Yang perlu dipersiapkan calon pengantin?

Pesta pernikahan meski cuma 1 hari tapi sangat dipersiapkan para calon pengantin dengan baik dan bahkan dipersiapkan berbulan-bulan sebelumnya. Terkadang ada ritual adat yang dilakukan calon mempelai sebelum hari H, apa saja dan apa manfaatnya, mari kita bahas satu persatu.
image source wedding-bash.com

1. Puasa
Dalam ritual ini sebetulnya tidak ada pantangan khusus atau larangan memakan makanan tertentu. Meski diusahakan hindari makanan asam dan pedas agar tidak mengalami sakit perut ketika acara berlangsung. Puasa sebelum pernikahan sering dijadikan calon pengantin untuk menjaga berat badan tetap stabil supaya baju yang sudah dibuat dan difitting sebelumnya tidak sesak ketika saatnya tiba.

Ternyata, manfaat puasa selain untuk menjaga berat bada juga bertujuan untuk mengasah kepekaan rasa, ketajaman pikiran, kesabaran, dan kekuatan daya ingat.

Menurut dr. Himawan Prasetyo, MKes, dari RS Bethsaida, Serpong, Tangerang, makanan yang dikonsumsi biasanya terdiri dari kombinasi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi haruslah seimbang. Karbohidrat  sangat dibutuhkan sebagai sumber tenaga. Apabila dihindari sama sekali, pengantin justru akan kekurangan tenaga dan merasa lemas di hari H. “Karbohidrat sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh yang menjadikan penampilan pengantin kurang menarik,” jelas dr.  Himawan.
              
2. Lulur
Meski di hari lain luluran bisa saja dilakukan, tapi saat persiapan pernikahan lazimnya akan menggunakan lulur dari bahan mangir, karena mangir dipercaya akan membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

Manfaat lulur adalah untuk mengangkat kulit yang sudah mati. Selain itu membuat kulit dan badan lebih bersih dan timbul perasaan rileks, yang membantu calon pengantin lebih santai menghadapi ketegangan pre wedding. Bagi kulit sensitif perhatikan benar bahan yang digunakan sebagai lulur agar tidak timbul alergi.

3. Totok Wajah
Dikenal luas di Cina, perawatan ini mengandalkan kekuatan jari jemari tangan pada lebih dari titik akupresur wajah. Selain bermanfaat merelaksasi otot wajah, stimulasi lapisan kolagen membuat kulit wajah lebih kencang, kenyal dan segar, tampil cerah ‘bersinar’ dan tampak sehat.

4. Ramuan Herbal
Pentingnya perawatan dari luar juga harus diimbangi perawatan dari dalam tubuh. Konsumsi jamu herbal seperti kunyit asam dipercaya menyegarkan tubuh, meningkatkan stamina dan membuat kulit lebih bercahaya. Tapi ingat untuk mengkonsumsi minuman herbal sesuai aturan dan jangan berlebihan.
Imbangi juga dengan makanan sehat dan seimbang.

0 Response to "Yang perlu dipersiapkan calon pengantin?"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya