Manfaat Blogwalking dan Rekomendasi 10 Blog yang Inspiratif Untuk Blogwalking


Namanya juga blogger, ya kudu sering jalan-jalan ke warung eh ke blog tetangga. Biar apaan tho kudu dolan ke blog orang lain? Kan ga mesti yang didolanin itu mau berkunjung balik ke blog kita? Ada yang berpikiran begitu?

Memang sih ga semua blogger paham manfaat blogwalking. Soalnya dulu saya juga termasuk anak klub no blog-blog walking, hahaha.

Selain soal males dan miskin kuota, mungkin banyak ya alesannya seorang blogger emoh blogwalking. Padahal kalo mau diterapin minimal sehari 1 blog atau dirapel seminggu 20 blog aja bakal terasa manfaatnya.

3 Manfaat Utama Blogwalking:
  • Menambah teman dan konektivits dari sesama profesi blogger.
  • Dapat inspirasi dan sudut pandang baru dalam menulis sesuatu.
  • Baik bagi SEO blog, misalnya dapat meningkatkan nilai Domain Authority, meski beberapa pakar SEO beranggapan tidak ada korelasinya tapi kalau dari pengalaman duniaqtoy hal ini masi berlaku.
Tentu ga asal juga blogwalkingnya ke sembarang blog, apalagi yang isi tulisannya mengandung hoax atau ujaran kebencian, spam dan konten terlarang lainnya. Intinya kunjungilah blog yang memang punya nilai positif dan konten positif supaya 3 manfaat di atas bisa tercapai.

Nah kali ini saya punya 10 Blog Rekomen Inspiratif untuk blogwalking yang dijamin jauh dari konten berbahaya.

1. Backpackology.me
Blog yang isinya tentang kisah traveling mba Olenka sekeluarga ini emang gokil penulisane *lha tho jadi ketularan nggo boso jowo. Sesuai nama blognya yang ada kata backpack alias tas ransel, katanya si, mba Olen, mas Puput dan kedua anaknya, Oliq dan Ola kalo kemana-mana jadi traveler kere tapi hepi.

Baca blog yang ini rasanya bikin gemes owk. Lha selain kisah-kisahe mba Olen yang sering ada kejadian ajaib, isinya juga marai ngiler karena Oliq dan Ola yang kecil-kecil udah kebak stempel di paspornya.

2. Panduanim
Tulisan-tulisan di panduanim berisi tentang seo marketing dan ilmu blogging yang sangat bergizi. Sudah jelas penulisnya pakar yang mumpuni dalam bidangnya. Semua tutorial disajikan komplit dan bahasanya sederhana banget. Meski panjang dan lamaaa *iklan choki-choki, artikel panduanim enak dibaca dan ga bikin mata lelah karena per baris hanya memuat 1 atau 2 kalimat saja.

3. Diskartes
Blog yang digawangi mas Andhika Diskartes yang gondrong ini beneran layak banget untuk dijadikan salah satu blog yang rajin dikunjungi. Materinya yang membahas dunia investasi mudah dipahami dan membantu generasi muda memilih investasi apa yang cocok dengan penghasilan mereka.

Dari sinilah saya belajar tentang reksadana hingga akhirnya berani menginvestasikan fee dari ngeblog ke reksadana.

Baca ceritanya di sini: Cara Daftar dan Beli Reksa Dana di Tokopedia

4. Georgia Lou Studios
Blog Mba Georgia berlatar belakang putih dan sangat tertata rapi. Maklum sih ya karena dia memang jago dalam hal membuat template baik untuk platform wordpress maupun blogspot.

Karena Georgia emang orang bule ya bahasa yang dia gunakan semua berbahasa Inggris. Blognya membahas soal blogging termasuk cara monetisasi dan meningkatkan lalu lintas pengunjung.

Di halaman freebies si pemilik blog ini ga pelit bagi-bagi gratisan seperti template maupun tools lainnya.

5. pursuingmydreams
Blog yang dikelola mba Nella ini isinya dominan soal berkebun. Tapi ada juga nyelip-nyelip dikit tentang kehidupannya di Jerman dan sesekali post si kecil Benjamin dan Lisa. Awalnya bisa nyasar ke pursuingmydream ya karena saya dulu suka berkebun dan merawat tanaman.

6. AnakJajan
Coba ketik food blog terkenal di Indonesia, pasti yang muncul AnakJajan,com ini. Ya ga heran juga, soalnya kontennya bener-bener konsisten membahas soal makanan dan makanan dari berbagai tempat yang mereka datangi. Ga cuma seputaran tempat di Indonesia aja, tapi juga di negara lain. Dah gitu foto-fotonya itu loh bikin kita baca blog AnakJajan.com makin ngiler dan gemes.

Salah satu post favorit saya adalah saat mereka menulis tentang beli snack di supermarket di Jepang.

7. Hidayah-Art
Hidayah-art.com dimiliki oleh mba Wati alias Hidayah Sulistyowati. Blogger perempuan dari Semarang yang kedua putranya udah bujang ini masih rajin mengisi blog walaupun sibuk loh. Dan yang bikin saya sering mampir adalah karena tulisannya rapi dan detil banget. Karena kami satu komunitas dan sering 1 event bareng, saya suka nunggu mba Wati publish post dulu biar bisa nyontek tulisannya. Haha, pengakuan dosa nih mba. Eits nyontek itu bukan copas loh ya. Tapi direwrite atau buat cek kalau ada info yang kelewat karena saya suka ilang konsen pas event.Wkwk.

8. LangitAmaravati
Blogger mana yang ga kenal Teh Langit yang langganan juara lomba blog? Pasti kamu kudetnya kebangetan kalau ga tau doi. Gaya penulisannya emang beda dibanding blogger lain. Dan karena mba Langit juga penulis dan tukang ngedesain grafis ya jangan heran blognya kece bingit. Kadang saya jalan-jalan buat lihat post terbaru teh Langit yang selalu inspiratif.

9. JuraganCipir
Blognya mba Indri Lidiawati ini udah bangkotan banget dan artikelnya termasuk komplit mbahas tentang dunia monetizing blog. Jadi jangan heran kalau cari apa-apa yang berhubungan dengan adsense mesti ada nama dia. Sama sih saya juga kadang bosen kok nyantolnya ke juragancipir mulu, haha. Lha mo gimana memang artikelnya mba Indri longlasting dan berfaedah.

10. Blog Milikmu
Beneran loh, blog milik teman-teman yang ada di jagat dunia maya juga siapa tahu sering saya kunjungi meski lupa namanya apa, hehe. Dan kalaupun belum suatu saat saya pasti mampir kesana, tapi mungkin ga selalu meninggalkan jejak.

Daftar blog rekomendasi di atas dibuat untuk saling menyebarkan blog yang berkonten luar biasa baik dan bermanfaat bagi siapapun di luar sana. Dan ga kan terbatas ini saja kok. Pun setiap orang bebas buat blog rekomendasi versinya masing-masing.

Jadi blog rekomendasimu yang mana?  

5 Responses to "Manfaat Blogwalking dan Rekomendasi 10 Blog yang Inspiratif Untuk Blogwalking"

  1. Hai Untari salam kenal, makasih ternyata blogku masuk daftar fav juga hehe :D .
    Iya bener katanya BW sdh ga ngaruh ke SEO atau rangking blog, tp klo tujuannya buat nambah temen bloger, dan senang klo postingan banyak komennya, ya tetap rajin Bw sih ;) . Panduanim saya juga baca, waktu mau daftar GA saya baca habis juragancipir :D . Btw untung kamu komen ke blogku jadi saya tahu deh, krn ga ada back link dari tulisanmu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nella, makasih uda mampir. Memang sengaja ga dkasi backlink mba biar pada gugling. Hehe

      Delete
  2. Hai Mbak... was thank jadi nambah ide buat blogwalking ke mana aja. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  3. Padahal manfaat blogwalking ada banyak, tapi kadang waktunya bikin saya cuma bisa BW ke blog orang yang komentar di blog saya aja, hihihi.

    Btw list blognya keren2, berhubung saya punya blog yang berhubungan sama blogging, saya taunya cuma PanduanIM sama blognya Georgia Lou. Inget dulu dua2nya jadi tempat pertama belajar ngeblog. Blognya mba Langit juga mantap, pernah liat gara2 ikutan lomba, ternyata keren2 semua tulisannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya