Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan


Menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan sangat penting apalagi kalau teman-teman muslim dan muslimah harus tetap beraktivitas. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan:

1. Pilih menu sahur yang sehat

Supaya dapat berpuasa hingga maghrib dan badan tetap fit yuk biasakan sahur terutama konsumsi makanan yang sehat. Hindari sahur dengan makanan siap saji saja seperti mi instan. Ngga melarang sih tapi ada baiknya lengkapi juga mi instan dengan sayuran dan protein seperti telur agar tubuh juga mendapat serat, vitamin dan mineral penting.


2. Jaga kualitas tidur

Supaya tidak kesiangan bangun sahur, pastikan untuk tidur yang cukup setiap malam. Hindari begadang yang dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan kinerja tubuh. Biasanya setelah shalat tarawih adalah waktu yang ideal untuk mulai beristirahat.


3. Olahraga Ringan

Tidak perlu ke gym! Cukup lakukan olahraga ringan di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga dapat membantu menjaga kebugaran fisik dan meningkatkan energi.


4. Berbuka secukupnya

Puasa terkadang membuat kita lapar mata ketika melihat makanan, padahal saat sudah berbuka kita mudah merasa kenyang hanya dengan secukupnya saja. Maka hindari berbuka dengan metode 'balas dendam'. Konsumsi menu berbuka secukupnya, beragam dan memenuhi gizi seimbang adalah cara yang tepat menjaga kesehatan selama ramadan bahkan setelah ramadan.


5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh memerlukan cairan setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari, maka aturlah supaya kebutuhan ini terpenuhi dalam rentang waktu setelah berbuka hingga sahur tiba. Dan supaya tidak mudah haus, hindari minuman berkarbonasi dan kurangi yang mengandung kafein.

Oke teman-teman, semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita semua dapat menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan dan tetap bugar serta energik untuk menjalani ibadah dan aktivitas sehari-hari.

Post a Comment for "Cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan"