Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menikmati Aktivitas Di Rumah Saja Selama Pandemi Coronavirus


Sudah berapa lama kita dianjurkan di rumah saja? 2 minggu, 3 minggu atau malahan sudah lebih dari sebulan? Iyap ternyata sudah lebih dari sebulan. Padahal dulu awalnya kita diminta mengurangi kegiatan di luar rumah hanya untuk 14 hari. Tapi karena pandemi coronavirus justru makin parah penyebarannya, mau ga mau status stay at home masih terus diberlakukan.

Lagi Sebar Duit lewat DANA Kaget nih! Cuma buat kamu yang paling gesit, sikat sekarang https://link.dana.id/kaget?c=skpvd4dnk&r=bxsDlc

Bete, bosen, pengen jalan-jalan mulai menggeliat dalam diri. Apalagi buat tipe yang hobi ngelayap *hayo cung. Tapi ya mau kemana sih dalam kondisi seperti ini. Lha wong mall ditutup, tempat nongkrong dilarang, tempat wisata juga semua tidak boleh buka. Alhasil kita memang diharuskan terus bersabar.

Bertahan ya teman, ini semua memang tidak mudah. Nah supaya di rumah saja selama pandemi coronavirus tetap menyenangkan saya punya tipsnya.

Cara Menikmati Aktivitas Di Rumah Saja Selama Pandemi Coronavirus

1. Jangan terus-menerus memeriksa berita terbaru mengenai virus corona (COVID-19).
Supaya tidak timbul kecemasan berlebih, ada baiknya tidak terlalu sering mengecek berita terbaru mengenai virus corona di portal berita atau di media sosial. Bisa overdosis berita lho nanti, yang efek negatinya justru dapat menurunkan daya tahan tubuh karena kita terlalu cemas.

Gimana kalau kita gunakan gawai pintar yang kita miliki untuk mencari hal bermanfaat seperti konten-konten kreatif yang bisa ditiru. Misalnya konten DIY, konten memasak atau konten religius selama bulan ramadhan ini.


2. Berolah raga, makan sehat, dan tidurlah 6 hingga 8 jam sehari jika memungkinkan.
Rebahan memang asyik kawan. Tapi selama di rumah saja pasti potensi penambahan tumpukan lemak makin menggelora, ya kan?! Makanya walaupun sebentar sempatkanlah berolahraga. Boleh lah yoga, gowes sepeda statis atau zumba dengan arahan video di Youtube. Olahraga terbukti mampu meningkatkan mood dan imunitas tubuh lho.

Jangan lupa pula asupan makanan sehat tetap dijaga dengan porsi seimbang dan juga waktu tidur minimal 6 jam sehari.

3. Tetapkan tujuan dan rencanakan rutinitas harian. Rencanakan kapan harus bangun, apa yang akan dimakan, dan kapan akan tidur.
Buat yang terbiasa bekerja pasti terbiasa juga sibuk maka supaya tetap waras di masa WFH bisa menyibukkan diri dengan membuat rencana sedari bangun tidur hingga akan tidur lagi. Misalnya bangun jam 5 pagi, mandi, ibadah, lalu bersih-bersih rumah, memasak, membaca buku, tidur siang dan seterusnya hingga malam menjelang semua direncanakan dengan baik.

Atau bisa juga dengan membuat target-target sederhana seperti dalam sehari harus menyelesaikan satu novel, membuat satu rajutan atau mempelajari sebuah bahasa baru.


4. Telepon teman-teman dan keluarga untuk mendengar suara yang tak asing. Lakukan panggilan video untuk merasa dekat saat Anda tidak bersama.
Karena harus jaga jarak dan tidak boleh berkerumun dengan konco-konco termasuk juga tidak boleh mudik untuk bertemu keluarga 😭, ini waktunya memanfaatkan teknologi untuk menghubungi mereka melalui telepon atau video call. Dengan melakukan panggilan suara atau video, meski mereka jauh di mata jadi tetap terasa dekat di hati bukan?

5. Temukan cara untuk bersantai dan melakukan aktivitas sehat yang Anda nikmati. Semua orang bisa merasa stres dan cemas.
Bila keempat cara tadi masih kurang ampuh untuk menikmati aktivitas di rumah saja selama masa pandemi corona ini, maka yang paling paham cara ampuhnya hanya dirimu sendiri. Coba ingat-ingat lagi hal apa yang membuatmu bahagia dan rileks. Biasanya sih tidak jauh-jauh dari hobi atau kegemaran.

Pantau Kesehatan dengan Aplikasi Kesehatan HaloDoc


Sudah merasa nyaman beraktivitas di rumah saja setelah menerapkan 5 tips di atas? Alhamdulillah ya teman. Tapi di rumah saja jangan lupa tetap aware mengenai kesehatan kita dan seluruh anggota keluarga.

Kalau ada kekhawatiran pergi ke fasilitas kesehatan, kita bisa memantau dan mengecek kesehatan secara mandiri dengan bantuan aplikasi Halodoc.

Halodoc adalah aplikasi yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Di aplikasi Halodoc tersedia beberapa fitur yaitu
  • TANYA DOKTER
  • BELI OBAT
  • RUMAH SAKIT, dan
  • CARI DOKTER
Dari 4 fitur Halodoc yang ada, saya pernah menggunakan kemudahan membeli obat secara online bahkan sebelum pandemi corona bermula. Menurut saya caranya mudah dan sangat memuaskan. Area jangkauan layanan Apotik Antar Halodoc pun tersedia di banyak kota yaitu:
Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Bandar lampung, Sukabumi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Balikpapan, Pontianak.
layanan antar obat online dari Halodoc
Kemudian jika teman-teman ada yang merasa kurang sehat atau ingin tahu mengenai gejala awal virus corona misalnya mencurigai kondisi diri sendiri atau orang-orang terdekat, yuk unduh saja aplikasi Halodoc tersebut dari playstore.

Ada skrining awal deteksi Covid-19 yaitu berupa tes online menjawab beberapa pertanyaan mengenai gejala dan risiko tertular. Teman-teman hanya perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur kemudian mendapatkan hasil skrining awal risiko Covid-19.

Bila tes penyaringan online tersebut hasilnya mengkhawatirkan maka bisa dilanjut bertanya langsung pada dokter melalui fitur Chat atau Voice dan Video Call yang disediakan. Atau misalnya hasilnya baik dan teman-teman ingin berkonsultasi dengan dokter pun tetap bisa tanpa perlu keluar rumah atau harus ke rumah sakit. Sangat membantu meminimalisir paparan virus corona bukan?

Jadi teman, yuk kita nikmati aktivitas di rumah saja selama masa pandemi Covid-19 ini dan segera unduh aplikasi Halodoc untuk memudahkan memantau kesehatan keluarga.
tap sehat dan bahagia ya!

2 comments for "Cara Menikmati Aktivitas Di Rumah Saja Selama Pandemi Coronavirus"

  1. lakuin aktifitas bareng keluarga tercinta dirumah kayak masak or nyicil bikin kue lebaran ya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyicilkue lebaran sekalian nyicil habisinnya hehe

      Delete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!