Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan Makanan Dengan Harga Selangit

 1. White Alba Truffles


adalah jamur yang paling mahal dan langka karena sulit untuk dibudidayakan. Jamur ini tumbuh liar di hutan dan untuk mencarinya harus menggunakan anjing yang terlatih.

Harganya di pasaran flutuaktif namun bisa mencapai 2000 dolar per pon (sekitar 453 gram).

Truflles putih dikenal di dunia gastronomi sebagai makanan mewah dan memiliki label Jamur Truffles dari Alba, sebuah kota di Italia. Namun sebenarnya jamur mahal ini berasal dari Istria, Kroasia.


2. Saffron


adalah rempah-rempah termahal di dunia. Harganya mencapai 5000 dolar per pon atau sekitar 70 juta rupiah.

Putik bunga saffron dijual dengan harga mahal karena harus melalui proses penanaman dan panen yang tergolong sulit. Bahkan untuk menghasilkan satu kilogram saffron, dibutuhkan sekitar 340.000 bunga saffron crocus. 

Khasiat saffron terkenal dapat melwan kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, meringankan gejala PMS dan masih banyak lagi.

3. Almas Caviar


dihargai 35000 dolar per kilogramnya, caviar ini berasal dari telur ikan sturgeon albino beluga langka yang usianya bisa mencapai 100 tahun. 

Ikan sturgeon beluga albino hidup di wilayah selatan Laut Kaspia. Perairan di sini tergolong bersih dan minim polusi. Hanya saja jumlah ikan sturgeon beluga albino memang sangat sedikit di laut.

Kelangkaan ini adalah hal wajar mengingat ikan albino merupakan kelainan genetik ikan yang hanya mempengaruhi sedikit spesies. Warna ikan sturgeon beluga albino adalah putih karena kekurangan melanin.

Karena kondisi albino ini pula, telur ikan atau caviar yang dihasilkan tidak berwarna abu-abu, cokelat, atau hitam. Almas caviar berwarna keemasan, seperti kuning mentega sesuai dengan warna ikan sturgeon beluga albino.


4. Jamur Yarsagumba


Harga jamur ini mencapai 18000 dolar per kilogram karena hanya bisa ditemukan di wilayah Himalaya.

Yarsagumba, dalam bahasa Tibet memiliki arti 'rumput musim panas, ulat musim dingin'. Tanaman unik ini terbentuk saat larva ngengat yang hidup dalam tanah, terinfeksi spora jamur parasit Ophiocordyceps sinensis.

Saat larva ngengat terinfeksi dan mati, tubuh ulat itu akan mengeras sementara di bagian kepalanya, tumbuh jamur berwarna coklat berbentuk pipih. Secara fisik, bentuk yarsagumba cukup unik, berupa batang cokelat kekuningan seukuran korek api yang mencuat dari dalam tanah.

Bukan hanya proses pembentukannya yang unik, yang membuat jamur ini mahal adalah karena lokasi tumbuhnya pun sangat sulit dijangkau. Yarsagumba hanya ditemukan di wilayah bertanah lembab di ketinggian 3000-5000 meter di atas permukaan laut. Jamur unik ini umumnya tumbuh sekitar bulan Mei dan Juni, di awal musim panas..

Yarsagumba dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat termasuk kanker. Namun khasiat jamur ini yang paling terkenal adalah sebagai obat kuat yang lebih tokcer daripada viagra.


5. Jamur Matasutake


Jamur ini adalah kuliner istimewa dalam budaya Jepang. Harganya bisa mencapai 1000 dolar per kilogram. Matsutake berasal dari Bahasa Jepang yang berarti Matsu (Pinus) dan Take  (Jamur), sehingga bisa disebut juga sebagai jamur Pinus.

Tinggi jamur Matsutake bisa mencapai 10-20 cm. Biasanya tumbuh saat menjelang musim gugur tiba hingga musim gugur berakhir. Uniknya jamur matsutake kebanyakan tumbuh di akar pohon pinus merah. 

Selain tidak dapat dibudidayakan, jamur yang tumbuh di akar pohon pinus merah ini memiliki  masa tumbuh yang relatif sebentar sehingga membuat harga jamur Matsutake ini begitu luar biasa mahalnya.


6. Ayam Cemani


Ayam yang berwarna hitam seluruh badan, bulu, jengger bahkan darah dan tulang serta dagingnya ini biasa ditemukan di Indonesia. Harganya cukup mahal untuk seekor ayam, yaitu 390 dolar per ekor.

Sebenarnya selain Indonesia, di negara lain seperti Amerika pun ada ayam cemani. Namun jumlahnya memang tidak banyak.

Ayam cemani sering dikaitkan dengan hal mistis dan keberuntungan. Selain itu ayam cemani juga dipercaya memiliki manfaat pengobatan.

Faktanya ayam cemani memang memiliki kadar protein yang tinggi namun kadar lemak dan kolesterolnya sangat rendah. Fakta lainnya, warna hitam pada ayam ini disebabkan fibromelanosis. Adanya fibromelanosis diakibatkan terjadinya mutasi genetik yang kemudian memicu melanin yang berlebihan.

Post a Comment for "Inilah Bahan Makanan Dengan Harga Selangit"