Daftar Drama Korea Bertema Sageuk Time Travel


Dari sekian banyak drama Korea, jujur saya tuh paling seneng sama drakor berlatar belakang historis kerajaan yang disisipi kisah time slip. Teman-teman tahu kan maksudnya time slip. Itu loh yang cerita tentang perjalanan waktu tokohnya. Bisa jadi dari masa lalu ke masa modern atau sebaliknya dari era sekarang tiba-tiba terlempar ke masa lalu.

Anyway, siapa tahu ada teman-teman yang lagi cari referensi drakor bertema time slip yang rekomended, ini dia daftarnya ya:

1. Dr. Jin (2012, 22 episode)
Kisahnya tentang Dr. Jin Hyuk yang diperankan Song Seung Hun, seorang dokter bedah tampan nan bertangan dingin. Nah saking berhasilnya setiap operasi yang dia lakukan, Dr. Jin jadi haus kesempurnaan dan kurang peka dengan kemanusiaan.

Suatu saat dia mendapat pasien tumor otak yang anehnya tumor itu berbentuk fetus (bakal janin) yang berkekuatan gaib dan melemparnya ke zaman Joseon. Dari sinilah kemampuannya sebagai dokter diuji karena di masa itu alat kedokteran dan mindset masyarakatnya masih kurang terbuka.

2. Queen In Hyun's Man (2012, sepanjang 16 episode)

Seorang pejabat muda bernama Kim Boong Do bertugas di bagian penasehat khusus kerajaan. Raja kala itu sangat menyayanginya karena Kim Boong Do sangat cerdas dan pandai bertarung. Ia juga menjadi pelindung ratu In Hyun yang saat itu sedang diturunkan tahtanya dan diancam pembunuhan.

Suatu hari saat dalam misi melindungi ratu, Boong Do diberi jimat oleh gisaeng yang mencintainya. Ternyata jimat itu membuat Boong Do pindah ke abad 21 setiap kali nyawanya terancam. Kemudian di dunia modern ia bertemu dengan Choi Hee Jin, aktris yang sedang berperan menjadi Queen In Hyun.

Saking seringnya ketemu (karena emang jodohnya sih), Boong Do dan Hee Jin pun saling jatuh cinta. Tapi semua makin runyam saat Boong Do yang tahu masa depan jadi mengubah apa yang terjadi di masa lalu, imbasnya masa depan juga ikut berubah dong.

Di episode awal saya kepincut sama kecerdasan Boong Do yang cepat sekali belajar dan beradaptasi masa modern. Dan di episode-episode terakhir penonton bakalan dibuat gemes kenapa Boong Do tidak bisa ke masa depan meski urusan di zaman asalnya sudah selesai.

3. Splash Splash Love (2015, 2 episode)
Rekomended abis drama korea ini buat melepas stress karena sepanjang cerita selalu bikin ngakak melihat kekonyolan Jang Dan Bi dan si raja muda.

Ceritanya Jang Dan Bi adalah anak SMA malas dan bodoh terutama matematika. Saat akan ujian masuk perguruan tinggi (di sini SNMPTN lah ya), dia merasa galau.

Kemudian ketika merenung di sebuah taman bermain dia melihat ada genangan air. Seperti ada panggilan magis dari genangan air itu eh dia nyemplung. Ga disangka genangan air itu adalah portal ke zaman Joseon, tepatnya di masa pemerintahan Raja Lee Do.

Pada awalnya Jang Dan Bi berpura-pura jadi kasim untuk menyelematkan hidupnya. Eh tapi lama-lama malah Raja jatuh cinta sama dia dan Dan Bi juga sebenarnya jatuh cinta sama Raja. Momen-momen yang mereka habiskan bersama sangat menggelikan kecuali di momen saat Raja harus melepas Dan Bi kembali ke zaman ia berasal.

4. Scarlet Heart Ryeo (2016, 20 episode)
Susah move on dari drakor yang satu ini. Berlatar belakang dinasti Goryeo, seorang gadis bernama Hae Soo hidup di antara 7 pangeran tampan. Pada awalnya ia jatuh cinta pada pangeran Wang Wook, namun seiring waktu justru ia tak bisa lepas dari Wang So yang terkenal kejam dan keras hati. Di balik sikapnya yang tampak kejam, ternyata Wang So lebih berani membela Hae Soo dalam banyak kesempatan.

Nah, jiwa yang mendiami tubuh Hae Soo sebenarnya adalah Go Ha Jin, perempuan patah hati yang berasal dari abad ke 21. Di era-nya Wang So yang nantinya menjadi Raja Gwangjong akan dikenal sebagai raja pengeksekusi banyak orang termasuk saudara-saudaranya. Kemudian Hae Soo berupaya mengubah semua itu sebisa mungkin.

Drama sebanyak 20 episode ini bertabur bintang tapi menuai rating yang rendah di Korea Selatan. Meski begitu di negara lain Scarlet Heart aka Moon Lovers sangat sukses dan banyak yang mengharapkan sekuelnya, termasuk DuniaQtoy 😍.


5. Rooftop Prince (2012, 20 episode)
Drama korea time slip yang sedikit romantis dan banyak komedinya ini juga cukup oke untuk hiburan.

Ceritanya Pangeran Mahkota Lee Gak ujug-ujug pindah ke Korea modern saat mencari tahu tentang pembunuhan Puteri Mahkota. Ga sendirian dia, tapi bareng sama pengawal dan anak buahnya yang semuanya ngocol abis.

Putra mahkota berpikir dia bisa memecahkan misteri pembunuh istrinya kalau menikahi Hong Se Na, wanita yang dipercaya sebagai reinkarnasi Puteri Mahkota. Padahal di lain pihak ada wanita lain yang mencintai Lee Gak yaitu Park Ha, yang di masa lalu ternyata adik iparnya. Nah baik di masa lalu dan di masa sekarang ternyata ada hubungan saudara antara Se Na dan Park Ha dan semuanya bersangkutan sama misteri time slip si Pangeran Lee.

6. Joseon Survival (2019, 16 episode)
Bercerita tentang seorang Han Jung Rok, mantan atlet panah Korea yang mendadak pindah waktu ke zaman Joseon saat sedang bertugas sebagai mas-mas pengantar paket di daerah agak mblusuk Korea.

Di dalam mobil box merah yang ia kendarai, ada adik perempuannya, mantan pacarnya, tunangan mantannya, orang SPBU dan seorang polisi lokal.

Mereka semua berjuang tetap hidup di masa Joseon yang keras. Bertemu banyak kejadian yang  sudah tertulis di buku sejarah ternyata tidak mudah.

Jalan cerita Joseon Survival ini sebenarnya bagus walaupun di Korea sana masuk worst drama.

Bukan cuma itu nasib buruk Joseon Survival, saat di episode 10, pemeran utamanya tersangkut kasus kriminal sehingga harus berganti aktor. Dan akhirnya setelah episode 10 itu Joseon Survival ga ada subtitel bahasa Indonesia sama sekali. Nggantung deh saya nontonnya.

7. Faith (Great Doctor)
Nah kalau yang ini meski ratingnya di Korea bagus, saya sendiri justru kurang suka. Tapi bukan karena minus gaun-gaun indah seperti drama sageuk pada umumnya dan jarang ada skinship lho 😁. Cuma, in my personal opinion, akting Lee Min Ho di sini kurang mantap. Alur lambat dan pengambilan gambar yang kurang gimana dibanding drakor lainnya (maapkan aku ya PDnim) sungguh bikin boring di 13 episode pertama.

Inti kisahnya bercerita tentang dokter bedah plastik cantik abad 21 bernama Yoo Eun Soo diculik oleh Choe Yong, seorang Jenderal dari periode Goryeo. Alasannya karena Ratu Goryeo terkena sabetan pedang dan tabib kerajaan tidak bisa mengobati dan ia bilang kalau yang bisa mengobati hanya tabib langit.

Lewat sebuah portal yang orang Goryeo sebut gerbang langit itulah perjalanan Eun Soo dimulai di era Raja Gongmin. Kemampuan hebatnya sebagai dokter bedah membuatnya cepat dikenal seantero Goryeo bahkan hingga ke Yuan. Bukan cuma faktor tersebut, Eun Soo juga diperebutkan beberapa pihak karena dianggap bisa meramal masa depan.

Eun Soo pun berulang kali hampir kehilangan nyawanya.  Tapi dibalik segala cobaan dan ujian ((eleuh lebay)) akhirnya Eun Soo ga mau pulang. Yah gimana, terlanjur jatuh cinta dengan si Jenderal tampan sih. Duuh, kalau Lee Min Ho yang jadi jenderal ya siapa juga yang nolak. Haha.

*List ini akan terus diperbaharui berdasarkan pengalaman menonton dan penilaian subjektif duniaqtoy

4 Responses to "Daftar Drama Korea Bertema Sageuk Time Travel"

  1. Yang sudah kononton baru Rooftop prince. Menonton film korea memang sangat menghibur dan menyegarkan mata hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus rooftop prince, ada sedih dan ada lucunya juga

      Delete
  2. Kalau Mr. Sunshine 2018 termasuk saeguk ga ya kak ? , Itu salah satu kdrama favorit saya hihi. Dari cast sampai kisahnya bener-bener daebak

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nonton semua. Tapi aku juga suka latar belakang klasik. Apa lagi jika konfliknya cukup pelik dan unik

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel