Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jajanan Khas Ramadan di Semarang


Setiap daerah biasanya memiliki makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali saat Ramadan, Semarang juga memiliki jajanan khas yang hanya dijajakan ketika bulan puasa tiba.

1. Kue Coro Santan

Kue Coro Santan merupakan salah satu jajanan legendaris Semarang yang hanya muncul saat Ramadan. Entah kenapa dinamakan coro santan. Mungkin karena bentuknya yang bulat berwarna kecoklatan sehingga mirip seperti coro.

Coro santan terbuat dari tepung gandum, tepung beras, telur, gula dan ragi dengan tekstur serta rasa seperti kue pukis atau kue samir. Untuk menikmati kue ini lebih nikmat jika diberi kuah santan kental yang cara makannya dicocolkan ke santan sehingga akan tercipta perpaduan rasa manis dan gurih.


2. Ketan Biru

Pada umumnya orang mengenal nasi ketan yang berwarna putih tapi pada momen bulan puasa jika teman-teman mengunjungi Pasar Kauman Semarang akan menemukan nasi ketan berwarna biru.

Eh kok bisa berwarna biru? Jadi ketan yang aslinya memang berwarna putih menjadi biru setelah diberi pewarna dari bunga telang. Kemudian, dalam penyajiannya di atas ketan biru diberikan pelengkap, yakni unti atau enten-enten yang terbuat dari kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

Menurut sejarah, ketan biru adalah kuliner yang lahir dari warga peranakan Tionghoa.


3. Petis Bumbon

Satu lagi kuliner khas Ramadan di Semarang yaitu Petis Bumbon. Konon, makanan yang masuk dalam kelompok menu sambal goreng ini sangat legendaris dan langka. Sebab, tidak semua warga Kota Semarang tahu dan bisa memasak Petis Bumbon. Tapi kalau teman-teman penasaran bagaimana rasanya bisa menemukannya di Pasar Kuliner Ramadan Kauman.

Petis Bumbon berbahan dasar telur bebek yang dimasak dengan irisan cabai merah dengan beragam bumbu, rempah. Kemudian terdapat penambahan petis ikan dari sari kaldu ikan banyar dan inilah yang membuat Petis Bumbon bercitarasa lezat dan khas.


Itulah 3 jajanan khas saat ramadan. Apakah teman-teman pernah mencicipinya? Kalau belum sempatkanlah mampir ke aloon-aloon Semarang atau Pasar Kauman ya bila datang ke Semarang di bulan ramadan.

Post a Comment for "Jajanan Khas Ramadan di Semarang"