Nostalgia 5 Hal yang Bikin Anak Generasi 80'an Bahagia


Oldies but goldies, siapa pernah dengar istilah ini?

Semakin kita tua terkadang justru semakin rindu pada hal jadul alias kenangan lama, seperti kebiasaan waktu kecil, jajanan dan benda-benda yang biasa kita gunakan pada masa lalu. Tapi kalau kenangan bareng mantan hempaskan wae yah, hihihi.

Lalu setiap generasi pasti punya ciri khas tertentu, seperti anak yang lahir sekitar 2010an akan terbiasa dengan gawai dan internet. Tapi buat kita-kita yang ceprot di tahun 80'an kan belum ada meski sudah ada beberapa gadget yang ga semua orang bisa memilikinya.

Nah kali ini DuniaQtoy pengen nostalgia 5 hal yang bikin anak generasi 80'an bahagia nih.

1. Nonton kartun di hari minggu
Ketika mall belum sebanyak ini, anak 80'an bakalan semangat untuk bangun pagi dan mandi hanya demi menunggu acara anak-anak di hari minggu. Sebut saja Dragon Ball, Doraemon, Wedding Peach, Hamtaro, Power Ranger dan beberapa acara anak lainnya. Seakan oase di padang pasir, acara anak-anak yang dimulai dari jam 6 hingga pukul 10 pagi ini sangat menghibur, apalagi setelah Senin sampai Sabtu kami berkutat dengan pelajaran di sekolah.

2. Telepon Koin
Namanya juga telepon koin ya untuk mengoperasikannya butuh uang koin. Makanya kadang ada yang bawa uang receh banyak demi telpon-telponan lancar dengan si doi, ga perduli yang antri udah segambreng.

Trus, ada cara untuk mengakali telepon umum ini supaya ga perlu menghabiskan banyak receh, yaitu koinnya dilubangi dan diikat tali, jadi setelah koin dimasukkan ke lubang telepon bakalan bisa ditarik dan digunakan lagi. Hehe nakal banget ya.

3. Nintendo Lawas
Nintendo jadul yang lumayan berat dan memakan banyak tempat ini dulu idaman bocah-bocah tahun 80 dan 90'an. Bisa dimainkan dengan memasang kaset segede roti tawar yang isi permainannya ga begitu banyak tapi sangat menghibur dan adiktif.

Siapa coba yang ga ketagihan main Mario Bross atau Bomberman. Sayangnya karena mahal ga semua orang bisa beli konsol game yang satu ini. Tapi main sama tetangga udah cukup lah ya.

4. Gimbot Tetris
Nah buat sobat misqueen yang agak pas-pasan dan ga mampu beli Nintendo, ada gawai yang biasanya jadi pengganti hiburan di kala pulang sekolah. Namanya Gameboy/ Gamewatch atau populernya disebut Gimbot.

Gimbot punya bentuk yang lebih kecil, bisa digenggam dan lebih ringan serta dioperasikan dengan 2 buah baterai ukuran AA. Dari beberapa gimbot yang dijual di pasaran, hampir semua bocah pasti punya gimbot tetris yang cara mainnya hanya numpuk-numpuk balok hitam supaya ga kena bagian atas layar.

Selain gimbot tetris ada juga gimbot koboy, gimbot kungfu, gimbot Alice dan gimbot heli.

5. Tamagotchi
Masih ingat sama konsol permainan yang imut banget ini? Namanya Tamagotchi, diproduksi oleh perusahaan Jepang bernama Bandai dan pertama kali ngetren di tahun 96-97.

Demam Tamagotchi juga sampai ke Indonesia lho. Bahkan saya sempat punya satu biji berwarna hijau.

Konsep memainkan Tamagotchi sama persis seperti kita punya binatang peliharaan. Hewan virtual yang lahir di Tamagotchi harus teratur diberi makan, dimandikan, dibersihkan kandangnya, bahkan dibawa ke dokter jika sakit. Kalau kita lalai maka si Tamagotchi bisa mati.

5+1. mirC
Asl pls

Artinya age-sex-location-please. Itulah sapaan yang biasa digunakan pengguna mirC saat membuka percakapan di chatroom yang dulu disebut channel  Dan contoh cara menjawabnya 33/f/Smg yang berarti 33 tahun, perempuan, dari Semarang.

Mirc memang bukan produk lawas banget karena perlu diakses menggunakan internet. Tapi akses internet yang dulu tergolong mahal buat beberapa orang bikin warnet bertarif 5000 perjam laris manis tanjung kimpul.

Berbeda dengan layanan pesan seperti Whatsapp atau Line, di mirC para penggunanya justru bisa berkirim pesan kepada orang-orang yang tidak dikenal sama sekali. Bahkan ada yang dapat jodoh juga dari kebiasaan chat di mirC.

--
Well, Itulah 5 hal yang sekarang sudah tinggal kenangan tapi sangat berharga buat anak generasi 80'an. Buat yang lahir di 90'an ya kurang lebih masih sama kan ya? Atau ada yang beda nih? Yuk berbagi di kolom komentar.

2 Responses to "Nostalgia 5 Hal yang Bikin Anak Generasi 80'an Bahagia"

  1. Wakakakak ya Allah aku lho masih punya gembot itu mba, aku dan Hadi sengaja beli buat mengenang jaman dulu. Kalau dipikir emang konyol banget. Dan sailoormoon itu tontonan wajibku di hari minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi yang jaman sekarang kayae ringkih2 ya nyi

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya