Cara Membuat Aransemen Lagu Smule

Selama ini saya cuma jadi konsumen Smule alias tukang nyanyi aja. Ya ga masalah sih wong lagu-lagu yang saya suka emang udah banyak aransemennya. Tinggal buka Smule dan mulai nyanyi sendiri atau join punya orang dan jadi deh.

Nah masalah dimulai ketika saya harus karaoke sebuah jingle yang baru launcing. Demi kemudahan (baca: kemalasan) daripada nyetel musik di dua hape, akhirnya saya harus belajar cara memasukkan musik baru ke Smule.

Ada 2 cara membuat aransemen lagu smule,
1. pakai HP
2. pakai desktop

    Tapi mau pakai apapun yang penting siapkan ini dulu:
  • Lagu versi karaoke format lagunya bisa mp3 atau m4a. 
  • Bisa cari di Google. Jangan lupa   dan simpan ke gadgetmu. Buatlah folder sendiri supaya mudah dicari saat proses pengunggahan ke Smule.

  • Gambar atau foto untuk cover lagu. 
  • Yang ini juga silahkan ubek-ubek di Google yang cocok menurut kamu. Masukkan ke folder dengan file musik yang akan di upload.

  • Lirik lagu atau teks lagu. 
  • Ga usah susah-susah tinggal copas aja dari Google. Kecuali kamu emang mau ribet dan ketik liriknya satu persatu.
    Nantinya sebelum atau setelah lirik bisa ditambahin penanda kalau aransemen itu kita yang buat. Misalnya: aransemen by @duniaqtoy

Cara Membuat Aransemen Lagu Smule

Baiklah langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, silahkan disimak dan dibaca dengan teliti:
1. Buka browser, lalu cari website smule atau ketik alamat www.smule.com.

2. Setelah itu login ke smule dengan akun milikmu.

Jika akses melalui hape maka setelah login segera ubah tampilan browser chrome ke tampilan desktop.Caranya buka pengaturan atau tekan titik 3 di pojok kanan atas di browser chrome lalu centang pilihan "ubah situs desktop" . Setelah browser menjadi tampilan dekstop klik tanda panah keatas. posisi tombol panah keatas ini berada di samping gambar kecil profil kita. di menu navigasi website smule pada bagian atas.

3. Akan ada 2 pilihan "freestyle" dan "songbook" pilih saja "songbook"

4. Pilih "select file" cari file lagu karaoke yang sudah disimpan tadi, lalu pilih file tersebut. Proses ini otomatis akan mengupload file tersebut.

5. Lihat status bar berwarna hijau akan berjalan, jika bar berwarna hijau sudah sampai ke ujung sebelah kanan, artinya Upload sudah selesai.

6. Selanjutnya isi judul lagu dan penyanyi di kolom masing-masing. Jika sudah tekan tombol next atau berikutnya di sebelah kanan atas.

7. Pada halaman selanjutnya isi tag/ kata kunci, di kolom yang di sediakan.
Letaknya di atas tulisan lyric. Tujuannya bila pengguna smule mengetik kata kunci tersebut di pencarian lagu, lagu yang kamu masukkan akan muncul di pencarian pada smule pengguna tersebut.

Tulis taq sebanyak mungkin agar lagumu berpeluang besar ditemukan dan gunakan kata kunci yang diperkirakan banyak dipakai orang. Pisahkan dengan koma untuk setiap tag.
Contoh; pop, popindo, tophits,

8. Setelah itu tekan tombol "choose image" untuk meng-upload gambar sebagai cover.

9. Cari gambar yang sudah di simpan tadi, lalu pilih bila sudah tekan done. Setelah itu centang kotak "terms and service" selanjutnya ketuk next / berikutnya.

10. Selanjutnya masukkan lirik lagu. Jangan lupa dicek dulu ya sapa tau ada yang salah.

11. Lalu kan muncul susunan baris tombol berbentuk kotak-kotak.Tombol kotak-kotak tersebut terdiri dari 2 kolom mendatar, sedangkan jumlah kolom ke bawah menyesuaikan jumlah baris ke bawah lirik lagu yang di pastekan tadi.
    Tombol ini fungsinya untuk menentukan pembagian baris lirik yang dinyanyikan antara penyanyi 1 dan penyanyi 2. Kolom kiri adalah bagian baris yang dinyanyikan penyanyi 1 dan kolom 2 adalah bagian baris yang dinyanyikan penyanyi 2.

    Jadi gini, fungsi kolom tersebut adalah:
    Jika sebuah baris lirik lagu tersebut dijatahkan untuk dinyanyikan oleh penyanyi 1,maka kita ketuk kolom yang sebelah kiri, dan ambil kolom yang sejajar dengan baris lirik tersebut. 

    Dan sebaliknya jika baris lirik tersebut dijatah kan untuk dinyanyikan oleh penyanyi 2, maka kita ketuk tombol pada kolom kanan.

    Dan jika baris lirik tersebut di jatah kan untuk kedua penyanyi atau untuk duet, maka ketuk tombol kanan dan kiri. 

    Ngerti ga gengs?

    Jangan takut salah kak, dan jangan takut mencoba pada langkah ini. Tenang aja walau lagu hasil aransemen sudah jadi, kita masih bisa mengedit lagi proses di langkah ini.

    Kalau sudah selesai proses bagian lirik ini, selanjutnya tekan tombol next.

12. Langkah terakhir adalah proses timing lirik lagu.
    Nah khusus langkah ini agak sedikit rumit dan butuh konsentrasi penuh. Jangan sampai timing lirik lagu terlambat atau mendahului musik.

    Berikut ini cara melakukan timing lirik:
    Pertama-tama klik tulisan intro, musik dari lagu yang di aransemen akan terputar otomatis.
    Seiring musik berputar kita ketuk setiap barisan teks dari lirik lagu, di sini kita harus benar-benar konsentrasi mendengarkan musik lagu tersebut. Gunakan earphone atau headset supaya lebih konsen.

    Kita harus tepat mengatur timing, agar lirik yang ditampilkan nantinya pada saat lagu hasil aransemen diputar, bisa benar-benar selaras dengan musik nya. Usahakan jangan ketinggalan atau jangan mendahului musik. Begitu seterusnya sampai lagu berakhir.

Terakhir, kalau sudah selesai kamu bisa preview/ pratinjau hasil timingnya. Cek lagi apakah ada bagian timing yang kurang tepat. Jika timing sudah benar-benar tepat, selanjutnya ketuk tombol "save" selesai.

    Proses selesai. Dan lagu hasil aransemen ini akan otomatis terupload dan tersimpan di songbook smule.

0 Response to "Cara Membuat Aransemen Lagu Smule"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel