5 Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online


Meminjam uang itu kalau ga kepepet lebih baik jangan deh. Seriusan jangan pernah anggap remeh tentang meminjam uang karena hutang adalah hutang, kepada siapapun kita pinjem, mau sama teman, keluarga ataupun ke pinjaman online baiknya dipikirkan matang-matang. Karena ketika kita sudah melangkah, ga akan bisa mundur lagi apalagi menghindar dari membayar hutang.

Bicara soal kebutuhan hidup memang makin kita dewasa, akan makin banyak tanggungan, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak. Namun untuk menghindari meminjam uang, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dan perhatikan, yaitu:

  • Gajian untuk ditabung atau investasi
Ketika gajian sudah tiba, jangan menunggu hingga akhir periode atau ada sisa baru ditabung. Segerakan ambil sebagian untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Terlebih jika kita punya target, misalnya ingin liburan atau membeli sebuah barang.

Supaya uang tabungan tidak diutak-atik milikilah tabungan berjangka yang hanya cair di waktu tertentu. Atau investasikan saja seperti ke logam mulia, reksadana dan sukuk.

  • Gaya hidup minimalis
Say goodbye pada kegiatan mingguan yang menguras isi dompet padahal tidak begitu berfaedah seperti nongkrong di cafe, membeli kopi segelas berharga ratusan ribu, berganti outfit atau gadget terbaru yang membuat kita jadi trendsetter di kantor.

Mulailah berhemat dengan cukup menyeduh kopi sachet di rumah, padu padan baju yang ada dan mengoptimalkan gawai yang kita punya. Dan saat akhir bulan kita akan terkejut berapa banyak uang yang bisa dihemat.

  • List aset yang ada
Entah itu hasil beli sendiri atau diberi oleh orang tua, pasti kita memiliki beberapa aset berharga seperti perhiasan, elektronik atau kendaraan. Catatlah aset-aset tersebut dan urutkan nilainya dari yang terkecil hingga terbesar.

Karena ketika kita membutuhkan dana yang mendadak dengan jumlah tertentu sementara tabungan yang dimiliki tidaklah cukup, maka kita memiliki opsi menjual atau menggadaikan aset tersebut.

Cerdas dan Bijak Pinjam Uang ‘Online’



Namun, ga dipungkiri, terkadang meski sudah menerapkan ketiga hal di atas, ada suatu keadaan terdesak yang membuat kita masih harus meminjam dana kepada pihak tertentu, misalnya ke pinjaman online.

Sekarang, peminjaman online cukup banyak beroperasi dan tren-nya masyarakat memang lebih memilih mendapatkan pinjaman di pinjaman online karena persyaratan yang diajukan peminjaman online tidak terlalu ribet dan pencairan dana pun relatif cepat.

Namun sebagai masyarakat yang melek teknologi, sudah seharunya juga melek informasi. Jangan hanya asal mengunduh aplikasi pinjaman online tanpa tahu status hukumnya, apakah resmi atau tidak.

Jika meminjam kepada pinjaman online adalah jalan terakhir, maka supaya aman saya punya 5 tips yang wajib diterapkan:

5 Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online



1. Pilih yang resmi dan terdaftar di OJK

Jangan asal download atau meminjam dari sembarang perusahaan peminjaman online. Cermati profil peminjam dan pilihlah yang resmi serta terdaftar di OJK. Untuk mengecek daftar peminjam langsung meluncur saja ke website OJK. Sampai dengan bulan Mei, sudah 113 perusahaan fintech yang terdaftar secara resmi. Teman-teman bisa melihatnya di https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Penyelenggara-Fintech-Terdaftar-di-OJK-per-15-Mei-2019.aspx

Alasannya karena perusahaan fintech yang resmi terdaftar di OJK akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30%, dan lainnya.

Nikmati rasa aman dan nyaman dapat uang tunai dari fintech pinjaman online terpercaya serta resmi terdaftar di OJK. Jika menemukan fintech pinjaman online yang melanggar, adukan ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

2. Pilih yang bunganya kompetitif

Jika sempat, setelah menemukan daftar pinjaman online yang masuk OJK, maka buatlah list bunga yang diterapkan oleh pinjaman online tersebut. Tidak semua peminjam memberikan bunga yang sama untuk periode peminjaman dan jumlah tertentu. Maka pilihlah yang paling kompetitif atau yang paling rendah bunganya.

3. Jangan lupakan tanggal jatuh tempo

Saat pinjaman sudah disetujui dan cair, langsung catat tanggal jatuh tempo di buku catatan yang kita miliki atau masukkan ke aplikasi pengingat di telepon pintar. Jadi ketika waktunya membayar kita ga akan terlupa.

4. Catat jumlah uang yang dipinjam

Cara berikutnya, catat jumlah dana yang dipinjam atau jumlah tagihan setiap bulannya yang harus dibayar. Bisa ditulis di buku catatan atau di sticky notes dan tempatkan di meja kerja, di kulkas rumah atau di tempat yang sering kita gunakan.

5. Bayar saat jatuh tempo, jangan sampai terlewat

Batas akhir pembayaran pinjaman adalah saat tanggal jatuh tempo. Misalnya tanggal jatuh tempo pada tanggal 1, maka jangan sampai dibayar di tanggal 2, karena meskipun terlewat 1 hari saja kita akan dikenakan denda.

Demikian Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online, semoga bermanfaat. Dan bagi teman-teman yang sedang mempertimbangkan membutuhkan dana dari pinjaman online untuk mencukupi beragam kebutuhan seperti untuk pendidikan, biaya pengobatan ataupun biaya menikah, teman-teman bisa ajukan pinjaman online di CekAja.com.

CekAja.com menyediakan kemudahan secara online agar kita bisa membandingkan dan mendapatkan pinjaman online yang memiliki bunga terendah dan juga proses tercepat.

Bank dan lembaga keuangan lainnya yang ditampilkan dalam CekAja.com juga diatur dan diawasi oleh OJK, Bank Indonesia serta Fintech Indonesia sehingga sangat terpercaya.

🙏🙏🙏

2 Responses to "5 Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online"

  1. saya masih aga sedikit ragu melakukan pinjaman online banyak sekali review, telat bayar karena melebihi jatuh tempo dikarenakan tidak bisa bayar. Karena aplikasi penyedia jasa selalu down saat melakukan transaksi pembayaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah yg down itu masuk ojk? memang harus pilih2 secara cermat

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya