Cara Mudah Setup SSL Sertifikat di WordPress



Pada beberapa tahun yang lalu Google secara resmi telah mengumumkan bahwa salah satu faktor untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine mereka adalah dengan memasang SSL Sertifikat. SSL certificate atau sertifikat SSL adalah ditandai dengan awalan URL yang berubah dari HTTP menjadi HTTP(S) dan tanda gembok akan berubah menjadi warna hijau. Sebenarnya SSL certificate pada awalnya cuma di anjurkan untuk digunakan oleh para pemilik situs bank, eCommerce dan situs yang menganjurkan penggunanya untuk mengirimkan atau menggunakan data pribadi pengunjung atau customer.

Tapi karena Google menggunakan HTTPS sebagai faktor untuk peringkat di mesin pencari, maka sebagai blogger Anda juga di anjurkan untuk memasang SSL sertifikat pada blog atu website Anda agar mendapat peringkat yang lebih baik di search engine Google. Selain SSL sertifikat dapat meningkatkan peringkat website Anda di hasil mesin pencarian, ini juga dapat meningkatkan kemanan situs dimana data yang terkirim dan diterima akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga data terjamin keamanannya.

Tidak hanya itu saja, SSL sertifikat juga akan menjadikan situs Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya dibandingkan dengan situs yang belum menggunakan URL HTTPS yang cenderung dianggap sebagai situs palsu atau abal-abal. Dan di artikel ini kami akan memberikan anda beberapa cara mudah setup SSL sertifikat di wordpress agar website anda memiliki traffic yang ramai dan semakin berkembang. Namun sebelum menuju kesana akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang SSL sertifikat dan mengapa ia penting untuk menghasilkan ranking tinggi di Google.


Apa itu SSL Sertifikat?


Sertifikat SSL atau singkatan dari Secure Socket Layer merupakan suatu sistem keamanan standar global yang menggunakan enkripsi modern untuk menerima atau mengirim informasi penting di internet, SSL memungkinkan komunikasi anda terenkripsi antara browser dan server web sehingga anda akan terlindungi ketika mengunjungi website tertentu. Informasi seperti apa pun yang melalui jaringan ini dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lainnya. Dengan demikian, tidak ada gunanya seorang pengguna menyimpan informasi tersebut karena telah dienkripsi.

Saat ini cukup banyak pemilik website yang mulai memasang SSL murah di website mereka. Keamanan bagi pengunjung tentunya merupakan alasan utama bagi mereka memasang sertifikat SSL. Dari hasil tes Google, ranking website yang menggunakan sertifikat SSL memiliki hasil lebih baik yang artinya kebanyakan hasil dari pencarian cukup aman dan akurat. Maka dari itu, Google mulai mempromosikan dan mendorong banyak pemilik website untuk memasang SSL yang mana di IDwebhost.com tersedia SSL murah yang sangat cocok bagi anda pemula agar website anda menjadi aman bagi pengunjung serta ranking website anda di mesin pencarian bisa meningkat.

Bagaimana ranking website anda bisa meningkat dengan SSL murah? Jika keseluruhan atau mayoritas website di dunia menggunakan sertifikat SSL, maka bisa dipastikan keamanan para pengguna internet ketika berselancar di browser dan mengunjungi website secara umum dan keseluruhan juga akan meningkat. Dari sini, Google akan “menghadiahi” para pemilik website tersebut dengan hasil pencarian di search engine Google melalui ranking-ranking yang lebih bagus. Nah itu dia pengertian dari SSL sertifikat dan alasan kenapa sangat penting untuk meningkatkan hasil pencarian website anda di search engine. Berikut langsung saja adalah cara mudah setup SSL sertifikat di WordPress dengan menggunakan plugin really simple SSL yang anda harus ketahui!



Cara Setup SSL sertifikat di WordPress dengan Mudah

1. Beli dan Install sertifikat SSL

Cara pertama untuk setup SSL certificate di WordPress adalah dengan membeli SSL sertifikat dan menginstallnya terlebih dahulu. Anda memiliki banyak penyedia layanan sertifikat SSL yang bisa Anda temukan di internet, dan untuk mendapatkan SSL sertifikat dengan harga yang terjangkau Anda bisa coba menggunakan Commodo SSL certificate atau bisa menggunakan SSL certificate gratis dengan Let’s Encrypt.

Jika Anda menggunakan hosting untuk jenis Shared hosting maka akan sangat baik jika menggunakan Let’s Encrypt karena selain gratis juga SSL sertifikat ini di dukung dengan lebih luas oleh layanan hosting terbaik. Selanjutnya setelah sertifikat SSL Anda terinstal, Anda bisa memverifikasi bahwa itu telah aktif dengan membuka https://domainanda.com.

Jika hanya langkah pertama ini saja yang Anda lakukan maka ini masih belum sempurna dan Google memberi tahu Anda bahwa sertifikat SSL telah aktif, namun sambungannya tetap tidak 100% karena masih ada beberapa masalah yang harus Anda atur di dashboard WordPress Anda.

2. Cara setting SSL di WordPress Menggunakan Plugin Really Simple SSL

Setelah Anda menyelesaikan langkah pertama diatas, sekarang saatnya untuk mengatur konfigurasi di WordPress dengan Really Simple SSL agar URL HTTPS bisa bekerja dengan sempurna. Tapi sebelum kami jelaskan caranya, sebaiknya Anda mengenal plugin Really Simple SSL dan apa saja fitur yang digunakan oleh plugin ini. Really Simple SSL adalah plugin yang bisa memperbarui atau mengganti URL dari HTTP ke HTTPS dengan cepat hanya lewar satu klik. Karena perlu Anda ketahui bahwa setelah SSL sertifikat Anda install di webhosting Anda dan berhasil maka Google akan memberikan peringatan bahwa “koneksi bersifat pribadi”. Namun, karena website WordPress Anda masih ada gambar atau media lain yang disisipkan menggunakan URL http:// biasa dan bukan URL https:// baru yang Anda harapkan, maka ini harus di rubah agar semua menjadi URL https://.


Sekarang mari kita lanjutkan bagaimana cara menggunakan plugin Really Simple SSL untuk versi gratisnya. Untuk memulai, silahkan mulai menginstall dan mengaktifkan plugin SSL Really Simple. Setelah itu klik “Go ahead, activate SSL” lalu sehabis mengeklik tombolnya, Anda akan otomatis logout dari dashboard admin WordPress dan coba untuk login kembali. Jangan khawatir karena ini hal yang wajar dan terjadi dikarenakan perubahan URL WordPress Anda dari HTTP menjadi HTTPS. Tinggal anda masuk lagi dengan username atau password Anda seperti biasa.

3. Verifikasi Kesuksesan HTTPS di front End

Cara Mudah yang terakhir untuk Setup SSL Sertifikat di WordPress adalah memastikan atau verifikasi apakah HTTPS benar sudah terpasang di website anda atau belum. Bagaimana caranya?

Pertama, coba akses URL situs Anda dengan URL tanpa https:// yaitu dengan mengetikkan URL Anda seperti http://domainkamu.com, dan Anda akan secara otomatis akan diarahkan ke URL Anda yang baru dengan URL https://domainkamu.com. Kemudian, pastikan Anda melihat gambar “gembok hijau” pada sebelah HTTPS di semua halaman situs Anda.

Nah itu dia tadi merupakan cara mudah untuk Setup SSL Sertifikat di WordPress dan merubah website anda menjadi awalan HTTPS! Namun ini hanya lah sebuah permulaan, karena ke depannya Anda masih harus perlu mengurus beberapa masalah lain jika menggunakan Google Analytics, CDN, dan maupun Google Search Console.

0 Response to "Cara Mudah Setup SSL Sertifikat di WordPress"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya