Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Pengertian dan Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis!

Ketahui Pengertian dan Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis!
Umumnya, penggunaan email adalah untuk mengirimkan pesan. Selain itu, banyak juga yang menggunakan email sebagai cara mendapatkan uang dari internet. Email terdiri dari dua jenis, yakni email pribadi dan bisnis. Ada juga yang menggunakan Gmail sampai dengan email hosting. Lalu, apa perbedaan Gmail pribadi dan bisnis.

Salah satu perbedaannya yakni email pribadi bersifat gratis, sedangkan email bisnis umumnya berbayar. Bagi yang ingin memiliki email bisnis, kamu dapat menggunakan jasa penyedia email hosting. Nah, untuk mengetahui perbedaan lainnya, kamu bisa membaca artikel di bawah ini!

Apa itu Email?

Sebelum mengetahui perbedaan Gmail pribadi dan bisnis, ada baiknya untuk mengetahui definisi dari email itu sendiri. 

Email atau electronic mail (surat elektronik/surel) adalah media yang berguna untuk mengirim dan menerima pesan atau surat digital melalui komputer dan internet. Sedangkan Gmail adalah layanan email yang disediakan oleh Google.

Berbeda ketika mengirim pesan dengan metode konvensional, email memiliki durasi pengiriman yang cukup cepat, sehingga penggunanya bisa lebih menghemat waktu serta penerima tidak usah menunggu lama. Isi suratnya pun beragam, mulai dari teks, gambar, suara, bahkan video.

Fungsi Email

Sebelum membahas perbedaan Gmail pribadi dan bisnis, kamu juga harus mengetahui fungsinya. Fungsi dasar email adalah untuk mengirim dan menerima pesan elektronik. Pesan akan terkirim dengan instan hanya dalam hitungan detik. Hal ini bisa terjadi karena dalam proses pengirimannya, kamu hanya perlu menggunakan data internet.

Selain itu, email dapat mengirim file dengan format apapun. Namun, kamu hanya bisa mengirim file dan dokumen tersebut dengan ukuran tertentu. File yang dapat kamu kirimkan yakni berupa video, audio, gambar, PDF, RAR, dan lain-lain. Kamu bisa mengirimkan file-file lewat fitur lampiran (attachment) pada email.

Saat ini, penggunaan email telah menjadi kewajiban dan syarat untuk melakukan berbagai aktivitas di dunia virtual maupun digital. Layanan digital akan menuntut kamu untuk memasukan email sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Contohnya, email akan menjadi syarat pendaftaran layanan digital seperti saat sign up berbagai platform media sosial, layanan transaksi online, berpartisipasi di komunitas online, dan sebagainya. Sebab, di awal mendaftar berbagai layanan online tersebut, kamu wajib mendaftarkan diri menggunakan email sebagai identitas diri.

Fungsi lain email adalah untuk media pemasaran. Banyak pelaku usaha yang melakukan strategi pemasaran online lewat email untuk dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan mereka. Strategi ini disebut dengan email marketing dan masih digunakan sampai saat ini karena terbilang efektif dan relevan.

Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan yang dapat kamu temukan antara surel pribadi dan bisnis, antara lain:

1. Peran

Perbedaan email pribadi dan bisnis yang cukup mendasar terletak pada fungsi atau perannya. Email atau Gmail bisnis umumnya digunakan untuk branding atau sarana promosi suatu bisnis atau perusahaan. Nantinya, email bisnis akan memperlihatkan nama atau brand dari suatu perusahaan dengan jelas kepada para penerima email.

Sedangkan pada email pribadi fungsinya hanya untuk keperluan diri sendiri dan kurang efektif jika kamu gunakan sebagai media promosi. Email pribadi juga umumnya berguna sebagai media komunikasi. Misalnya, dengan teman, keluarga, dosen, dan sebagainya.

