Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Granit untuk Lantai Kamar Mandi

 

Granit merupakan salah satu pilihan tepat untuk lantai kamar mandi. Pasalnya, granit memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan punya banyak pilihan yang menarik. Agar lebih melekat dan kuat, Anda bisa menempelkannya menggunakan lem keramik dinding.

Granit merupakan batuan beku yang terbentuk ketika terkena paparan panas yang tinggi. Batu ini kemudian diolah hingga permukaannya menjadi halus dan berkilau. Tampilan granit yang elegan membuatnya banyak dipilih untuk jadi alas lantai, termasuk alas lantai kamar mandi.

Tips Memilih Granit untuk Lantai Kamar Mandi

Granit merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan lantai kamar mandi. Pasalnya, ubin ini memiliki sejumlah kelebihan seperti tahan air, mudah dibersihkan, punya daya tahan yang kuat, dan mudah diaplikasikan atau dipasang menggunakan lem keramik dinding atau lantai.

Dalam memilih granit untuk lantai kamar mandi, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini ada beberapa tips memiliki granit kamar mandi yang bisa diikuti:

     Pilih yang Berkualitas

Agar bisa mendapatkan lantai kamar mandi yang tahan lama, tentunya Anda harus memilih granit yang berkualitas. Anda bisa memilih granit sesuai grade yang dibutuhkan. Setidaknya, tersedia 3 grade granit yang bisa Anda pilih, yaitu grade 1, grade 2, dan grade 3.

Grade 1 merupakan granit paling tipis dan biasanya memiliki backing kayu lapis atau bahan pendukung lainnya untuk menahan beban berat. Granit ini memiliki pola yang lebih sederhana dan pilihan warna yang kurang bervariasi.

Grade 2 merupakan tipe granit yang lebih tebal dibanding grade 1. Tipe ini memiliki lebih banyak pilihan warna dan motif. Granit grade 3 merupakan tipe granit dengan kualitas terbaik. Tersedia banyak pilihan motif dan permukaannya lebih berkilau. Biasanya grade 3 memiliki harga yang lebih mahal dibanding grade 1 dan 2.

Selain memilih berdasarkan grade, Anda juga dapat mengetes kualitas dari granit tersebut. Caranya, Anda bisa menyemprotkan lemon pada permukaan granit. Bila lemon terserap, kemungkinan granit tersebut mudah mengalami keropos dan tidak dipoles dengan baik.

     Pilih Produk dengan Finishing Halus

Granit untuk lantai kamar mandi biasanya tersedia dalam beberapa pilihan permukaan. Mulai dari halus, kasar, hingga bergerigi. Sebagai saran, pilihlah granit dengan permukaan yang halus agar lebih mudah dibersihkan. Selain itu, permukaan granit yang halus juga akan terasa lebih nyaman ketika diinjak.

Namun, Anda harus sering membersihkan permukaan lantai jika menggunakan granit yang permukaannya halus. Bila tidak, lantai akan menjadi licin dan berisiko tergelincir bila diinjak. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menyikat dan menjaga lantai granit tetap bersih agar tidak licin saat diinjak.



     Pertimbangkan Warna dan Pola

Granit untuk kamar mandi tersedia dalam banyak pilihan warna dan pola. Anda bisa memilih model granit yang memiliki warna senada dengan desain kamar mandi yang diusung.

Anda juga bisa memilih warna yang tidak terlalu terang atau gelap sehingga kotoran lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu mencolok. Dengan begitu, kamar mandi akan tampak lebih elegan dan bersih.

     Pilih yang Tahan Lama dan Anti Gores

Dalam memilih granit untuk lantai kamar mandi, sebaiknya pilih yang daya tahannya kuat dan anti gores. Dengan begitu, granit bisa bertahan dalam waktu yang lebih panjang. Bila terjadi benturan dari benda keras di lantai, granit tidak akan mudah retak dan rusak.

Untuk mengetes ketahanan granit dari goresan, Anda bisa menggoreskan uang koin pada granit dengan lembut. Bila terdapat goresan pada permukaannya, kemungkinan granit tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

     Pastikan Ukurannya Sesuai

Pertimbangan lainnya yang harus dipikirkan yaitu ukuran dari granit yang akan dipasang. Pertimbangkan ukuran granit yang akan dibeli dengan ukuran kamar mandi.

Tersedia banyak pilihan ukuran granit untuk lantai kamar mandi. Anda bisa memilih ukuran yang cocok untuk luas lantai kamar mandi. Selain itu, pastikan pemasangan dilakukan oleh profesional dan menggunakan lem keramik dinding agar granit bisa terpasang dengan presisi dan rapi.

     Pertimbangkan Anggaran

Anggaran juga merupakan salah satu hal penting yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih granit untuk lantai kamar mandi. Terlebih harga granit cukup beragam, tergantung kualitas, warna, beserta asal produknya.

Usahakan untuk memilih granit yang paling sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai terlalu memaksakan diri untuk menggunakan granit grade 3, padahal anggaran yang dimiliki hanya cukup untuk grade 2.

Selain memperhatikan beberapa tips atas, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin ketika granit sudah terpasang. Hindari menggunakan produk berbahan kimia keras karena dapat membuat permukaan granit rusak. Termasuk juga lem keramik dinding palsu.

Ada banyak pilihan granit yang bisa ditemukan di pasaran. Agar bisa menemukan granit yang tepat, Anda bisa coba beberapa tips di atas. Mulai dari memilih yang paling berkualitas, hingga menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Untuk menjaga ketahanan granit setelah dipasang, tidak hanya dibutuhkan perawatan yang tepat. Namun, juga dibutuhkan lem untuk pasang keramik dinding yang berkualitas seperti SikaCeram - 180 GA TileFix dan SikaCeram - 200 TA TileFix.

Lem keramik dari Sika ini sangat cocok digunakan untuk granit dan dapat diaplikasikan pada dinding dan area basah yang tidak terendam. Selain itu, lem ini memiliki daya lekat yang sangat kuat dan sangat mudah digunakan, cukup menambahkan air.

Sika telah menangani banyak proyek global selama 113 tahun. Salah satu proyek di Indonesia yang ditangani oleh Sika yaitu MRT. Selain itu, Sika juga merupakan pelopor dari waterproofing semen pertama di Indonesia.

Selain menawarkan produk lem keramik dinding, Sika juga punya banyak produk lainnya untuk membantu menyempurnakan proyek Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa klik di sini!

Post a Comment for "Tips Memilih Granit untuk Lantai Kamar Mandi"