Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dinasti Joseon dan Drama Korea Sageuk


Sejak pertama kali nonton Dae Jang Geum berpuluh tahun lalu, semenjak itu pula saya jatuh cinta dengan drama Korea sageuk.

Bukan pada aktornya yang ganteng-ganteng itu sih, meski oppa-oppa berwajah mulus itu emang vitamin mata #eh, tapi yang menarik dari drama saeguk adalah kisahnya.

Drama Korea bergenre Sageuk merupakan tontonan yang diangkat dari kisah berlatar belakang sejarah Korea, entah itu kisahnya asli atau fiktif tapi biasanya ada tokoh yang memang benar-benar tercatat dalam buku sejarah Korea.

Senangnya lagi, buat pecinta drama jenis ini, Korea punya banyak daftar drama Sageuk yang bagus-bagus, ya dari akting para aktornya, alur ceritanya yang menegangkan dan tentunya kostum-kostumnya yang sangat indah dipandang.

1. Jang Ok Jung, Living by Love
Serial Jang Ok Jung diadaptasi berdasarkan kisah Jang Ok Jung/ Jang Hui Bin, selir Raja Sukjong yang sangat mashyur dalam sejarah Joseon. Jang Ok Jung awalnya hanya gadis biasa yang kemudian dicintai Raja Sukjong dan menjadi selirnya bahkan naik tingkat ke tahta Permaisuri. Namun nasib Jang Ok Jung pada akhirnya justru harus dihukum mati dengan menenggak racun. Rumornya ia dipergoki Sukjong sedang mengutuk Ratu Inhyeon di ruangannya.

Kisah Selir Jang ini sebenarnya ada banyak versi, namun buat saya versi Kim Tae Hee yang paling apik. 


2. The Princess Man
Drama Princess Man adalah sebuah cerita sejarah romantis di era Raja Sejo. Moon Chae Won berperan sebagai tokoh utama wanita yang juga putri Raja Sejo dan mencintai Kim Sung Yoo yang diperankan Park Shi Hoo. Sayangnya ayah Sung Yoo adalah musuh ayah Se Ryung. Pertikaian di antara kedua orang tua itulah yang membuat anak-anaknya tidak dapat bersama bahkan Sung Yoo sempat membenci Se Ryung. Penyebabnya adalah ayah Se Ryung yang menjadi Raja Sejo membantai seluruh keluarganya. Tapi, ending dari drama sageuk ini cukup memuaskan, meski Kim Sung Yoo akhirnya buta, namun akhirnya ia bisa bersatu dengan Se Ryung.

Nah, Raja Sejo di drama Princess Man pernah memerintah Joseon pada 1455-146. Meski cerita romantis dalam drama hanyalah fiksi, namun kekejaman Raja Sejo yang banyak menumpahkan darah ketika ia naik tahta merupakan fakta.

3. Queen for Seven Days
Berkisah tentang Ratu Dangyeong sang permaisuri Raja Jungjong yang hanya mampu bertahta selama 7 hari. Penggulingan tersebut sebenarnya bukan kehendak Raja Jungjong karena ia sangat mencintai sang ratu. Namun karena ayah Ratu Dangyeong dicap sebagai pengkhianat maka dalam hukum Joseon, seluruh keluarganya meski tidak terlibat akan dihukum.

Queen for seven days yang menceritakan Ratu Dangyeong yang malang ini benar-benar terjadi dalam sejarah Korea. Setelah penurunan tahtanya, Ratu Dangyeong hidup di pengasingan hingga akhir hayatnya. 

Ratu Dangyeong dalam serial ini diperankan oleh si cantik Park Min-young dan Raja Jungjong diperankan Yeon Woo-jin.

4. Fugitive of Joseon (Mandate of Heaven)
Serial yang satu ini menempatkan Lee Dong Wook sebagai aktor utama untuk memerankan Choi Won yaitu seorang dokter yang melayani di Kerajaan.

Choi Won dituduh membunuh salah satu dokter kerajaan bernama Min Do Saeng dan hampir sebagian besar episode digunakan untuk membuktikan ketidakbersalahan si Choi Won.

Tentu saja sebenarnya Choi Won bukan pembunuhnya karena ia hanya dijebak oleh Perdana Menteri Kim Chi Young yang mempunyai rencana besar membunuh Putra Mahkota Lee Hoo agar tidak naik tahta.

Dalam sejarah aslinya, Putra Mahkota Lee Hoo adalah anak Raja Jungjong. Kelak ia akan memerintah Joseon sebagai Raja Injong.

5. Dae Jang Geum
Serial Jang Geum sangat sukses pada masanya, bahkan hingga sekarang masih sering ditonton banyak orang. Menceritakan tentang tabib atau dokter perempuan pertama dalam sejarah Joseon (meski masih menjadi polemik tentang keaslian ceritanya dalam sejarah aslinya).

Jang Geum merupakan dayang masak di istana yang mengalami banyak lika-liku kehidupan. Berkali-kali ia dijebak oleh komplotan klan Choi hingga diasingkan ke pulau Jeju. Namun akhirnya ia bisa kembali ke istana sebagai tabib untuk raja.

Nah, di serial Dae Jang Geum ada dua kisah raja yang dominan yaitu Raja Yeonsan-Gun, dan Raja Jungjong. Kemudian Ratu yang sangat dominan adalah Ratu Munjeong.

Ratu Munjeong merupakan ibu dari Pangeran Yi Hwan yang kemudian naik tahta sebagai Raja Myeongjong.

Post a Comment for "Dinasti Joseon dan Drama Korea Sageuk"