Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wahana Bermain Anak di Seputar Semarang (Indoor)


Hidup di ibukota Provinsi Jawa Tengah buat saya kok susah-susah gampang sih, apalagi cari tempat bermain anak yang lokasinya di luar ruangan. Kebanyakan ya adanya di dalam ruangan dan berbayar dari yang murah sampai mahal semua ada. Dan sebagai orangtua akhirnya ga ada pilihan lain selain mengajak anak-anak ke indoor playground seperti itu, karena terasa lebih mudah mengawasi kegiatan bermain anak.

Ternyata kalau di buat daftar ada beberapa wahana bermain anak dalam ruangan di Semarang kota (yang bukan hanya game arcade). List ini dibuat berdasarkan ingatan saya yang kacau balau ya, mohon dikoreksi kalau ada yang belum dimasukkan ke list, atau sudah ga beroperasi lagi.

1. Lollipop Playland


Inilah indoor playground yang pertama saya ingat, karena paling sering kemari sama Aito. Lokasinya ada di Queen City (bekas Sri Ratu Pemuda). Di lantai paling atas gedung itulah ternyata ada wahana bermain anak yang cukup luas. Menurut saya sih pas kalau mengajak anak usia 3 tahun ke atas ke lollipop playland karena jenis mainan yang ada belum cocok untuk usia batita. Kalau kemari jangan lupa bawa kaos kaki ya. Jika ga bawa sendiri maka bisa beli kaos kaki di tempat pembelian tiket.

2. Game Fantasia


Game Fantasia berlokasi di 2 tempat di Semarang, yaitu Javamall dan di Citraland Mall. Di kedua tempat ini selain ada game yang dimainkan dengan kartu, juga ada sebidang tempat bermain anak-anak berisi mandi bola, perosotan dll.

3. Happy Time


Di Semarang hanya ada satu Happy Time yaitu di Paragon Mall. Dari semua arena game yang ada di kota Atlas ini menurut saya hanyalah Happy Time yang paling update mesin gamenya. Kayaknya ga pernah ada mesin lawas yang dipajang selain mesin bola basket yang emang everlasting. Ga heran pula kalau tempat ini terlihat kinclong. Nah selain puluhan mesin game yang lebih cocok dimainkan anak di atas 3 taun, ada pula da bagian khusus berpagar yang sering dimanfaatkan baby sitter menjaga bayi asuhannya sembari menunggu si nyonya belanja, hehe. Di area permainan anak tersebut ada wahana mandi bola, carousel, trampolin dll.

4. Kids Area depan Timezone Matahari Simpang Lima

Jujur saya ga ngerti namanya apa, tapi seingat saya ada semacam playground anak-anak di depan Timezone Matahari Simpang Lima. Mungkin standar sih seperti prosotan dan mandi bola, tapi tempat bermain ini bisa jadi pilihan ayah momong bocah sembari si ibu sibuk me time bershopping ria 😁.

5. Kids Area dekat Pizzahut Matahari Simpang Lima

Ini juga saya agak lupa-lupa ingat tapi ada mini playground di Matahari Simpang Lima, kalau tidak salah ada di dekat Miko. Ga seberapa luas juga tapi lumayan rame kalau hari minggu.

6. PlaPlay Setos


Plaplay Setos buka sudah beberapa tahun lalu dan ada banyak jenis permainan anak-anak yang layak dicoba. Sayangnya buat saya masih terlalu mahal jadi sampai sekarang belum pernah coba deh. Keunggulan plaplay tentu karena wahana permainannya seperti di dufan tapi ada di dalam gedung. Ada roller coaster, carrousel dan masih banyak lagi.

7. Trans Studio Transmart Setiabudi dan Majapahit


Dibuka bulan Juni 2017 dan jadi magnet pengunjung yang bosan ke mall di Semarang bawah. Jangan tanya bagaimana sulitnya cari parkir saat weekend. Karena memang Transmart Studio menawarkan tempat bermain yang sangat luas. Ada berbagai macam mesin game yang bisa dinikmati balita hingga orang dewasa serta beraneka background yang bisa menghasilkan gambar fotogenik membuat siapa saja yang datang merasa senang. Sebelum menikmati permainan jangan lupa beli/ isi kartu di counter terlebih dahulu. Di akhir pekan agak bersabar ya karena akan sangat ramai dan permainan yang paling antri adalah wahana roller coaster.

Sedangkan untuk Transmart Majapahit menurut saya sih lebih sepi. Entah karena lebih sedikit jenis permainan atau karena mesin-mesin games-nya beberapa seperti mesin tua. Tapi sebenernya ya lumayan lah ada tempat bermain di daerah Majapahit.

8. Wonderland Ada Swalayan


Di Ada Swalayan Sugiyopranoto alias Ada Bulu lantai teratas ada beraneka playground anak. Harga tiket masuknya cukup terjangkau mulai dari 12.500 saja. Ada playground kecil yang cocok untuk bayi dan balita hingga yang playground cukup luas yang bisa jadi tempat bermain anak yang lebih besar.

Sepertinya di setiap swalayan ADA pasti punya playground semacam ini. Tiketnya juga terjangkau.

9. Kidzilla DP Mall


Dibuka sekitar pertengahan tahun 2019, Kidzilla Semarang dimiliki oleh management Fun World. Tiket bermain per anak 60rb (1 jam) atau 80rb (sepuasnya). Setiap anak yang masuk ke wahana bermain ini harus disertai pendamping atau kalau emang ga ada pendamping harus menandatangani perjanjian.

Pendamping pertama free jadi ga nambah biaya. Hanya saja baik si anak dan pendamping harus pakai kaos kaki. Kalau ga bawa kaos kaki bisa beli di lokasi sebesar 10rb rupiah per pasang.

10. Gravity Indoor Trampoline Park


Kalau daftar di atas isinya seputar mainan aja, maka di Gravity Trampoline Park cukup berbeda. Anak-anak lebih diarahkan untuk banyak bergerak dengan cara melompat-lompat, panjat tebing, melempar bola dan mencoba area ninja.

Meski kesannya hanya wahana trampoline saja, tapi bermain di Gravity cukup menguras energi lho. Kalau ga percaya buktikan aja deh 😉.

11. Fun and Play, Louis Kienne Pemuda


Letaknya ada di basement Louis Kienne jalan Pemuda Semarang. Begitu masuk akan langsung terlihat warna-warni yang sangat mencolok. Per anak 55 ribu (weekdays) dan 65 ribu (weekend) dapat bermain sepuasnya dengan syarat baik anak serta pendamping menggunakan kaos kaki.

Terbaru (per 2020) di Fun and Play Semarang juga ada wahana bermain salju. Dinamakan Snow World, di sana sudah disediakan jaket, sepatu boot, sarung tangan dan ear muff supaya tidak kedinginan saat bermain salju. Namun ada batas waktu masuk Snow World yaitu 10 menit per sesi.

[Baca selengkapnya di Bermain Salju di Snow World Fun and Play Louis Kienne Pemuda Semarang]

Yak itulah dia sedikit daftar playground yang bisa saya buat kali ini, dan kalau ada yang punya info tempat lain boleh ya berbagi supaya saya tambahin di daftar ini.

4 comments for "Wahana Bermain Anak di Seputar Semarang (Indoor)"

  1. dari dulu penasaran yang nomer 6, tp balita masih bisa diajak maen di sana ndak ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun belum pernah ke PlaPlay sampe sekarang mba

      Delete
  2. Anak saya udah gede mbak jadi udah nggak main kesini lagi, mainnya udah sama teman-temannya dia, hehe..

    Dulu waktu balita paling banter mainnya di ADA Setiabudi lantai 3 sambil ditinggal belanja, hehe

    Iya yang transmart itu bikin macet Bangumanik dsk. Sekarang menghindari jalur itu kalau hari Minggu/libur, daripada ngedumel dalam hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku ga pny temen di rumah jadi sering ke tempat2 ini mba. Hihi

      Delete