Peluang Bisnis Menjanjikan yang Dapat Anda Jalani di Tahun 2018

Shutterstock/skyNext
Sekarang ini, perkembangan teknologi telah membantu kita dalam banyak hal. Mulai dari kegiatan sehari-hari, hingga keperluan dalam berbisnis. Sehingga meskipun tidak semuanya, jika menilik dari tren yang berkembang beberapa tahun belakangan, jenis bisnis berbasis teknologi internet masih diyakini akan semakin maju selama beberapa waktu ke depan.

Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat yang berubah. Makin ke sini, semakin banyak orang yang mengandalkan teknologi yang tersemat di dalam smartphone mereka. Teknologi-teknologi ini sebagian besar membutuhkan internet untuk dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, hidup mereka sudah bergantung pada internet.

Untuk itulah, sektor bisnis yang mengandalkan teknologi akan terus berkembang dan populer karena dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Untuk itu bagi Anda yang sedang mencari inspirasi bisnis baru, berikut ini beberapa contoh peluang bisnis yang belakangan ini cukup populer di tahun 2018.


1. Membangun bisnis online shop

Shutterstock/Georgejmclittle 
Tenang saja, Anda tidak perlu membuat website yang mahal untuk dapat berjualan secara online. Karena kini, sudah ada beberapa pemain di sektor e-commerce yang memungkinkan para pedagang berjualan secara online tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Mungkin Anda masih ingat ketika dulu banyak orang yang masih lagu jika harus belanja secara online. Mereka masih mengandalkan mal atau paling tidak tatap muka langsung.

Dulu, ketika e-commerce belum sebesar saat ini, Kaskus FJB dan OLX adalah dua platform yang diandalkan para pedagang untuk menjajakan produknya. Namun, keduanya minim pengawasan di mana sering terjadi penipuan ketika uang sudah ditransfer, barang tak kunjung dikirim. Sehingga ada sistem COD atau cash on delivery untuk penjual dan pembeli saling bertatap muka langsung.

Kemudian muncullah beberapa pemain baru seperti Tokopedia dan Bukalapak yang menawarkan sistem jual beli secara online dengan aman. Kehadiran mereka sedikit demi sedikit menumbuhkan rasa percaya masyarakat pada bisnis online hingga saat ini. Semakin bertumbuhnya jumlah masyarakat yang mulai berbelanja secara online ini lah yang jadi peluang besar bagi para UKM yang ingin menjual produknya. Keuntungan yang didapatkan pun bisa berkali-kali lipat dibanding ketika mereka berjualan hanya melalui toko fisik.

Para pelanggan juga diberi kemudahan dalam hal proses pembayaran. Beberapa e-commerce memiliki opsi pembayaran yang beragam untuk pelanggan. Misalnya, pelanggan bisa membayar pakai kartu kredit, baik cicilan atau pun tidak, transfer melalui ATM, internet dan mobile banking, hingga pembayaran melalui minimarket.

Lebih jauh lagi, jangan Anda pikir bahwa online shop hanya sebatas lewat situs-situs e-commerce yang sudah tadi disebutkan saja. Semisal Anda hendak berencana memiliki online shop sendiri, Anda bisa memasarkan sekaligus menjual produk Anda melalui media sosial. Instagram dan Facebook adalah dua contoh platform yang paling populer dalam mempromosikan bisnis.

Lewat keduanya, Anda bisa menjangkau audience yang lebih luas lewat fitur Ads. Harapannya, ketika ada yang melihat iklan dari produk Anda, dapat dikonversikan ke penjualan. Maksudnya, dari sekian banyak yang melihat, pada akhirnya ada yang memutuskan untuk melanjutkan experience tersebut hingga ke tahap pembelian produk Anda. 


2. Online service 

Shutterstock/Satori Studio
Adanya perusahaan yang bergerak di bidang jasa berbasis online memang telah membantu banyak orang menyelesaikan beragam masalah. Kesulitan akses transportasi? Sudah ada ojek online. Ingin memesan makanan? Tinggal pakai aplikasi, hidup Anda seakan dipermudah.

Sudah banyak kisah sukses para pebisnis yang bergerak di bidang teknologi ini. Bahkan, kesuksesan mereka sendiri memiliki dampak pada sesama pemilik bisnis lain yang memanfaatkan jasa mereka. Seperti contoh di atas, para pedagang yang memanfaatkan e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, merasakan peningkatan keuntungan yang berlipat ganda.

Untuk itu, salah satu kunci kesuksesan dari bisnis di bidang ini adalah pemberian layanan yang memuaskan pada konsumen. Khusus untuk bisnis dengan model B2B, fitur serta pelayanan yang diberikan pun harus lah memuaskan serta menjawab permasalahan para pebisnis lainnya.


3. Content creator 

Unsplash/Gianandrea Villa
Tidak hanya sebagai wadah informasi, internet juga merupakan lahan bagi sebagian orang untuk mencari pundi-pundi uang. Bahkan, seseorang dapat menghasilkan uang dari internet yang nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Itulah mengapa saat ini profesi sebagai content creator adalah lahan yang cukup menggiurkan. Kapan lagi Anda bisa menuangkan kreativitas sesuai dengan passion Anda sekaligus dibayar dengan jumlah yang besar.

Kemunculan para content creator ini berawal dari sebuah gagasan bahwa media konvensional seperti radio, televisi, hingga majalah kini tidaklah cukup. Sekarang, setiap individu dapat memutuskan konten seperti apakah yang ingin mereka konsumsi. Hingga saat dimana YouTube serta media sosial lahir dan banyak orang yang mulai mengunggah konten hasil karyanya di sana.

YouTuber, influencer, serta vlogger pun kini bisa dibilang sebagai sebuah profesi yang pendapatannya bahkan bisa jauh mengalahkan seorang karyawan yang bekerja lima hari dalam satu minggu. Lewat kreativitas, mereka dibayar berdasarkan seberapa banyak konten mereka ditonton ditambah dengan monetisasi iklan di YouTube. Belum lagi jika para content creator ini bekerja sama dengan brand tertentu sekaligus mempromosikan produk tertentu dari mereka. Satu kali post saja di Instagram, harganya bisa puluhan juta.

Modalnya awalnya pun cukup dengan smartphone, kamera, laptop, serta kemampuan mengedit konten, baik gambar maupun video. Lalu Anda sudah bisa membuat sebuah konten mengandalkan kreativitas yang dimiliki.

Itulah tadi beberapa jenis bisnis yang populer di tahun 2018 dan diprediksi masih akan bertahan untuk beberapa waktu kedepan. Sudah tahu ingin memulai bisnis apa? Jangan lupa juga untuk sering-sering membaca banyak referensi serta blog mengenai dunia bisnis karena tren bisnis bisa terus berubah seiring berjalannya waktu.

Selamat mencoba!

4 Responses to "Peluang Bisnis Menjanjikan yang Dapat Anda Jalani di Tahun 2018"

  1. Wah memang sekarang sudah zaman millenial ya , bahkan prospek pekerjaan kedepaan yang bagus , mayoritas yang erat kaitannya dengan teknologi...

    ReplyDelete
  2. Karena kecanggihan teknologi sekarang ini belanja makin mudah ya, Mbak. Tapi aku belum pernah belanja lewat Bukalapak dan Tokopedia. Huhuhu. Aku cuma pernah berdagang produk kosmetik secara online lewat media sosial Facebook dan Instagram.

    ReplyDelete
  3. hm... jastip jug alagi booming mas, walau modalnya lumayan

    ReplyDelete
  4. Internet menjadi gerbang utama dalam menjalankan bisnis. Banyak orang berlomba-lomba mencari receh melalui internet, salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan menulis di blog... Saya liat juga banyak bloger yang nyambi jualan online sekaligus youtuber, mumpung ada kesempatan, hajar terus yah

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel