Cara Baru Cek Domain Authority dan Page Authority di Link Explorer Tool MOZ


Alkisah pada zaman dahulu kala, 'ukuran' oke atau tidaknya sebuah blog diukur oleh page rank. Namun sekarang ini eranya sudah berubah jauh. Page rank sudah tidak berlaku lagi karena 'dibunuh' pada 6 Oktober 2014 oleh empunya yaitu mbah Google.

Kemudian beberapa alternatif pengganti page rank pun hadir tapi akhirnya yang masih bertahan dan sering dipakai sebagai acuan adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari MOZ. Soal DA/PA ini  dulu bisa dicek di https://moz.com/researchtools/ose di jangka waktu tertentu, ya kurang lebih tiap bulan lah akan diupdate oleh si MOZ. Tentu semakin tinggi DA/PA semakin baik untuk pemilik blog, karena biasanya jadi kekuatan blogger untuk menentukan rate saat ada tawaran kerjasama dari vendor atau agency di luar sana.

Tapi ga ada yang statis di dunia ini termasuk si ResearchTools OSE dari MOZ ini, tepatnya di tanggal 29 Maret 2018 lalu, MOZ mengumumkan perubahan besar yang kudu banget disimak blogger dimanapun berada, yaitu ResearchTools OSE yang tidak akan mengupdate index meski linknya akan tetap aktif dan bisa diakses kapan saja.
DA/PA versi OSE lama
But dont worry, sebagai gantinya OSE yang sudah rest in peace, teman-teman blogger bisa cek DA/PA blog di Link Explorer baru yaitu di https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/

Baca juga: Cara Submit Sitemap Blogger ke Webmaster Tool

Apa itu Link Explorer?
Intinya, ini adalah pengganti Open Site Explorer yaitu alat Moz untuk penemuan tautan, analisis kompetitif, dan pembangunan tautan dari sebuah blog atau situs. OSE versi lama memiliki kelemahan yang membuat pemilik blog harus menunggu 1-2 bulan hanya untuk cek DA blog yang kita miliki. Sedangkan Link Explorer memperbarui tautan link setiap hari dan dan memberikan skor DA baru tiap malam.

Di Link Explorer pengindexan sebuah halaman akan jauh lebih baik karena lebih besar 20x dari yang lama, lebih cepat dan lebih luas sambil mempertahankan fokus pada domain dan halaman berkualitas tinggi. Indikator baru juga ditambahkan dalam bentuk grafik dan bagan baru seperti pertumbuhan tautan dari waktu ke waktu atau perolehan + tautan yang hilang. Pokoknya makin ciamik deh.


Link Explorer Baru dari MOZ Beta Version


Meski memang masih dalam versi beta alias tahap pengembangan dan belum final, tapi tampaknya MOZ serius banget menggantikan OSE versi lama dengan Explorer Tool baru ini demi memenuhi negara api perubahan algoritma Google dan kebutuhan alat peneliti link yang akurat dan cepat.
Da/ Pa versi Link Explorer baru

Cek DA/PA blog sekarang!
Jadi tunggu apa lagi, untuk pemilik blog ayo cek DA/PA terbaru di https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/ dan jangan kaget kalau ada peningkatan skor yang signifikan meski ada juga yang ajeg atau bertambah sedikit.

Disclaimer: postingan ini ditulis berdasarkan pemahaman dari blog MOZ https://moz.com/blog
Jika ada kesalahan interpretasi mohon memberi masukan melalui komentar atau email.
Terima Kasih

8 Responses to "Cara Baru Cek Domain Authority dan Page Authority di Link Explorer Tool MOZ"

  1. Aku baru tw tentang Moz ini, soalnya biasanya gk ngecek lewat Moz. Makasih sharingnya mbk. Pengen ngecek DA PA dlu. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  2. MOZ ku ngecek DA 1 mbk.. Ngeriiii hahahha..blog g tau update..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu rajin blogwalking juga lin tapi pake format name/url

      Delete
  3. Baru tau hehe, maklum gua noob, ibarat main ml, gua dibully terus nih ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sy malah ga pernah main Mobile legen gan

      Delete
  4. Makin lengkap nih. Jadi tau efek produktifitas nulis plus blogwalking kita.

    Salam Jumat pagi mbak Un ^^

    ReplyDelete
  5. aku blogger newbie dan baru tau tentang DA PA ini :D thankyou mbaak nice share

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya