Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Video Youtube di Blog Langsung Putar Otomatis


Sekarang era video lebih berjaya daripada tulisan. Makanya ga heran kalau banyak orang menggeluti dunia youtube dan beralih menjadi youtuber. Tapi bagi blogger seperti saya, memproduksi video youtube bukan hanya menambah penghasilan tapi juga untuk mendukung postingan. Makanya terkadang saya masukkan video dari channel youtube saya di akhir postingan.

Namun, video yang dimasukkan ke dalam draft artikel biasanya tidak akan berputar secara otomatis. Bila ingin berputar secara otomatis seperti yang sering teman-teman lihat di portal berita, maka harus memasukkan sedikit tambahan kode.

Makanya dalam postingan kali ini saya mau berbagi trik yaitu cara pasang video youtube di blog yang langsung putar secara otomatis.

“How do we make a YouTube video autoplay into our Blog?”.

Caranya:

Pertama teman-teman harus mengambil kode embed dulu di youtube.

1. Bukalah video youtube yang ingin dipasang di blog. Video boleh anda diputar atau dimatikan. Video juga bisa dari channel milik sendiri atau punya orang lain. Terserah teman-teman ya/

2. Perhatikan gambar di bawah, klik Bagikan atau Share, kemudian klik Sematkan atau Embed.

3. Setelah muncul kode seperti gambar di bawah ini copy dan paste-kan di draft postingan (jangan lupa ubah dulu draft ke mode html ya).

4. Lalu tambahkan kode: ?rel=0&autoplay=1 

Jadinya akan seperti dibawah ini;

<iframe width=”560” height=”315” src=”//www.youtube.com/embed/5fQfxlTiOhw?rel=0&amp;autoplay=1” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Catatan: 560 dan 315 adalah tinggi dan lebar video. Bisa disesuaikan dengan lebar halaman posting teman-teman.

Bagaimana cara memasangnya di blog?

I. Lalu jika ingin memasang kode embed video di sidebar

- Buka Layout/Tata Letak, lalu pilih Gadget HTML, kemudian paste-kan kode embed yang sudah ditambahkan kode tadi di situ, klik simpan. Selanjutnya seret gadget tersebut ke tempat yang teman-teman kehendaki di blog.

II. Jika ingin memasang di halaman postingan

- Buka halaman entry baru atau entry yang sudah ada, lalu klik HTML di sudut kiri atas. Kemudian pastekan kode embed ke bagian yang dikehendaki. Misalnya di bagian atas postingan, tengah, atau bawah. Selanjutnya klik publish (atau update).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Pasang Video Youtube di Blog Langsung Putar Otomatis"