Ingin Jadi Blogger? Penghasilannya Dari Mana Saja?

Blogger, 50 tahun yang lalu siapa yang paham?
Sekarang? Ratusan... *baca ala iklan wafer

Emang sih kini mulai banyak orang yang familiar dengan istilah blogger dan blogging. Meski ya..., ada juga satu dua yang mengangkat alis. Sebagian memang tidak tahu, sedangkan sebagian lain tahu tapi mencibir. Terkadang yang bikin sedih itu saat diremehkan orang yang kita kenal baik. Tapi ya sutralah, kucing mengeong, anjing menggogong, burung berkicau, eh lah malah absen peliharaan tetangga.

Orang di luar sana pun banyak yang penasaran tentang blogger, karena kadang saya juga ditanya asyiknya ngeblog itu apa, dapat kompensasi apa aja, cara dibayarnya gimana, cara kerjanya gimana. Duh kok banyak amat pertanyaannya jeung. Katanya kalo ga ada bayarannya mending nyuciin baju dia aja ntar dikasi mie ayam semangkok tiap hari, alamak jaang lama-lama muka eke mirip gerobak mie ayam dong.

Wehehe makanya nih kali ini pengen bikin list dari mana aja sih penghasilan blogger yang serius ngeblog. Daftar ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi dan pengamatan ke teman-teman blogger yang lebih 'senior' (mastah lho ya, bukan tuir, hehe):

1. Dari iklan
Iklan yang tayang di blog terbagi 2 macam, ada yang dari advertiser seperti Adsense, Adnow, atau langsung dari pihak kedua, bisa perusahaan atau perorangan. Cara perhitungannya juga beraneka macam. Untuk iklan yang dipasang advertiser biasanya dihitung per klik atau per sekian ratus/ ribu tayangan, sedangkan jika dari pihak kedua bisa jadi per kesepakatan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Tips Blog diterima Adsense Bagi Blogger Pemula

2. Dari Kerjasama
Blogger yang mengurus blognya dengan baik akan mudah mendapatkan penawaran kerjasama dari vendor. Bentuknya secara garis besar ada 2:
  • sponsorship artinya menempatkan nama brand atau backlink dalam artikel di blog dan artikel tersebut dibuat sendiri oleh blogger. Selain membutuhkan backlink, brand juga terkadang memberi undangan untuk menghadiri event, misalnya store opening, pengenalan produk baru, talkshow atau gathering.
  • content placement hampir mirip dengan sponsorship, perbedaannya hanyalah artikel yang tinggal pakai karena dibuat oleh vendor atau agency yang menghubungi blogger.
3. Lomba Blog
Yang ini butuh perjuangan lebih dan ngga mudah. Tapi teman-teman blogger di luar sana banyak yang benar-benar dapat penghasilan cukup besar per bulannya dari langganan juara lomba blog. Lha bayangkan aja kalau 1 lomba berhadiah di atas 2 juta, sementara itu sebulan ada 3 sampai 5 lomba. Seandainya menang semua kan sudah dapat minimal 6 juta. Selain uang tunai juga ada yang dapat barang, dari smartphone, kamera canggih sampai motor juga ada lho. Saya sendiri baru 1 kali merasakan indahnya menang juara 2 dari sebuah lomba blog, waktu itu hadiahnya uang tunai 500ribu.

Yak itulah kira-kira sumber penghasilan seorang blogger. Apakah ada yang tertarik beralih profesi menjadi blogger?

9 Responses to "Ingin Jadi Blogger? Penghasilannya Dari Mana Saja?"

  1. Aku pernah dapat voucher belanja 100rb dari lomba blog. Enak ya mbak kalo menang lomba blog hadiahnya berlimpah begitu. Nice sharing mbak Un.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farid uda beberapa kali kan menang lomba blog. Keren euy

      Delete
  2. Sumber penghasilan blog yang mbak Sri sampaikan di atas, kesemuanya saya cicipi. Dari AdSense, Content Placement, Sponsorship (konten + banner) sampai ke lomba Blog. Bagian lomba, menang nya waktu penilaian juri habis. Hadeh! (gagal bilang semuanya, sambil ngelirik mbak Sri). 😏

    Lomba SEO yang jadi juri search engine Google, blog saya telat karena batas waktu terbatas. Setelah lomba berakhir, posisi artikel saya melejit di halaman pertama Google. (Promosi dikit) hihi.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihihi memang perjuangan ya mas. Terus berkarya mas nino biar makin yahud penghasilannya

      Delete
    2. Iya mbak. Sukses selalu utk Mbak Sri yang kece. Hehe..

      Delete
  3. Wah kalo lomba blog saya belum pernah tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah-susah gampang mas. Tapi ga ada yg mudah sih. Temen saya banyak yg langganan juara. Sampe koleksi hape dan laptop hadiah lomba blog

      Delete
  4. Klo ikutan lomba sama sekali saya belum pernah, ga PD aja, biasanya yg ikutan sdh sering juara ;) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali menang memang nagih mba. Tapi ada jg yg terus ikut lama2 jg juara karena tulisannya makin bagus

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya