-adul koper.

6. Ajak mengobrol atau bercerita

Ketika si kecil belum mengantuk dan masih semangat, biasanya saya dan ayahnya ajak mengobrol dan menceritakan apa saja benda yang kami temui selama perjalanan, dari lampu abang ijo, pohon-pohon, alat transportasi, bangunan, sampai perilaku berkendara orang lain yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat besar nanti. 

7. Gadget

gambar diambil dari freemake.com
Gadget memang termasuk cara ampuh meredam kerewelan bocah, tapi lebih baik ini jadi cara terakhir ya. Selain ga baik, menatap layar di dalam kendaraan bergerak juga bisa bikin pusing dan muntah loh.

Demikian 7 tips bepergian dengan bocah kecil supaya tetap nyaman dan ceria selama di perjalanan jauh. Jadi tak perlu enggan menjelajah dunia bersama si kecil kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!