Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teman Kreasi Cilacap Dukung dan Berdayakan UMKM Lokal

Teman Kreasi Cilacap
Teman Kreasi Cilacap


Sejak mengenal Didik Jatmiko atau akrab disapa Kak Didik, saya mendapat banyak insight tentang UMKM di berbagai daerah. Kebetulan Kak Didik adalah seorang pemilik usaha Keripik Usus Jumain yang berbasis di Bojonegoro. Namun tidak hanya itu, ia juga piawai di dunia digital marketing dan seorang konten kreator yang aktif. Maka tak salah bila Smartfren Community mendapuknya sebagai Leader Nasional per Agustus 2021.

Kak Didik Smarfren Community
Kak Didik Teman Kreasi Bojonegoro

Bicara tentang sosok inspiratif di Smartfren Community sebetulnya bukan hanya Kak Didik (Teman Kreasi Bojonegoro) saja. Namun juga ada leader-leader lain dan juga para pegiat Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Nah karena saya berasal dari Cilacap, maka saya ingin sedikit bercerita mengenai Teman Kreasi asal Cilacap.

Yakni Jajanan Mamake, yang pada awalannya hanya menjual produk-produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat. Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, manggleng, getuk putri, stik sukun, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, onde-onde dan masih banyak lagi.

Semenjak mengikuti program Teman Kreasi Smartfren, Jajan Mamake mampu mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online. Wah keren ya Teman Kreasi Smartfren.

Tidak berhenti hanya pada memberdayakan masyarakat sekitar untuk produksi, Teman Kreasi Cilacap juga membuka peluang reseller dan memberikan masyarakat umum fasilitas pelatihan guna meningkatkan hardskill dan softskill bagi pelaku UMKM di wilayah Cilacap. Misalnya, pelatihan digital marketing dan pelatihan pengemasan sambal awet tanpa bahan pengawet.


jajanan mamake Cilacap
salah satu produk Jajanan Mamake

Eh sedari tadi ngomongin Teman Kreasi terus tapi sebenarnya Teman Kreasi Indonesia itu program apaan sih? Fyi, Teman Kreasi adalah program dari Smartfren Community. Program ini memiliki misi memberikan Edukasi Literasi Digital ke Masyarakat dan Pengembangan sociopreneurship.

Nah karena Teman Kreasi Indonesia yang begitu bermanfaat dan membantu banyak UMKM di seluruh Indonesia itulah IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia mengganjar Smartfren dengan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia.

Hebatnya, bagi Smartfren penghargaan tersebut bukanlah yang pertama. Ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility. Penghargaan pertama yaitu Penghargaan Utama Kategori Sustainability diraih pada 2020 lalu atas pengembangan Smartfren Community.

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren
saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Keren bener deh Smartfren, bukan hanya mengejar profit dengan menjalankan bisnis semata, namun juga memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga program Teman Kreasi Indonesia dapat terus berjalan dan makin memberikan manfaat. Aamiin 💓 

Post a Comment for "Teman Kreasi Cilacap Dukung dan Berdayakan UMKM Lokal"