2. Nama Domain

Nama domain menjadi salah satu perbedaan email atau Gmail pribadi dan bisnis yang cukup mencolok. Bagi pengguna Gmail pribadi, kamu hanya akan diberikan nama seadanya yang berakhiran “@gmail.com”.

Bagi pelaku usaha, menggunakan nama email yang sesuai dengan domain berpengaruh terhadap branding bisnis. Apalagi, jika kamu menggunakannya untuk sebuah perusahaan, maka email bisnis kamu akan terkesan profesional daripada menggunakan email pribadi.

Pada email bisnis, kamu dapat melakukan personalisasi nama bisnis dengan domain yang kamu inginkan. Misalnya, tampilan email kamu tidak akan seperti “...@gmail.com” melainkan berubah menjadi “...@(nama usaha).com atau “Haruna@breadtop.com”.

3. Harga

Perbedaan Gmail pribadi dan bisnis yang terlihat jelas adalah dari harga layanannya. Jika kamu menggunakan layanan email pribadi, kamu tidak akan dikenakan biaya. Kamu dapat berkomunikasi dengan Gmail tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis.

Sedangkan penggunaan email bisnis memiliki harga yang harus kamu bayar. Hal ini karena pada email bisnis terdapat beberapa fitur seperti mutu layanan ataupun memori penyimpanan data yang tidak kamu dapatkan di Gmail pribadi.

4. Tingkat Kepercayaan Orang

Perbedaan email pribadi dan bisnis ini lebih kepada kegunaannya untuk bisnis. Memang, bisa saja kamu menggunakan email pribadi sebagai media dalam mengirimkan konten promosi bisnis. Namun, jangan harap calon konsumen percaya, bahkan sampai membuka email dari kamu.

Sebab, konten promosi yang kamu kirimkan menggunakan email pribadi akan dianggap sebagai spam. Hasilnya, tentu bisnis promosi kamu tidak berjalan lancar dan tidak mendapatkan kenaikan penjualan yang signifikan.

Berbeda jika kamu menggunakan email bisnis, yang mana memang digunakan untuk menunjang keperluan bisnis. Sebab, email bisnis dapat membuat perusahaan kamu terlihat lebih profesional. Ini membuat calon konsumen akan merasa lebih yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

5. Privasi

Privasi merupakan perbedaan Gmail pribadi dan bisnis berikutnya. Menggunakan email pribadi dengan harga yang gratis sama dengan menjual privasi kamu untuk mendapatkan layanan dari Google. Sebab, privasi kamu akan mereka jual untuk menghasilkan uang melalui iklan yang muncul.

Berbeda dengan email pribadi, jika kamu menggunakan email bisnis (berbayar), maka privasi kamu akan terjamin. Selain itu, kamu juga tidak akan mendapatkan spam atau iklan apapun.

Bahkan web browser yang kamu gunakan (selain Google Chrome) tidak akan mengetahui email kamu, sehingga mereka tidak dapat menggunakannya untuk keperluan iklan.

Sudah Tahu Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis?

Itulah perbedaan yang perlu kamu ketahui antara Google mail pribadi dan bisnis. Baik Gmail pribadi maupun bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Email pribadi menawarkan layanan tanpa biaya, sedangkan email bisnis memiliki fitur penunjang yang lebih lengkap. Oleh karena itu, pilihlah layanan email sesuai kebutuhan kamu.

 

Sumber:

https://tipsgaptek.com/perbedaan-akun-google-pribadi-dan-bisnis/#1_Email_Dengan_Nama_Domain

https://www.exabytes.co.id/blog/perbedaan-email-bisnis-dan-email-pribadi/

https://www.gemarakyat.id/mengenal-perbedaan-email-bisnis-dan-email-pribadi/#perbedaan-email-bisnis-dan-email-pribadi

https://idcloudhost.com/kamus-hosting/email/

https://www.temukanpengertian.com/2013/01/e-mail.html


Post a Comment for "Ketahui Pengertian dan Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis!"