Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Blog Diterima Google Adsense Bagi Blogger Pemula

tips blog diterima adsense

Setiap orang memiliki alasan-alasan tersendiri ketika memutuskan sesuatu. Pun saya yang awal mula memutuskan lebih intens dalam menekuni dunia blogging karena telah mengenal Adsense ketimbang tentang sponsored post, placement blog, atau post review.

Dulu saya seperti berjalan dalam gelap, tidak ada yang benar-benar mau membimbing blogger pemula secara gratis, karena memang kebanyakan mastah blogger belajar secara otodidak dan menghimpun info sendiri.

Ketika blog walking ke tulisan mastah Adsense yang rata-rata laki-laki itu juga membuat saya makin bingung dan ga pede dan bertanya-tanya, kenapa sih ya kalo soal teknologi cowok lebih cepet 'nyaut' ketimbang cewek? Syedih akutu....

Padahal banyak blogger pemula yang juga tergiur mendapatkan hasil dari ngeblog dipasangi Adsense, tapi lalu maju mundur karena terkendala sulitnya membuat dan mendaftarkan akun hingga lolos full approved oleh Adsense.

Setelah beberapa lama saya berkutat di dunia monetisasi simbah Google ini, saya menemukan beberapa yang bisa dikatakan syarat jika ingin suatu blog diterima oleh Google Adsense, kamu mau tau?
Google Adsense
credits google Adsense

Syarat Blog Diterima Google Adsense Bagi Blogger Pemula

1. Konten Blog Tidak melanggar Kebijakan Adsense

syarat konten adsense
Ini syarat mutlak yang harus dipenuhi. Adsense ga bakalan meloloskan situs berisi spam apalagi yang ada konten 'ihik-ihik', SARA, mengajari cara membajak hasil karya orang lain (termasuk situs download dan hacking), mempromosikan benda terlarang, dan seabrek larangan lain yang bisa kamu baca di https://support.google.com/adsense/answer/1348688

Jadi pastikan konten blog kamu bersih dari daftar larangan itu sebelum pencet tombol daftar adsense ya.

2. Navigasi Jelas

tips diterima adsense
Lengkapi navigasi blog dengan baik dan jelas supaya Google bisa merayapi blog dan tidak 'buta' arah. Di sisi visitor pun navigasi yang jelas membuat pengunjung lebih betah dan tidak kebingungan saat mencari artikel lain dan apa saja isi di dalam blog. Navigasi yang dimaksud adalah halaman About Me, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap, dan Contact Me. Untuk Labeling atau Category jika ada maka lebih baik. 

3. Tulisan Original

no copas
Klise ya, tapi memang ini yang akan disarankan oleh Publisher Adsense yang berhasil di full approved. Jangan heran jika menemukan blog berisi hasil copas tapi kelihatannya aman dipasangi adsense karena memang hal itu mungkin saja. Tapi kerjasama dengan Adsense adalah kerjasama yang diharapkan bertahan lama. Maka lebih baik dimulai dengan kejujuran.


4. Sumber Lalu Lintas Organik



content is the king
credits goodcontentcompany.com

Jika blog baru berumur beberapa bulan dan artikel masih sedikit maka bersabarlah untuk tidak tergesa-gesa mendaftar karena kemungkinan diterima masih kecil. Sebaiknya isi dulu blog dengan artikel yang bermanfaat dan mendatangkan traffic organik.

Traffic organik artinya artikel yang kamu tulis mendatangkan pengunjung dari hasil penelusuran Google. Relevansinya, semakin besar pengunjung yang datang secara organik berarti semakin baik juga konten yang ada di blog.

5. Bukan Blog Baru Lahir atau Blog Yang Tidak Terawat

Google AdSense memiliki aturan yang ketat untuk memastikan situs yang diterima adalah situs yang layak dan Google AdSense juga memiliki batas usia domain. Jadi bagi blog yang baru saja dibuat atau didaftarkan Top Level Domain (dotcom, dotnet dll) sebaiknya jangan tergesa-gesa.

Sama halnya dengan blog baru lahir maka blog yang kurang terawat dan tidak ada postingan terbaru dalam kurun waktu beberapa bulan bahkan beberapa tahun juga akan memperkecil kemungkinan di-approve Adsense. 

6. Blog Ber-Niche Lebih Berpeluang

niche blog adsense
Dari pengalaman pribadi, blog dengan niche yang spesifik lebih membuka peluang pengajuan Adsense cepat disetujui ketimbang blog gado-gado, bahkan dengan umur blog yang tidak terlalu lama. Niche yang biasanya cukup dipertimbangkan adalah keuangan, perkebunan, dunia kreatif (DIY), pendidikan, traveling, dan hewan peliharaan.


Itulah beberapa tips menurut pengamatan dan pengalaman DuniaQtoy sebagai dasar memiliki akun adsense yang fully approved, yang tentu saja bukan 100% mutlak benar ya karena adsense masih dianggap misteri bahkan oleh 'pemain lama'.

Kalau saja kamu sudah mengajukan dan ditolak maka perbaikilah sesuai email penolakan (kadang alasan disertakan namun kadang tidak jelas maksudnya). Beberapa publisher sukses juga tidak 1x mengajukan lalu diterima kok.

Tips dalam memiliki akun adsense adalah hindari membeli akun adsense yang sudah jadi karena kita tidak tahu darimana si penjual mendapatkannya. Dan kenyataannya banyak penipuan di luar sana karena calon pembeli terlanjur tergiur memiliki akun adsense. Padahal yang lebih sulit adalah bagaimana nantinya mendatangkan pundi-pundi rupiah/ dollar dari akun adsense yang kita miliki.

Demikian post tips kali ini.

Semoga bermanfaat!

14 comments for "Tips Blog Diterima Google Adsense Bagi Blogger Pemula"

  1. terimakasih sharingnya.. saat ini msh blm berani daftar lagi sejak ditolak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus blogging aja lagi mba sambil sharing ke medsos biar makin gemuk visitornya

      Delete
  2. udah dapat kak, google adsense.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat kak, tinggal ngejaga biar dapetnya banyak ya

      Delete
  3. Saya baru mau mulai belajar bloging nih bisa tolong ajari saya engga ini wa 085729234613
    Atau minta wa nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung ke grup di facebook atau google banyak mas, tapi memang ga bisa instan, saya juga masih belajar kok, tp bisa wa ke 089622117179, maaf kalau slowresp krn ngurus anak jg

      Delete
  4. Wah, makasih ya infonya membantu bgt nih, mb Untari slm kenal.

    ReplyDelete
  5. Adsense memang primadona buat para blogger yang mengharapkan menjadi publsiher yang diakui. Main main ke blog www.seratblog.ga gan

    ReplyDelete