Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Liburan Seru Bersama Keluarga

tips liburan seru
Kami sekeluarga sangat amat hobi traveling dan staycation. Tujuannya tidak perlu jauh-jauh juga dari Semarang. Biasanya kami liburan ke kota masa kecil suami, yaitu Tegal, atau ke Jogja, Solo, dan Salatiga. Kadang malah hanya menghabiskan akhir pekan dengan memesan kamar hotel di kota Semarang dan seharian ngendon aja di kamar. Hahaha, semacam pindah tidur gitu.

Di saat keluar kota, kami sering mengalami beragam kondisi baik sebelum berangkat maupun saat perjalanan. Keadaan tersebut rupanya membuat saya lebih mengerti bagaimana supaya bisa traveling dengan baik, nyaman dan menyenangkan sampai ke tujuan, dan bahkan pulang lagi ke rumah kami dengan ceria. Kondisi pulang dengan hati bahagia seusai liburan merupakan tanda bahwa liburan tersebut seru dan sukses, ya setidaknya begitulah pendapat personal kami.

Jadi, kira-kira apa saja sih yang dibutuhkan supaya liburan dianggap seru dan sukses? Yak, inilah persiapan liburan ala duniaqtoy:

1. Selesaikan tugas masing-masing

tips liburan menyenangkan
Liburan seru haruslah bebas dari gangguan dan kekhawatiran. Maka dari itu bagi pekerja jangan lupa selesaikan dulu job list dan pastikan beres. Tentunya tidak nyaman jika sedang enak-enak liburan tapi bos menganggu karena pekerjaan ditinggal begitu saja.

Bagi ibu rumah tangga, tinggalkan rumah dalam kondisi bersih, pakaian sudah dicuci dan diambil dari jemurannya. Pun usahakan tidak ada makanan yang bisa basi di meja makan. Jangan lupa cabut peralatan listrik yang tidak digunakan, dan selang gas supaya rumah tetap aman dari kemungkinan kebocoran gas.

2. Jangan telantarkan peliharaan

Bagi yang memiliki hewan peliharaan pastikan ada orang yang bisa dititipi dan mengerti bagaimana merawat mereka meski pemiliknya sedang liburan. Jika tidak ada maka bisa dititipkan pada pet shop yang menerima penitipan hewan.

3. Siapkan budget

Budget untuk liburan harus sudah dipersiapkan jauh hari dan bukan dadakan dengan menggunakan dana kebutuhan tertentu apalagi nekat memakai dana darurat. Perhitungan budget pun harus cermat sesuai akomodasi, penginapan, kebutuhan makan sesuai jumlah orang yang ikut liburan dan yang paling 'bahaya' sediakan budget kebutuhan belanja di destinasi.

Misalnya bila bepergian dengan kendaraan pribadi, tentu harus menyediakan uang untuk bahan bakar termasuk juga uang parkir dan pak ogah. Sedangkan untuk yang bepergian dengan kendaraan umum seperti kereta dan bus, maka siapkan untuk membeli tiket. Jangan lupa juga mengecek jadwal keberangkatan pada tiket supaya tidak salah jadwal dan meminimalisir membuang uang untuk membeli tiket lagi.

Bagi yang terbiasa membeli oleh-oleh di tempat wisata, sediakan juga alokasi dana oleh-oleh. 

4. Pilih penginapan

tips liburan asyik

Supaya mendapat harga terbaik, saya terbiasa memesan penginapan jauh-jauh hari melalui aplikasi booking hotel online. Jangan ragu pula membandingkan harga pada aplikasi yang berbeda supaya bisa mendapat harga paling kompetitif. Namun sebelum memencet tombol booking pada hotel atau penginapan pilihan, saya terbiasa membaca review yang ada di aplikasi dan yang tersebar di internet.

Beragam ulasan dari orang lain yang pernah menginap adalah hal penting bagi kami terutama jika akan menginap di tempat yang belum pernah kami datangi. Hal ini juga sangat berguna untuk meminimalisir kekecewaan karena jika hanya mengandalkan foto-foto yang disediakan pihak hotel bisa sangat berbeda dengan kenyataan. Dan pelayanan sebuah penginapan pun belum tentu berbanding lurus dengan harga.

Bila pergi dengan anak-anak perhatikan juga aspek kebersihan di hotel dan upayakan ada ruang bermain atau kolam renang karena hal ini akan membantu seandainya si kecil kebosanan berada dalam kamar saja.

5. Perhatikan musim dan cuaca

tips liburan asyik dan seru
Siapkan pakaian cadangan!

Meski Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan tapi kenyataannya terkadang hujan bisa saja datang ketika cuaca tampak cerah, atau hawa terasa panas di saat musim hujan. Oleh karena itu sesuaikan pakaian dengan musim dan cadangkan 1-2 baju untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

6. Bawa obat-obatan

Bahkan flu saja bisa sangat menyiksa sepanjang perjalanan. Karena itu usahakan kondisi badan sedang fit ketika bepergian.

Namun jika tetap harus pergi jangan lupakan obat-obatan terutama obat sakit kepala seperti parasetamol, obat diare, obat keracunan makanan seperti norit, minyak kayu putih, obat merah atau tensoplast. Tempatkanlah di wadah khusus yang bisa dijangkau dengan mudah kapan saja.

7. Bawa alat dokumentasi

Dengan kemudahan teknologi, kita tidak memerlukan lagi kamera yang berat untuk mendokumentasikan setiap momen liburan. Tapi pada prinsipnya apapun alatnya jangan sampai lupa membawa alat pendukung seperti charger dan tongsis/ tripod (jika perlu).

8. Tata isi dompet dan isi pulsa/ kuota data

Nah ini dia yang terkadang dilupakan orang ketika liburan. Menata isi dompet adalah hal yang cukup penting bagi saya. Karena dalam perjalanan pasti akan memerlukan beragam nominal uang baik uang kertas dan juga uang koin.

Jadi membersihkan dan menata isi dompet dari serpihan struk yang berserakan adalah keharusan supaya mudah mencari dan mengambil uang ketika dibutuhkan.

Mengisi atau memastikan pulsa/ kuota data pada smartphone masih tersedia juga sangat penting. Tujuannya agar komunikasi dengan orang yang menjaga rumah, atau kerabat lain tetap lancar. Dan jika diperlukan dalam kondisi darurat supaya bisa menghubungi nomor-nomor penting misalnya polisi atau rumah sakit.
speedtest smartfren di Semarang
speedtest Smartfren di Simongan, Semarang

Setelah mengisi kuota data pastikan juga ada sinyal di kota tujuan. Seperti Smartfren yang asyik banget dibawa staycation di Semarang atau kemana saja. Smartfren pun sinyalnya kuat dan mumpuni baik untuk download maupun upload.

Di perjalanan, kecepatan internet Smartfren sangat bermanfaat untuk memandu kami saat menggunakan Google Maps. Setelah sampai di penginapan pun, saya memilih mengandalkan Smartfren karena sengaja tidak menyambung pada wifi umum demi alasan keamanan.

9. Berdoa sebelum berangkat

Dan yang terakhir, pastinya tips ini mutlak dilakukan sebelum bepergian. Yaitu berdoa sebelum berangkat semoga perjalanan lancar, tidak ada kendala dan terhindar dari mara bahaya dan hal-hal tidak diinginkan lainnya. 

Demikian daftar tips dari saya untuk menyiapkan liburan yang seru bersama keluarga. Jangan lupa juga jaga emosi selama perjalanan, perhatikan adat sekitar dan kemanapun kita pergi tetap waspada, berhati-hati, buang sampah di tempat sampah, dan jangan merusak lingkungan.

Post a Comment for "Tips Liburan Seru Bersama Keluarga"

Berlangganan via Email