Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantang Menyerah dan Tetap Semangat dengan Jiwa Sumpah Pemuda

Bung Karno pernah berujar “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Betewe ada yang tahu ga tuh maksud dari ucapan beliau?

Jadi gini, kalimat yang sudah terkenal banget itu punya makna bahwa Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Dan dari pemuda berkualitas unggul tersebut lah kita bisa membawa nama besar Indonesia ke kancah dunia.

Kembali ke kehidupan nyata di zaman sekarang, kita sudah disuguhkan bukti lho dari perkataan Bung Karno tersebut. Yuk sama-sama kita ingat-ingat lagi.

1. Pasangan Owi-Butet

Siapa yang ingat momen ketika Olimpiade Brasil yang digelar pada tahun 2016. Saat itu Indonesia hampir tidak memiliki prestasi medali emas. Namun melalui nomor ganda campuran bulutangkis yang diwakili Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir akhirnya kita mendapatkan gelar juara yang dapat dibawa pulang.

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir tidak cuma berprestasi di ajang Olimpiade itu saja lho. Tapi keduanya juga banyak memenangi kejuaran bulutangkis tingkat dunia dan membuat Indonesia tetap disegani dalam lini bulutangkis.

Selain Owi dan Butet, masih ada olahragawan yang patut diacungi jempol seperti Lalu Muhammad Zohri (atlet lari) dan Aries Susanti Rahayu (atlet panjat tebing)

2.  Joe Taslim dan Iko Uwais

Dalam industri kreatif seperti perfilman, Indonesia juga menjadi pembicaraan banyak pihak. Siapa yang tidak kenal ketika nama Joe Taslim dan Iko Uwais disebut. Kita pun ikut bangga saat Joe Taslim membintangi franchise Fast & Furious atau saat Iko Uwais berperan sebagai Li Noor dalam film Mile 22 bersama Mark Wahlberg.

3. Joey Alexander

Sempat geger beberapa waktu lalu, ketika remaja berusia 16 tahun berhasil menembus Billboard 200 dan nominasi Grammy Award untuk kategori Best Jazz Solo Improvisation dan Best Instrumental Jazz Album untuk albumnya yang berjudul My Favorite Things. Dialah Joey Alexander (Josiah Alexander), seorang pianis jazz muda pertama asal Indonesia yang mengguncang dunia.

Nah itu cuma 3 contoh aja dari beberapa nama pemuda pemudi Indonesia yang unggul dan berprestasi di bidangnya masing-masing.

Menduplikasi Semangat Pantang Menyerah Sumpah Pemuda 

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. 

Kini ketika pemuda tidak lagi pusing tentang kemerdekaan, maka apa yang bisa kita lakukan untuk negara ini?

1. Terus Berkarya

Pemuda biasanya disematkan kepada persona yang memilliki usia produktif dan masih kuat untuk menelurkan karya-karya dalam hidupnya. Dari definisi tersebut sudah seharusnya para pemuda membuat karya baik itu yang bisa dimanfaatkan bagi dirinya sendiri, lingkungannya ataupun yang memiliki nilai ekonomis.

Tak pelak bila pandemi Corona seperti sekarang banyak membuat gonjang-ganjing berbagai pihak. Namun dari pengalaman dan pengamatan, orang-orang kreatif tidak pernah berhenti bertahan hidup. Ga heran justru ada beberapa orang yang malah makin mendulang pundi-pundi uang dari kegiatannya seperti menjadi podcaster atau youtuber. Itu lebih baik kan daripada hanya mengeluh saja.

2. Tidak Menyebar Hoax

Arus informasi yang sangat kencang dan minim filterisasi membuat siapa saja berperan penting menjaga ketentraman. Maka janganlah kita ikut terpancing apalagi ikut menyebarkan hoax. Hoax apapun itu termasuk hoax kesehatan ternyata juga bisa berbahaya bagi masyarakat.

3. Semangat Menularkan Hal Baik 

Pada dasarnya kita semua adalah influencer. Karena apapun yang kita lakukan entah sadar atau tidak sadar akan mempengaruhi orang lain. Jadi kenapa kita tidak menjadi influencer yang menularkan hal baik?


Dalam kondisi pandemi seperti sekarang misalnya kita bisa memberi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Semangat menyebarkan konsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga juga penting karena jadi salah satu faktor meningkatkan imunitas.


Yuk mari kita menjadi pribadi yang pantang menyerah dan tetap semangat dengan jiwa Sumpah Pemuda!


1 comment for "Pantang Menyerah dan Tetap Semangat dengan Jiwa Sumpah Pemuda "

  1. Kalau mau telusuri banyak banget anak muda Indonesia yang sudah memberikan nama harum Indonesia. Semoga semakin banyak lagi yang menginspirasi dan membanggakan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!