Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tradisi Bubur India di Masjid Pekojan Saat Ramadan


Indonesia adalah negeri yang kaya akan tradisi. Tak terkecuali di momen ramadan, ada tradisi yang berlangsung di tiap kota, termasuk juga Semarang sebagai kota yang saya tinggali selama lebih dari sepuluh tahun ini. 

Bila sebelum bulan puasa tiba, ada tradisi dugderan di Semarang, maka ketika sudah memasuki ramadan, beda lagi tradisi yang digelar. Salah satunya adalah pembagian gratis bubur India di Masjid Pekojan.

Bubur India cukup unik dan berbeda dari bubur biasa. Teksturnya lebih encer, baunya gurih semerbak lantaran mengandung rempah-rempah. Ada kayu manis, jahe, laos, serai, dan ditambah potongan sayuran seperti seledri dan wortel.

Tradisi bubur india gratis ketika berbuka ini sudah berlangsung lama dan merupakan warisan tradisi moyang yang berasal dari Suku Koja di Wilayah Gujarat, India. Bubur ini disajikan dengan buah-buahan, kurma, serta kudapan lain. Pendamping bubur biasanya sayur lodeh, gulai, kari, atau opor ayam.

Jika teman-teman sedang menyambangi Semarang di bulan ramadan, sempatkanlah mampir ke Masjid Pekojan di momen mendekati waktu berbuka. Di sana akan terlihat keramaian mereka yang menunggu makanan khas bubur India ini. Jika berkenan boleh saja ikut mencicipi citarasa bubur India untuk berbuka.

Post a Comment for "Tradisi Bubur India di Masjid Pekojan Saat Ramadan"