Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Blong di Tengah Jalan


Solusi Ketika Rem Blong di Tengah Jalan
Semua orang tentu sudah tahu, bahwa rem merupakan bagian terpenting pada kendaraan. Tanpa rem, Anda tentunya tidak bisa mengatur kecepatan kendaraan dan bahkan bisa membahayakan diri serta pengguna jalan lainnya. Karenanya wajib bagi Anda untuk mengecek kondisi rem sebelum perjalanan dan juga keseluruhan komponen rem saat sedang servis rutin.


Tapi kadang kala kita tidak bisa memprediksi kerusakan pada komponen mobil. Bisa jadi tiba-tiba Anda dihadapkan pada rem yang tiba-tiba hilang fungsinya alias rem blong. Situasi seperti ini tentu akan membuat Anda panik, terlebih jika Anda sedang berada di tengah perjalanan. Namun bukan berarti kondisi ini tidak bisa diatasi. Usahakan tetap tenang, fokus dan cari solusi adalah kunci mengatasi rem blong di tengah jalan. Berikut adalah beberapa langkah darurat yang bisa Anda lakukan ketika rem mobil mendadak blong.

  1. Pindahkan gigi ke posisi paling rendah

Saat rem blong mendadak, yang pertama bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah menurunkan gigi mobil secara bertahap. Contohnya jika Anda mengendarai mobil manual dan berada di posisi gigi 5, Anda bisa menurunkan ke satu per satu posisi terendah yaitu gigi 4,3,2, hingga ke 1. Lakukan ini sambil melepas gas agar kecepatan mobil juga ikut berkurang. Hindari langsung memindahkan ke gigi rendah agar gearbox tidak rusak. Jangan lupa juga untuk mengangkat rem tangan secara perlahan saat memindahkan gigi.

  1. Menepi ke bahu jalan atau jalur lambat

Jika kecepatan mobil perlahan bisa dikurangi, arahkan mobil Anda ke tepian dekat trotoar atau bahu jalan jika Anda berada di jalan tol. Pastikan keadaan tempat Anda menepi adalah tempat yang aman dan cukup terang jika kejadian ini terjadi di malam hari. Sebelum perlahan menepi, beri penanda yaitu lampu hazard agar pengguna jalan lainnya tahu Anda sedang dalam keadaan darurat.

  1. Cari tahu penyebab rem blong

Ketika Anda berhasil mengevakuasi mobil ke tempat yang aman, Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan seluruh komponen rem. Pertama-tama cek apakah ada bagian pedal rem yang terhalang benda asing sehingga jadi ngelos saat diinjak, atau bisa juga cek apakah ada masalah dengan sistem pengereman ABS dengan melihat indikator di panel dashboard.

  1. Hubungi Suzuki Emergency Roadside Assistance

Jika Anda belum menemukan penyebab rem blong dan rem masih belum berfungsi. Jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Carilah bantuan darurat dari Suzuki Emergency Roadside Assistance di nomor call center HALO SUZUKI di 0800 1100 800. Dapatkan bantuan berupa tutorial memperbaiki sendiri jika mengalami masalah pada mobil yang ringan, hingga teknisi yang datang ke lokasi Anda dengan mudah. Selain itu untuk terhindar dari kendala rem blong, pastikan juga Anda selalu rutin melakukan pengecekan rem di bengkel resmi Suzuki. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat untuk melakukan servis secara berkala!

Post a Comment for "Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Blong di Tengah Jalan"