Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takjil Ramadan Favoritku


Ketika bulan puasa tiba, banyak penjual takjil dadakan di pinggir-pinggir jalan. Mulai dari penjual es hingga beragam makanan ringan dengan harga yang terjangkau. Secara pribadi, banyaknya penjual dadakan ini sangat membantu karena memudahkan daripada harus masak sendiri, hehehe.

Nah, ngobrolin soal takjil jadi pengen sedikit menyenggol arti takjil jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Takjil artinya adalah mempercepat (buka puasa). Namun harap maklum jika di Indonesia terjadi sedikit pergeseran makna takjil yaitu mengacu pada makanan/ minuman yang disantap sebelum berlanjut ke menu utama ketika berbuka puasa.

Eniwei, ada buanyaaak sekali makanan yang bisa dijadikan takjil berbuka apalagi Indonesia adalah surganya cemilan dan jajanan. Tapi dari begitu banyak takjil, ada beberapa yang menjadi takjil favoritku setiap bulan puasa tiba.

1. Sop Buah

Yang membuat saya suka dengan sop buah sebagai takjil adalah perpaduan buah-buahan segar dalam satu porsinya. Selain itu warna pink pada sop buah selalu menarik dan menyegarkan mata. Rasanya yang manis segar juga pas banget untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

2. Es Kuwud

Semenjak pertama kali mencicipi es kuwud, saya langsung jatuh cinta. Walaupun isinya tidak beragam seperti sup buah, es kuwud yang cenderung asam segar ini juga cocok sebagai takjil sebelum lanjut ke makanan berat.

3. Kolak Pisang

Makin beragamnya menu takjil justru bikin saya menganggap kolak pisang sebagai harta karun di momen perburuan takjil. Apalagi kolak yang hanya pisang saja tanpa campuran ubi dan kolang kaling agak sulit dicari. Makanya kalau nemu kolak pisang yang sesuai kriteria seperti itu bakalan langsung saya beli.

Ya itulah takjil ramadan yang dari tahun ke tahun selalu menjadi favorit bagi saya. Apakah ada yang samaan dengan saya takjil favoritnya?

Post a Comment for "Takjil Ramadan Favoritku"