Menimba Ilmu di Gathering From Blogger to Entrepreneur

Di Event From Blogger to Entrepreneur
Selasa malam, 6 Maret 2018, ada hal yang membuat saya semangat untuk melewati hari, setelah beberapa malam dilewati seperti biasa dengan menonton televisi atau menemani anak belajar dan bermain di rumah. Akhirnya stay at home mother ini bisa kumpul bareng teman-teman, yeay 😂.

Melalui komunitas blogger perempuan Semarang yaitu Gandjel Rel, saya mendapat info tentang sebuah event di All Stay Hotel bertajuk From Blogger to Entreprenur. Event yang digelar oleh Juara Community ini sangat menarik hati karena mengangkat tema yang ga jauh dari keseharian saya selain ibu rumah tangga yaitu di dunia perbloggingan dan juga entreprenur alias pebisnis. Yah saya emang bukan pebisnis besar alias cuma buka online shop kecil-kecilan yang dikelola dari rumah.

credit Vitri Juniati
Tapi online shop yang saya mulai 5 tahun lalu itu sekarang sedang mengalami masa 'minyak goreng bekas pakai' alias masa jenuh. 1 tahun lalu akhirnya stag karena merasa bosan dengan aktivitas berjualan yang semuanya dilakukan sendiri, ya melayani calon pembeli, menerima order, packing sampai mengirim pesanan semuanya saya seorang diri. Duh lelah hayati bang 😁.

Kebosanan berjualan kemudian membuat saya beralih ke kegiatan menulis di blog. Alhamdulillah ternyata ngeblogging pun ada rejekinya juga. Tapi kok akhir-akhir ini saya pengen aktif jualan lagi ya.... Dasar plin-plan!

Kegalauan pengen jadi blogger sekaligus entreprenur ternyata didukung alam semesta

Di lantai 8 ruang Sphere 2 All Stay Hotel, sudah berkumpul blogger dari berbagai komunitas. Malam itu saya pun tidak sendiri karena ditemani beberapa teman blogger perempuan juga dari Gandjel Rel. Dan acara pun dimulai sekitar pukul 19.30, agak ngaret dari undangannya jam 18.30 ya, hehe. Gapapa sih, malah jadi bisa cipika-cipiki dulu sama teman-teman lain dan menikmati hidangan yang disediakan oleh panitia.
Agustina DJ(credit: Nyi Penengah)

Pembicara pertama adalah Agustina Dwi Jayanti, diperkenalkan sebagai seorang blogger dan inisiator Pasar Karetan. Kami sudah kenal baik sebelum acara ini karena Tina memang bergabung juga di komunitas Gandjel Rel. Sejak pertama mengenalnya saya sudah mengaguminya. Yang saya tahu meski masih muda, semangat juangnya sangat tinggi dan patut dicontoh anak muda lain. Lhayo ketimbang pada galau aja tho 😉.

Tina kemudian menceritakan perjalanannya dari menjadi penulis, masuk dunia blogging hingga nyemplung di Genpi Jawa Tengah. Fyi Genpi adalah komunitas netizen atau blogger yang menyukai pariwisata, kuliner, fotografi, dan lainya yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Selesai bercerita tentang blogger yang bisa menghasilkan uang dan berbagai macam bentuk kerjasama lain, perempuan berambut pendek ini kemudian memperlihatkan tentang Pasar Karetan di layar. Pasar Karetan adalah pasar digital yang ada di dalam hutan karet dusun Segrumung Boja, Kendal. Meski hanya dibuka di hari Minggu tapi Pasar Karetan berhasil menarik pengunjung cukup banyak, yaitu 3000 orang dan menghasilkan pendapatan sekitar 30 juta per minggunya, WOW!
Bapak Juliari bersama Blogger

Kemudian bincang-bincang makin hangat dengan kedatangan Bapak Juliari P. Batubara. Beliau adalah Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan. Pria kelahiran 1972 ini memberikan tips untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Pertama, jangan takut memulai dan mengambil resiko. Pebisnis sudah pasti hanya 2 pilihan, yaitu untung atau rugi. Namun saat pertama, kerugian adalah hal yang lazim. Nah dari kerugian itu seorang pebisnis akan terus belajar bagaimana bisa dapat keuntungan.

Kedua, cari ide berbeda dan kuasai teknologi. Pebisnis jaman sekarang bisa memulai bahkan dengan modal yang kecil, mencari informasi peluang usaha, dan bahkan memasarkan dagangannya lewat internet hingga dikenal luas. Berbeda dengan jaman dulu, untuk membeli tiket perjalanan saja harus datang ke agen, ingin belanja harus rela capek ke toko atau mall. Nah sekarang semua serba dalam genggaman. Orang-orang sudah terbiasa melihat informasi lewat medsos atau blog.

Ketiga, kembangkan network. Jangan kuper, harus mau bergaul dengan banyak orang, karena peluang usaha dan rejeki bisa datang dari orang lain.

Dan yang terakhir, sebagai manusia kita tidak bisa lepas dari sang Pencipta, maka dari itu supaya sukses harus disertai doa dan berbagilah ke sesama. Menurut Bapak Ari, setiap rejeki yang kita terima ada rejeki milik kaum tidak mampu pula. Wah ini memang wejangan super banget saya setuju 100% pak.

Malam itu, Pak Ari selain memberi tips-tips entrepreneurship yang kece, beliau juga antusias lho melihat blog dari sebagian peserta yang datang, ada travel blog, lifestyle blog, food blog dan bahkan beauty blog juga direquest Pak Ari untuk ditampilkan di layar.

Blogger Gandjel Rel Bersama Bapak Juliari (credit Mohammad Saifuden)
Malam yang "Bergizi"
Sungguh ga menyangka, bakalan melewati malam yang bikin otak tambah "berisi". Lewat sharing Tina dan Pak Juliari malam itu tambah lagi ilmu dan semangat saya ngeblog sekaligus jadi pebisnis. Sebelum acara mulai sebenernya saya agak pesimis acaranya bakal fun, ternyata dari mba MC sampai pengisi acaranya semua gokil dan asyik. Terima kasih Juara Community untuk Gathering Blogger & Talkshow From Blogger to Entrepreneur ini. Semoga bisa ketemu di event selanjutnya 😊.

21 Responses to "Menimba Ilmu di Gathering From Blogger to Entrepreneur"

  1. Meriah banget mbak acaranya.. Pasti orang2nya sangat menginspirasi yg hadir disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba menyenangkan acaranya. Ga boring sama sekali. Inspiratif juga narasumbernya

      Delete
  2. Seru kayanya acaranya mba, sayang blm bisa ikuut

    ReplyDelete
  3. Serunyaaa ya. Ayo mbak Un, bisnisnya dijalankan lagi sambil terua ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh mba kl jualan asyiknya tuh sekalian melampiaskan hasrat belanja. Haha

      Delete
  4. Ayo semangat ngembangin bisnisnya lagi mb Unt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nti jadi pelanggan setia ya mba Ika 😘

      Delete
  5. Mbak Un ini kurang apa coba, ternak blog iya, jualan sana sini iya, jos deh. Kudu semangaaaaat. Aku ini nyonto jenengan lho, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba diyanika lebih joss sering menang lomba blog 😍👍

      Delete
  6. Respek sama mbak Tina yang pedulinya sama wisata khususnya Jawa Tengah tinggi. Semoga kita semua bisa tetep produktif ya mbak. Thanks sharingnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Semangat seperti Tina yang keren dan prestasinya banyak

      Delete
  7. Mbak Un keren banget, ngeblog sambil menjalankan bisnis online shop. Patut untuk ditiru ya mbak. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet mati suri kemarin. Tp hbs disuntik ssmangat dr evenr ini jd brani kulakan lagi. Yeay

      Delete
  8. kerenn buu,,, jangan lupa mampir di blogku. www.bukakden.com

    ReplyDelete
  9. Pengen lagi talkshow serupa. Asyik ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mau lagi kl ada talkshow kaya gini

      Delete
  10. Wah, ternyata pasar karetan yang lagi hits itu diinisiasi sama blogger to. Kereeeennn !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, blogger keren Agustina DJ 👍

      Delete
  11. Woo.. Tina tho inisiatornya pasar karetan. Aku gini kan jadi makin penasaran pingin ke sana.
    Asyik ya eventnya seru bgt. Terimakasih sdh berbagi��

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel