Tips Atasi Kantuk Saat Mengemudi

Ada kalanya kita harus berkendara jauh, dan parahnya jika sampai malam tiba kita tidak bisa istirahat karena dikejar waktu. Padahal berkendara di malam hari sangat rawan mengantuk meski di siang hari juga bisa begitu.

Manusia mengantuk sebagai sinyal bahwa mata harus terpejam sejenak dan tubuh perlu istirahat. Tapi bagaimana kalau kita harus tetap berkendara karena ada target waktu yang harus dicapai? Berikut

tips mengatasi kantuk saat mengemudi

1. Mengkonsumsi kopi atau minuman mengandung kafein dengan dosis secukupnya

Kopi memang terbukti menghilangkan kantuk. Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistem metabolisme dan sistem saraf pusat tubuh Anda sehingga Anda pun merasa lebih bertenaga, tidak mengantuk, dan meningkatkan konsentrasi.

2. Mengobrol dengan penumpang/ teman di mobil

Jika berkendara bersama orang lain, ajaklah teman anda mengobrol di perjalanan. Bahas tentang hal yang lucu atau topik yang lagi hits supaya mata tetap melek.

3. Mendengarkan musik dengan tempo cepat

Menyetel musik yang bertempo cepat, semangat dan riang bisa sedikit membantu mood sehingga kantuk bisa berkurang.

4. Matikan ac atau buka jendela sesaat

Ac yang disetel saat berkendara membuat suasana nyaman dan bisa jadi pemicu kantuk. Dengan mematikan ac dan membuka sedikit jendela mobil maka hawa di dalam kendaraan akan terasa panas sehingga konsentrasi bisa kembali.

5. Lakukan peregangan

Menepilah sebentar di area yang aman dan lakukan peregangan atau senam kecil.


Jika kelima cara di atas sudah dilakukan tapi kantuk tetap terasa, mungkin memang badan anda sangat lelah dan harus menutup mata sejenak untuk beristirahat. Lebih baik segera berhernti berkendara dan tidur sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

0 Response to "Tips Atasi Kantuk Saat Mengemudi"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel