Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Mencegah Infeksi pada Luka

Inilah Cara Mencegah Infeksi pada Luka.

Luka sekecil apapun apabila tidak ditangani dengan benar, luka akan semakin parah bahkan dapat mengakibatkan infeksi. Selain mengkonsumsi obat untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda harus merawat luka dengan tepat, agar luka terhindar dari infeksi. Ada beragam cara untuk mencegah agar luka tidak infeksi.

Langkah-langkah Mencegah Infeksi pada Luka

  1. Hindari menyentuh luka secara langsung dengan tangan. Apabila ingin menyentuh luka pastikan cuci tangan Anda sampai bersih atau menggunakan sarung tangan medis. Hal ini bertujuan agar bakteri jahat atau kuman-kuman yang ada di tangan tidak beralih pada luka.
  2. Jangan Biarkan kuku tangan atau kuku kaki Anda panjang, sebab kuku yang panjang merupakan tempat bersarangnya kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada luka. Potong kuku kaki dan kuku tangan Anda secara rutin agar kuman-kuman tidak bersarang lagi.
  3. Pastikan alat-alat yang Anda gunakan untuk merawat luka Anda steril. Cuci bersih peralatan Anda dengan alkohol agar kuman-kuman yang menempel hilang. Simpan alat-alat tersebut pada tempat yang kering. Baca artikel tentang mengatasi sakit kepala gue sehat untuk informasi kesehatan lainnya. 
  4. Bersihkan luka secara rutin menggunakan teknik septik dan antiseptik. Lakukan pembersihan luka dengan hati-hati dan perlahan-lahan. 
  5. Tutup luka dengan perban atau plester (tergantung besar dan kecilnya luka) setelah membersihkan dan mengobatinya agar luka tidak terkena debu dan terbebas dari kuman.
  6. Sering mengganti perban dan plester dengan yang baru. Gantilah perban atau plester sehari sekali agar luka tetap steril. 
  7. Pastikan luka tidak terkena air dalam jumlah banyak. Lindungi luka Anda saat mandi agar luka tidak terkena air dan basah. Sebab jika terkena air, luka akan kembali basah dan menjadi lembab. Hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi pada luka.
  8. Beritahukan kepada orang-orang terdekat Anda, agar selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir sebelum mengunjungi Anda. 
  9. Ikuti semua anjuran dari dokter dengan baik dan lakukan semua langkah-langkah di atas agar tidak terjadi infeksi pada luka. 

Post a Comment for "Inilah Cara Mencegah Infeksi pada Luka"