Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar dan Beli Saham di Ajaib

cara beli saham di Ajaib

Akhirnya saya memberanikan diri 'nyemplung' dalam dunia saham setelah sekian lama hanya penasaran saja. Jujur ketika akhirnya nekat bertransaksi membeli pun saya belum terlalu paham. Pokoknya prinsip saya belajar sambil jalan deh. Seperti saat dulu berani investasi di reksadana atau sukuk pun saya juga masih sangat minim informasi, tapi karena waton kelakon dan dalam mindset saya, kalau engga memaksa diri, mungkin saya ga paham-paham juga.

Nah, untuk mulai mengamati pergerakan saham dan membeli saham, saya pun menggunakan aplikasi Ajaib. Kalau ditanya kenapa saya pilih Ajaib daripada IPOT yang sepertinya lebih banyak penggunanya?

Jawabannya sebenarnya simpel dan bersifat teknikal, yaitu karena ketika mendaftar di IPOT saya terus mengalami gagal registrasi. Lalu saat beralih ke Ajaib kok alhamdulillah lancar jaya.

Sekarang, sebelum bicara transaksi saham, kita pahami dulu saham itu apa. 

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Bagi pelaku investasi, saham menjadi salah satu instrumen yang menarik. Apalagi mengingat bahwa pengembaliannya merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya, misalnya deposito, sukuk atau reksadana. 

Namun perlu diingat, potensi imbal balik yang besar tentunya disertai resiko loss yang besar juga.

Oke, bagi kamu yang juga tertarik investasi saham dan ingin membuka rekening dan membeli saham di Ajaib, ikuti tutorial di bawah ini ya!

1. Mendaftar di Ajaib

cara daftar Ajaib
Buka aplikasi Ajaib lalu klik Daftar

 

registrasi aplikasi Ajaib
Isi kolom yang tersedia

Sebagai langkah awal pendaftaran, kamu harus menyiapkan KTP. Unduh dan buka aplikasi Ajaib di perangkat genggam dan mulailah masukkan data-data yang diperlukan seperti no handphone aktif, email dan password.
Masukkan kode referral unta943 untuk mendapatkan bonus reksadana 10.000
Cara Daftar dan Beli Saham di Ajaib


Kemudian cek email untuk klik KONFIRMASI EMAIL

Sesudah konfirmasi email, kamu bisa langsung log in ke aplikasi Ajaib. Lalu pilih tombol ‘Buka Akun Saham’ yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Setelah itu akan muncul laman untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib, dan pilih ‘Saham’.

2. Waktunya mengisi formulir pendaftaran online

Untuk dapat membeli saham lewat aplikasi Ajaib, ada 6 halaman yang harus diisi pada formulir pendaftaran online. Setiap kolom yang tidak ada keterangan ‘opsional’ artinya wajib diisi. Jika belum terisi, tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Tujuan pengisian formulir ini adalah untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN).

Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum bisa bertransaksi saham. Semua data yang dimasukkan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Lebih lanjut, rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya kamu miliki.

Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDN ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Untuk top up RDN di Ajaib kamu dapat melakukan dengan metode bank transfer. 

3. Tunggu verifikasi

Setelah mengisi formulir dan mengirim dokumen yang diperlukan maka tinggal menunggu verifikasi yang memakan waktu lebih 1x24 jam atau bisa juga lebih lama.

Jika verifikasi sudah dikonfirmasi maka kamu bisa membeli saham yang tersedia di aplikasi Ajaib.

Cara Beli Saham di Ajaib

Transaksi saham artinya membeli atau menjual. Namun bila belum memiliki saham tentunya kita harus membeli terlebih dahulu.

1. Untuk dapat membeli saham, di Ajaib haruslah top up RDN terlebih dahulu. 

Perlu diketahui bahwa RDN di Ajaib menggunakan rekening BCA, sehingga agar tidak dikenakan biaya transfer antarbank, disarankan top up menggunakan Bank BCA. Atau bisa juga memanfaatkan aplikasi transfer bebas biaya seperti Flip, Dana atau OY! 

2. Kemudian untuk melihat semua saham emiten yang terdaftar, kamu bisa masuk ke laman ‘Cari’, lalu pilih ‘Lihat Semua’. Kamu juga bisa langsung ketik nama emiten atau kode sahamnya. Pilih salah satu saham yang ingin kamu beli, tekan dan geser ke kanan pada nama saham tersebut lalu pilih ‘beli’.

3. Kamu akan masuk ke halaman Order Book. Klik pada harga yang sesuai, dan masukkan jumlah lot saham yang ingin kamu beli. Pilih ‘Beli’ yang ada di sebelah kanan bawah halaman Order Book.

beli saham di Ajaib

4. Akan muncul halaman konfirmasi order, pilihlah 'Beli'.

transaksi saham di Ajaib

5. Lakukan cara di atas jika ingin membeli saham yang lainnya.

Itulah cara daftar dan cara beli saham di Ajaib. Mudah bukan?

Selamat berinvestasi saham!

14 comments for "Cara Daftar dan Beli Saham di Ajaib"

  1. Terima kasih sharingnya mba... 🙏Aku jdi tau gimana registrasi dan beli saham pake aplikasi ajaibnya😅🙏

    ReplyDelete
  2. salut nih ama langkah mantaf dan penuh perhitungan yang mbak Untari lakukan utk terjun ke dunia saham. Sukses selalu ya mba

    ReplyDelete
  3. Wah selamat mba, sudah berani main investasi ya.. aku nih yg masih maju-mundur syantiik..hehe.. Trmksh sharingnya mba..jadi ikutan belajar nih aku..

    ReplyDelete
  4. Wah pas banget, baru aja tetangga ku tanya aku pernah main saham nggak? Aku jawab pernah dulu tapi sekarang nggak pernah update. Ijin share ya mba artikel ini. Mksh

    ReplyDelete
  5. Ajaib jadi second plan ya setelah IPOT, hmm bisa dicoba berinvertasi saham menggunakan Ajaib.
    Nice info thank you :)

    ReplyDelete
  6. Sekarang makin mudah berinvestasi dengan aplikasi ajaib ini, ya. Semoga berkah selalu

    ReplyDelete
  7. Ternyata gampang yah daftar di aplikasi ajaib. Iklannya juga udah wira wiri di tipi yah. Cocok banget emang buat kaum milenial yang mau investasi saham.

    ReplyDelete
  8. Oh seperti ini toh cara berinvestasi di ajaib, stepnya mudah banget buat pemula kaya aku yang baru tau cara invest di saham

    ReplyDelete
  9. Berinvestasi skrang lebih mudah y ka daripada dlu skrang tinggal lwat smartphone aja smua bisa kita cek pergerakan saham naik turunnya tapi emang harus bsa baca pasar bngt supaya pas beli bsa dapat untung y ka

    ReplyDelete
  10. Sekarang semakin mudah ya cara untuk bertransaksi saham. Aplikasi Ajaib ini mungkin bisa membantu juga dari sisi keuangan pelaku saham pemula karena banyak sekuritas yang setoran awalnya lumayan besar.

    ReplyDelete
  11. Kak Un uda megang banget membahas masalah saham.
    Aku hanya mampu terpana... Karena gak pernah belajar mengenai ilmu investasi saham. Melalui aplikasi Ajaib, berinvestasi menjadi minim resiko yaa..

    ReplyDelete
  12. Menarik ini, pernah mau coba sih di AJAIB tapi lum jadi.. duitnya ntek! hahaha..

    ReplyDelete
  13. aku baru daftar aja blm ada jadi beli saham, masih mempelajari saham apa yang tepat. makasih untuk panduannya

    ReplyDelete