Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Di zaman serba digital ini kita semua tahu bahwa banyak orang mencari berita, resep, panduan, dan bahkan resep di internet, yang biasanya disebut sebagai gugling, sebuah plesetan dari search engine terbesar yaitu Google yang diberi imbuhan kata kerja -ing. Betewe dalam sehari berapa kali kamu gugling soal mantan? Wehehe, just kidding ya gaes, mari waktunya move on aja.

Saat kita googling dengan kata kunci yang diinginkan, kemudian akan muncul serangkaian hasil pencarian. Dan dari berlembar-lembar hasil pencarian itu, pada umumnya orang akan memilih dari urutan 1 di halaman pertama.

Namun ada kalanya hasil pencarian tersebut tidak sesuai dengan harapan kita, misalnya judul dan isi yang tidak berkaitan alias 'click bait'; informasi yang sudah kadaluarsa, atau loading blog yang sangat lama. Untuk alesan terakhir yaitu loading blog yang terlalu lama, kebanyakan orang akan langsung menutup blog itu dan mencari blog yang lainnya yang lebih cepat dibuka.
Lebih dari 75% pelanggan lebih memilih untuk meninggalkan website yang lambat, alih-alih menunggu sampai website termuat. ( sumber: Why Web Performance Matters: Is Your Site Driving Customers Away? oleh Gomez.com)


Nah bagaimana sih caranya agar loading blog kita bisa cepat? Simak ya tips di bawah ini:

1. Pilih template yang ringan
pilih template ringan
Template atau tema adalah hal pertama yang harus diperhatikan supaya loading blog tidak terlalu berat. Hindari tema dengan background bergambar. Pilihlah tema yang sederhana, minimalis dan clean. Di luar sana banyak penyedia tema blog gratisan atau belilah versi premium/ berbayar kalau kamu punya dana lebih. Gunakan fitur 'demo' sebelum memasangnya di blog dan pastikan loadingnya tidak lemot. 

Tips: ceklah kecepatan template demo di https://gtmetrix.com dan di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, pilih template dengan score minimal B, atau lebih bagus lagi jika semua skor A.

2. Optimasi ukuran gambar (dan video)
 
Gambar akan mengambil porsi paling besar saat sebuah blog atau website memuat halamannya. Jadi lebih baik sebelum diunggah ke dalam postingan blog, resize atau kompress dulu ukuran gambar yang akan ditampilkan. Ada banyak tools gratis yang bisa dipakai untuk memperkecil ukuran gambar baik aplikasi smartphone, desktop atau secara online (tanpa perlu menginstal).

Jika menyertakan gambar dari sumber berupa link, gunakan sumber yang se'aliran' dengan platform blogging yang kamu pakai. Misalnya pengguna blogspot, ambilah sumber gambar dari sesama blogspot atau berplatform google. Jangan mengambil gambar dari penyedia layanan gambar lain seperti tinypic karena hal ini membutuhkan loading dari server yang berbeda.

Untuk post yang menyertakan video, lebih baik unggah dulu di youtube, kemudian masukkan kode embed. Hal ini akan sangat membantu blog terloading dengan sempurna.

3. Hapus widget yang tidak perlu
Pernahkah membuka sebuah blog yang memasang widget kursor animasi? Atau widget kolam ikan yang ikannya bisa diberi makan? Kalau dulu banyak blogger yang memasang widget-widget tidak penting ini. Padahal widget tersebut makin memperlambat loading blog meski terlihat lucu dan menarik. Jadi pasang saja widget yang memang sangat diperlukan. Selain itu? Ya hapus dong.

4. Tampilkan tidak lebih dari 5 postingan di halaman utama blog
Homepage alias halaman utama adalah bagian yang paling sering diakses pengunjung blog. Jadi sebaiknya meletakkan 4-5 postingan saja di halaman utama blog agar loading blog lebih ringan.

Tips: Untuk membuat pengunjung betah berselancar di blog milik kita, bisa menggunakan internal link dalam artikel, widget popular post, label, atau membuat daftar isi yang disematkan di top menu.

5. Gunakan layanan hosting terbaik
Untuk yang menggunaan platform blogger dan wordpress gratisan mungkin tidak memikirkan soal hosting. Tapi ada beberapa blogger yang ingin tampil lebih profesional memilih blog berhosting ketimbang 'nebeng' di google. Soal hosting ini juga harus diperhatikan yaitu pilihlah penyedia hosting yang bagus dan terpercaya. Yang bagus tidak selalu harus mahal kok, carilah perbandingan dulu dari testimoni teman atau informasi di komunitas blogger.

Jika kamu sedang berpikir untuk pindah dari blog berplatform gratisan ke layanan web hosting berkualitas namun harganya terjangkau saya punya rekomendasi nih.

NiagaHoster hosting murah adalah layanan yang menyediakan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia. Layanan utama Niagahoster adalah web hosting terjangkau yang bisa dipilih dari harga Rp 8.340/ bulan untuk paket pelajar sampai dengan Rp 65.610/ bulan bagi pendaftar paket bisnis.


Keunggulan Niagahoster sebagai penyedia layanan web hosting yaitu:

🏆 Harga Termurah: dijamin harganya paling terjangkau dibanding layanan sejenis.
🏆 Support Terbaik: didukung tim yang bisa dihubungi 24 jam di jalur telepon, live chat, email atau open support ticket.
🏆 Server Uptime 99,98%: meski terjangkau, layanan Niagahoster memiliki kualitas terbaik dengan jaminan server uptime hingga 99,98% server Green Data center Tier-4 berstandar internasional dari DCI Indonesia1.
🏆 Jaminan uang kembali: Niagahoster menjamin uangmu kembali jika dalam 30 hari kamu merasa tidak puas setelah mengaktifkan paket hosting. Setelah pengajuan klaim, uang akan dikembalikan dalam 10 hari kerja.

Spesifikasi paket yang ditawarkan oleh Niagahoster:

Paket web hosting murah yang ditawarkan Niagahoster dimulai dari Paket Pelajar, Personal dan sudah termasuk nama domain gratis yang bisa dipilih sendiri. Beberapa domain yang bisa dipilih antara lain .com, .net, .org, .info, .web.id, .co.id, .sch.id, .or.id, .ac.id, serta .xyz.

Lalu bagaimana memilih paket yang sesuai dengan yang cocok dengan blogmu?
Caranya adalah:
Jenis blog/ website yang kamu kelola itu apa. Apakah personal blog biasa, personal blog dengan adsense, website komunitas, toko online, website perusahaan atau portal berita. Jika sudah menentukan blog/ website yang akan kamu bangun, kemudian pilihlah paket sesuai kebutuhan. Jika berniat membuat blog personal dengan adsense maka bisa memilih paket pelajar, tapi jika websitenya untuk perusahaan atau brand maka harus memilih paket bisnis dengan prioritas layanan support dan proteksi spam.

Nah sekarang sudah paham kan bagaimana cara mempercepat loading blog dan bagamana memilih paket hosting sesuai kebutuhan.
Semoga postingan ini bermanfaat ya!

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel