Tips Mempersiapkan Pendaftaran & Seleksi CPNS


Tahun 2019 ini kalau tidak salah sudah ke-3 kalinya saya mengikuti tes CPNS.

Pertama kalinya mengikuti seleksi masuk sebagai pegawai negeri, saya mengincar Kementrian Luar Negeri. Alasannya ya karena Kemenlu sesuai dengan jalur pendidikan yang sudah saya tempuh selama 5 tahun di Universitas yaitu Satra Perancis.

Saat itu, persyaratan untuk mengikuti cpns rumit dan terlalu banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Seperti harus mengurus SKCK dan kartu kuning.

Namun sejak beberapa tahun ini ini, setelah pemangkasan persyaratan, menurut saya ketentuan administratif yang melelahkan itu sudah cukup banyak direvisi.

Meski beda instansi yang dilamar akan berbeda pula dokumen persyaratannya, tapi ada dokumen-dokumen yang WAJIB dipersiapkan jika kamu ingin mengikuti seleksi CPNS.


Dokumen WAJIB SIAP tersebut adalah:

1. Kartu Tanda Penduduk/ atau E-KTP
2. Ijazah Asli
3. Transkrip Nilai
4. Pas Foto berlatar merah ukuran 3x4 cm atau 4x6 cm (disarankan pas foto terbaru ya)

Nah keempat dokumen tersebut persiapkan semuanya dalam bentuk digital atau sudah di-scan ya. Perhatikan bahwa semua file harus jelas dan dapat dibaca dengan baik. Kemudian yang asli tentu harus tetap disimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain dokumen wajib juga ada beberapa dokumen lain yang akan dibutuhkan, tapi itu tergantung instansi yang dilamar. Misalnya ada yang membutuhkan Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit, Surat Keterangan Akreditasi, dan surat lainnya.

Surat lamaran yang ditujukan ke instansi juga biasanya dibutuhkan, namun formatnya akan disediakan oleh instansi yang bersangkutan. Ada yang mengharuskan ditulis tangan, tapi ada pula yang tinggal mengubah bagian-bagian yang diperlukan, kemudian dicetak, tanda tangani di atas materai, dan di-scan lagi. Yah tinggal disesuaikan aja sesuai persyaratannya.

Jika dokumen sudah komplit sesuai persyaratan, di waktu yang sudah ditentukan unggahlah di akun yang telah dibuat di portal https://sscn.bkn.go.id.

Supaya tidak ada kesalahan saat upload, usahakan unggah di saat situasi tenang dan koneksi internet sedang baik. Jangan nyambi (multitasking) untuk menghindari kesalahan unggah dokumen.

Terakhir sebelum klik RESUME, cek sekali lagi semua dokumen yang sudah diunggah. Jika sudah benar silahkan klik resume.

Dan setelah persyaratan administratif selesai dimasukkan ke portal SSCN BKD, teman-teman tinggal menunggu pengumuman lolos verifikasi administrasi.

0 Response to "Tips Mempersiapkan Pendaftaran & Seleksi CPNS"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel