Pengalaman ke Disdukcapil Update Data Biometrik KTP - Dunia Qtoy

Breaking

27 February 2018

Pengalaman ke Disdukcapil Update Data Biometrik KTP

Disdukcapil Kota Semarang

Februari akhir adalah tenggat waktu buat para pengguna simcard yang ga kepengen nomer kesayangannya diblokir menkominfo. Saya yang sedari awal ndableg ga mau registrasi ulang akhirnya menyerah juga, apalagi saban tiap minggu selalu disms oleh provider yang bersangkutan, kebetulan nomor yang saya pakai adalah 3 dan indosat. Sungguh bikin gedek deh itu sms 💆.

Nomor Im3 yang saya pake sekarang ini sudah dipakai semenjak kuliah, entah mulai 2004 atau 2005 agak lupa sih. Jadi 13 tahun itu nomor tetap setia diisi ulang meski gabisa beli jajan yang penting nomer ga hangus deh. Lagian males juga ganti-ganti nomor hape harus bongkar pasang handphone kan *bukan pemuja kuota murah kartu baru 👅.

Makanya saya baru kendandapan untuk registrasi ulang simcard di bulan Januari awal. Dan apesnya meski NIK dan nomor KK yang dimasukkan sudah sesuai dengan dokumen, tetep aja balasannya seperti ini.
Daripada pusing saya pun meluncur ke gerai pelayanan kartu 3. Untungnya pas ga antri dan pas dicek sama mba cs, memang data KTP saya yang bermasalah. Si mba bilang kalau NIK saya ngga terdaftar jadi ga bisa diinput. Duh, jadi selama ini saya dianggap alien dari planet Namec gitu, punya KTP tapi ga ada di database?

Pulang dari gerai 3 betenya ga ketulungan, tapi toh kalo diem aja ga bakal ada solusi. Akhirnya saya gugling cari pemecahannya. Dan mendaratlah ke situs milik pemerintah lapor.go.id untuk buat pengaduan.

Dari pengaduan yang dibuat 21 januari akhirnya dapat balasan di tanggal 23 januari. Lebih jelasnya bisa klik gambar di bawah ya.
Sesuai solusi dari lapor.go.id di tanggal 30 januari saya pun menyambangi DISDUKCAPIL kota Semarang yang ada di jl. kangguru raya no 3 Gayamsari. Sebelum masuk sebenarnya agak ketar-ketir membayangkan antrian yang panjang dan stigma pelayanan kantor pemerintah yang kaya gitu.

Di dalam kantor Disdukcapil ternyata warga harus ambil nomor antrian dengan cara menyentuh loket yang dituju di layar. Wah udah canggih juga sekarang. Tapi daripada salah pilih loket saya pun nanya petugas yang standby di sebelah mesin. Kata si bapak saya harus ke lantai atas dan masuk loket 14. 
Di lantai atas yang lampunya agak redup itu ada beberapa orang tampak antri. Sayapun masuk ke loket 14 dan disambut pegawai perempuan yang wajahnya ramah. Langsung aja saya jelaskan permasalahan dan menunjukkan KTP.

Si mba sambil senyum-senyum menerima KTP dan entah ngetik-ngetik apa di layar komputer dan ga lewat dari 3 menit dia bilang udah. Lah kok cuma bentar mba. Sambil menyerahkan KTP si mba bilang kalau harus nunggu 24 jam supaya biometrik KTP saya terupdate, setelah itu boleh ulangi sms registrasi. Dan kalau ga berhasil juga mau ga mau harus balik lagi ke gerai provider. Duuuh kok rempong lagi. Ah ya syudahlah pasrah. Makasih deh mba...

Setelah Update Data Biometrik

Lewat dari 24 jam saya coba kirim sms registrasi ulang, walah ternyata masih gagal. Yowis akhirnya terpaksa balik lagi ke gerai 3 sekalian ganti simcard yang support 4G.

Alhamdulillah kunjungan kali ini membawa hasil garis 2 #positif. Trus lanjut ke gerai Indosat buat ngurus registrasi kartu satunya. Dan sekarang semua kartu udah teregistrasi ulang deh. Horee 👏

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!