Google Menghilangkan Tombol View Image Dari Hasil Pencarian

Hello dear teman-teman duniaqtoy, eh ada yang sadar ngga kalau Google melakukan 'sedikit' perubahan di laman hasil pencariannya mulai 15 Februari 2018.

Perubahan ini terbilang hal kecil sih tapi ternyata punya efek yang cukup mengganggu banyak orang karena Google menghapus fitur 'tampilkan gambar' atau 'view image' yang biasanya muncul saat pengguna melakukan pencarian berdasarkan gambar.

Setelah Google bermitra dengan Getty Images, sepertinya niat mbah Google makin serius untuk menghentikan orang agar tidak mengambil gambar secara 'mudah'. Bagi para penerbit tentunya ini merupakan kabar gembira yah, sebaliknya buat beberapa pihak langkah Google ini dianggap sangat menjengkelkan. Karena untuk melihat gambar secara utuh, pengguna harus menekan tombol buka situs, yang kadang butuh waktu lama untuk full loading atau harus scroll-scroll dulu ke bawah demi menemukan gambar yang diinginkan. Eh udah gitu pas mau disimpan ke komputer malah gabisa diklik kanan. Duh!

Selain menghapus tombol "lihat gambar", Google juga telah menghapus tombol "cari dengan gambar" yang muncul saat kita gugling sesuatu berdasarkan gambar. Perubahan ini efeknya tidak cukup besar, karena kita masih bisa melakukan pencarian gambar dengan menyeret gambar ke bilah pencarian, dan Google akan tetap menampilkan gambar terkait saat kita mengeklik hasil pencarian. Perbedaannya dengan dulu, hasil yang ditampilkan sekarang tidak menyertakan gambar-gambar yang diberi watermark.


Trik Bagi Pengguna Chrome

Jika kamu adalah termasuk pihak yang merasa gelisah dengan keputusan Google tersebut ada cara lain untuk menampilkan kembali tombol 'view image'. Hanya beberapa jam setelah Google mengumumkan  keputusan ini, ada pengembang independen juga merilis ekstensi Chrome yang mengembalikan tombol ke tempat yang semestinya. 

"View Image" adalah ekstensi yang dibuat Joshua Butt untuk mengembalikan tombol 'view image' ke interface Gambar Google. Dan cara memasangnya cukup mudah. Cukup buka aplikasi Chrome di komputer kita, lalu masuk ke Toko Web Chrome, cari ekstensi View Image, Tambahkan ke Chrome di laman , dan saat kita menelusuri Gambar Google berikutnya, tombol "Lihat Gambar" akan kembali tampak seperti dahulu.

Sayangnya ekstensi ini belum ada untuk Firefox atau Opera, atau kalau nanti ada pasti duniaqtoy update deh artikel ini.

0 Response to "Google Menghilangkan Tombol View Image Dari Hasil Pencarian"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya