Yuk Beri Ramadhan Terbaik Bersama ACT

Ramadhan adalah bulan paling mulia di antara 11 bulan lainnya dalam kalender Hijriyah, maka dari itu umat islam di seluruh penjuru dunia akan berlomba-lomba dalam kebaikan. Momen dalam Ramadhan memang paling tepat digunakan sebaik mungkin melipatgandakan segala amalan di dunia untuk bekal menuju akhirat nanti.

Selain melaksanakan puasa, shalat taraweh, shalat berjamaah di masjid dan membaca AlQuran, tentunya masih banyak amalan lain yang dapat kita tabung selama ramadhan, contohnya bersodaqoh dan berbagi kepada umat manusia lain di muka bumi ini.

Nah kebetulan di hari Senin lalu tanggal 15 Mei 2018, saya bersama 2 mom blogger gandjel rel lainnya yaitu mba Ika Puspita, mba Wati dan teman-teman media lainnya mendapat kesempatan menghadiri prescon dari Aksi Cepat Tanggap tentang peluncuran program mulia yang disiapkan ACT bertajuk Beri Ramadhan Terbaik.

Food Truck di kampung Aquarium tahun 2017 (sumber act.id)
Program Beri Ramadhan Terbaik adalah sebuah ajakan kepada bangsa Indonesia untuk mewujudkan amal saleh demi kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global. Jadi membantu itu tidak hanya ke sesama rakyat Indonesia tapi juga bisa membantu masyarakat di negara lain yang sedang terkena krisis seperti perang atau bencana alam.

ACT telah melaksanakan berbagai program kemanusiaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam negeri, ACT memiliki program yaitu Humanity Food Truck (HFT) yaitu truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera menyediakan makanan berbuka puasa gratis di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. Selain itu ada program Humanity Food Van, miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan. Demikian penjelasan Sri Suroto, Branch Manager ACT Jawa Tengah.

Di Jawa Tengah, ACT akan melaksanakan beberapa program kemanusiaan di berbagai kabupaten/kota selama bulan puasa Secara rutin ACT Jawa Tengah akan mengadakan buka bersama dhuafa dan pendistribusian paket pangan Ramadhan berupa sembako untuk masyarakat di desa-desa pra sejahtera yang terangkum dalam program Pelosok Jateng.

Nantinya juga akan dilaksanakan program peduli lansia, berupa Pesantren Lansia dengan mengadakan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, paket sahur dan berbuka puasa untuk 100 lansia dhuafa yang rencananya akan diadakan di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

ACT Jawa Tengah juga akan mengimplementasikan program Mobile Sosial Rescue (MSR), yaitu program yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS. ACT Jawa Tengah saat ini sedang mengangkat lima kasus pasien kurang mampu, yakni
👆Ossy penderita kanker tulang di Kendal,
👆Sabilillah penderita tumor kepala di Pati,
👆Yudha penderita gagal fungsi hati di Demak,
👆Fatimah penderita leukimia di Klaten,
👆Amin penderita hidrosepalus di Banjarnegara.

Untuk meringankan beban saudara-saudara kita dalam krisis global, ACT memiliki program solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadhan dalam bentuk paket pangan Ramadhan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri.untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin. Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT. Mereka di antaranya Palestina, Suriah Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya).

Selain kegiatan kemanusiaan, ACT juga mengadakan lomba jurnalistik kemanusiaan. Lomba ini diadakan  sebagai ikhtiar untuk meluaskan kebaikan Ramadhan kepada khalayak. Lomba jurnalistik kemanusiaan terbuka untuk awak media dari tv, media online, dan media cetak di seluruh Indonesia.

0 Response to "Yuk Beri Ramadhan Terbaik Bersama ACT"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel